Oleh: listiaji | 18 Desember 2008

MODAL BISNIS LAUNDRY KILOAN


 img_02532    img_0256

Siang tadi saya dapat SMS yang menanyakan modal untuk membuat bisnis laundry kiloan. Dalam membuat bisnis laundry kiloan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu,

1.       Lokasi Outlet

Tidak selalu lokasi di jalan utama menjadi jaminan bahwa lokasi bakal ramai. Dalam menentukan lokasi harus melihat struktur dan gaya hidup penduduk di sekitar lokasi. Lokasi yang baik biasanya terletak di kawasan perumahan atau tempat dimana terdapat rumah kos, yang penduduknya sibuk dan banyak pasangan suami istri yang bekerja sehingga tak mau repot berurusan dengan masalah cucian atau dengan tukang cuci. Beberapa kasus menunjukkan outlet yang terdapat di jalan utama/raya dapat gagal karena lokasinya terletak di jalanan ramai yang menimbulkan rasa malas untuk menjangkau setelah pulang dari kantor. Atau dapat juga lokasi di kawasan perumahan dapat gagal karena gaya hidup lingkungannya yang masih menganggap laundry kiloan sebagai layanan yang wah.

Lokasi ini dapat disewa setidaknya setiap dua tahunan untuk mencegah pemilik rumah menolak memperpanjang sewa, karena terkait dengan nilai investasi infrastruktur yang ditanamkan di lokasi seperti pemasangan PAM, PLN dan sebagainya.

 

2.       Infrastruktur Lokasi Outlet

Setelah menentukan lokasi yang tepat, perlu dilihat kondisi infrastruktur di lokasi yang dimaksud apakah memenuhi kelayakan untuk membuat laundry kiloan. AIR, kondisi air perlu di cek apakah kandungan air tanah  mencukupi dan tidak mengalami kekeringan. Demikian pula dengan kondisi mesin pompa air, pipa dengan diameter yang cukup serta penampungan air (toren) dengan kapasitas setidaknya 1 buah toren berkapasitas 1.000 liter. Bila kondisi air tidak bagus, dapat juga berlangganan air melalui PAM. PAM dapat juga digunakan sebagai cadangan bila terdapat kerusakan mesin air, kekeringan dan masalah pada air tanah lainnya. LISTRIK, masalah kecukupan listrik juga perlu diperhatikan, agar dalam perkembangan dapat diantisipasi kebutuhan daya yang tepat untuk setiap outlet. Untuk awal pembukaan outlet, daya yang diperlukan setidaknya 3.500VA dengan kemungkinan untuk dinaikkan dayanya menjadi 6.600VA sampai 10.000 VA. Jangan lupa untuk merancang jaringan listrik dan pipa air bersih ke mesin sedari awal sehingga bila di kemudian hari terjadi penambahan mesin tidak akan mengganggu kegiatan laundry dengan aneka renovasi yang selain kotor akan menambah biaya. KACA ETALASE, untuk terlihat lebih meyakinkan, di depan outlet hendaknya dipasang kaca etalase dari kaca aluminium, bila outlet yang disewa sudah menggunakan kaca etalase tentu akan menghemat investasi. LANTAI, mengingat bisnis laundry adalah bisnis kebersihan, maka tampilan outlet terutama lantai dan dinding harus terlihat putih bersih. INTERIOR OUTLET, perlu diperhatikan tata letak mesin laundry, meja recepsionis untuk menerima laundry dan meletakkan timbangan, rak penyimpanan yang memudahkan pengambilan barang dan tempat penyetrikaan agar kesemuanya memudahkan siklus kegiatan laundry yang sistematis.

 

3.       Modal Peralatan

Setelah infrastruktur outlet dinyatakan layak dan memenuhi kondisi. Maka hal selanjutnya adalah menyiapkan peralatan yaitu,

a.           Mesin Cuci Otomatis Tipe Front Loading

Idealnya untuk awal memulai usaha ini, dibutuhkan 2 mesin cuci front loading, namun hal tersebut tidak baku karena dapat dimulai dengan 1 mesin cuci terlebih dahulu tapi harus sudah ada persiapan dana untuk pengadaan 1 buah mesin lagi bila minat masyarakat terhadap bisnis yang dijalankan memang baik. Berbagai macam merk mesin cuci dapat digunakan, seperti Electrolux, Ariston, LG dan sebagainya, tapi bandingkan dan pilih produk yang memberikan layanan purna jual yang baik. Sehingga bila ada permsalahan teknis dapat ditanggulangi dengan cepat dan tidak menghambat proses produksi.

b.           Mesin Pengering

Mengenai jumlahnya, sama dengan mesin cuci diatas. Namun Anda harus memilih produk yang memiliki feature anti kusut agar memudahkan proses setrika.

c.       Setrika Uap

Anda dapat menggunakan berbagai jenis setrika seperti setrika yang digunakan sehari-hari. Namun alangkah baiknya bila Anda menggunakan setrika uap agar memudahkan proses setrika dan menghindarkan dari kerusakan bahan yang disetrika karena setrika yang seperti biasa terlalu panas.

d.       Timbangan

Anda dapat memilih berbagai jenis timbangan yang tersedia di pasar seperti timbangan elektrik, timbangan manual dan sebagainya. Harga timbangan bervariasi dari Rp. 100.000 hingga Rp. 1.500.000

e.       Bon

Jangan lupa mencetak bon dalam jumlah yang cukup dengan desain yang disesuaikan dengan laundry kiloan. Dalam bon disertakan juga program promo tetap seperti bonus penukaran laundry gratis setelah mencapai jumlah laundry tertentu, agar customer menyimpan bon bekas yang dimilikinya dan terangsang untuk menjadi loyal customer.

f.         Catatan lain-lain

Jangan lupa memasang daftar layanan yang ada, syarat dan ketentuan yang berlaku, promo yang sedang berlangsung serta penumuman lain seperti jadwal buka, libur hari besar dan semacamnya di dekat meja respsionis, agar dapat dibaca dengan mudah oleh pelanggan.

 

4.       Sumber Daya Manusia

Untuk awalnya, cukup merekrut 2 hingga 3 pegawai untuk setiap outlet, dengan jam kerja yang cukup untuk mengcover jam buka dari jam 6 pagi hingga 9 malam. Jumlah pegawai dapat ditambah sesuai dengan perkembangan bisnis laundry. Sementara untuk gaji diberikan sesuai dengan standar UMR yang berlaku di masing-masing tempat. Pegawai ini dapat melakukan semua lini pekerjaan dari penerimaan laundry, proses cuci, proses setrika, packaging hingga pengambilan barang oleh customer. Hari libur diberikan 1 kali dalam seminggu secara bergantian hingga outlet tetap buka setiap hari termasuk hari Minggu/libur.

 

5.       Perijinan

Sebagai usaha yang termasuk dalam usaha kecil, tidak memerlukan perijinan yang rumit, cukup mengurus surat keterangan usaha dari kelurahan setempat dengan pengantar dari RT/RW setempat.

 

6.       Promosi

Dalam memperkenalkan usaha yang baru, pelaku usaha laundry kiloan perlu melakukan promosi yang terus menerus dan memberikan program promosi tertentu misalnya bonus laundry setelah mencapai kilo tertentu, program discount bagi loyal customer dan sebagainya. Promosi selain mencantumkan harga di luar outlet juga membagikan brosur ke perumahan, diselipkan melalui surat kabar dan menitipkan brosur ke tempat-tempat keramaian lainnya, sehingga usaha laundry kiloan ini dapat dikenal terutama bila wilayah tersebut belum mengenal konsep laundry kiloan.

 

7.       Pembukaan Outlet

Setelah semua persiapan pembukaan dipersiapkan dengan baik, maka tibalah saatnya untuk membuka outlet laundry kiloan. Pembukaan ini tak perlu megah namun perlu dipasang tanda-tanda bahwa ada pusat laundry kiloan di wilayah tersebut yang atraktif, seperti memasang spanduk di jalanan depan laundry kiloan, balon-balon penarik perhatian dan semacamnya.

 

8.       Pengelolaan

Setelah semuanya berjalan, tak lupa untuk melakukan pengelolaan dengan baik. Karena biarpun produk diminati masyarakat dan penjualan berjalan baik, tapi dapat berakhir dengan kegagalan bila tak dikelola dengan baik. Jangan remehkan cash management dengan setoran ke bank secara rutin dan dikelola terpisah dengan uang pribadi. Perlu kontrol inventory/persediaan agar persedian plastik, detergent, dan lainnya terkendali dengan baik.

 

Ya begitulah sekilas mengenai membuat laundry kiloan. Selamat berbisnis laundry kiloan. Semoga sukses. Tapi jangan lupa, setiap bisnis memerlukan kesabaran dalam menjalankannya. Banyak tantangan yang akan dihadapi dalam bisnis. Mungkin dalam 1 hingga 2 bulan ke depan bisnis yang dijalankan belum direspon dengan sangat baik oleh masyarakat, tapi justru disitulah promosi harus ditingkatkan.

About these ads

Responses

  1. Makasi infonya

  2. salam kenal mas bayu,,
    dalam bulan ini saya berencana akan membuat bisnis loundry kiloan,dg segmen pasar anak Sekolah,cz daerah t4 tinggal dekat dg sekolahan akan tetapi berada didalam(perkampungan). terus ada saran bahwa ada layanan antar jemput aja. harga pasaran /kilo didaerah situ 2500. apakah dg harga segitu menggunakan sistem antar jemput akan untung? yang ke2 mas,kalo menggunakan mesin cuci top loading apakah masih perlu pake pengering lagi?dan harga kisaran pengering untuk di jgj berapa ya mas?
    suwn atas jawabannya.

  3. slamat siang mas bayu…!!maaf mas,saya ingin bka usaha tersebut,mnurut saya anjuran mas yg sudah diuraikan itu sudah lbih dr ckup,sya mempunyai modal yg cukup,tp saat saya ingin mnjalankan bisnis ini saya kurang bgitu yakin untuk operasionalnya kdepan…kira kira apakah bisnis ini cukup menjanjikan ya mas????mohon motifasi serta balasannya mas bayu..trima kasih

    • Prospek bisnis laundry, baik kiloan maupun yg satuan cukup menjanjikan dalam artian pasar akan laundry akan selalu ada. Namun begitu bukannya bisnis ini tanpa resiko, sama seperti bisnis yang lainnya. Salah satu resiko yg harus diwaspadai adalah hadirnya pesaing lain dengan harga yg lebih murah. Karena memang bisnis ini mudah di copy seperti bisnis pulsa HP. Untuk itu selain meningkatkan kualitas, seperti kerapihan produk dan ketepatan waktu, diperlukan juga inovasi seperti layanan antar jemput dsb. Selain pasar retail, perlu juga membuat penawaran jasa kepada pengguna besar spt pemilik persewaan alat pesta, rumah kos dan sejenisnya.

  4. wah aku jd terinspirasi nih..walo ak dah pns tp suamiku lg jatuh usahanya..smangaaat…

  5. wahh lengkap sekali penjelasannya… thanks banget…. :)

  6. salam kenal mas wahyu saya ingin membuka laundry, daerah yg kurang mendukung membuat saya memakai air PAM dan saya mengunakan tandon bawah tanah, mengangkat keatas saya harus mengunakan sanyo selama mesin hidup, sehingga biaya semakin membengkak. apa ada solusinya?
    mohon bantuan solusinya ya mas bayu!

    • solusinya ya gampang, tandon dinaikkan aja ke atas aja. Jadi PAM langsung dialirkan ke atas tandon langsung atau bila PAM cukup kuat langsung ke mesin.

  7. mas beli pewangi dan sabunnya dimana ya yang wanginya tahan lama

    • pake aja yang ada di pasaran, terlalu repot kalo pake bikin sendiri etc.

  8. Siang Pa Bayu,

    Trimakasi untuk ulasan2 Bapak diatas. Yang saya ingin tanyakan, bagaimanakan caranya supaya baju pelanggan tidak tertukar atau hilang?

    Trimakasi

    Nina

    • tiap baju diberi label dengan tag gun, seperti label di baju baru itu. Bisa dinomori sesuai dengan nomor bon.

  9. ass, Ms Bayu,.. mas saya berencana mau buka bisnis laundry, kebetulan suwami saya buka warnet diruko 3 lantai,.. kira2 ideal / bisa tidak dalam satu tempat dibuka dua tempat usaha? saya bepikiran mau memanfaatkan ruangan kecil didepan operator warnet (ruang tunggu warnet) untuk buka kasir/ penerimaan laundry, sedangkan di lantai 1 (warnet) belakangnya ada ruang kosong yg dipergunakan untuk gudang, bisa juga di lantai 2 yg masih kosong mau saya gunakan untuk menaroh mesi cuci dan tempat setrikaan,… tapi disebelah ruko saya sudah buka otled laundry,.. bagai mana menurut ms bayu,.. mintak saranya ya,…

    • menurut saya sangat bisa dimanfaatkan kalo punya ruko 3 lantai. Penempatan bisa bolak balik warnet lantai 1, laundry di lantai 2 atau sebaliknya. KOnsep 1, reception dan laundry ada di lantai 1. Penempatan mesin harus terlihat biar lebih menjual kesan laundry nya. Sementara untuk warnet bisa dibuat alur tangga ke lantai 2. Konsep 2, di lantai 1 untuk warnet, tapi diberi ruang untuk reception untuk laundry. Sementara untuk lantai 2 untuk mesin2 laundry. Mesin2 ini ditempatkan di bagian kaca terdepan, biar terlihat proses produksinya dari jalanan. Semoga sukses ya.

  10. mas, saya berencana usaha bisnis laundry karena prospek di daerah perumahan saya yang termasuk kelas menengah ke ata..tlng mas..kira2 kalo paket yg pemula mesin yang lengkap..bisa dapat rekomendasinya beli dmn atw produk apa beserta klasifikasinya.thanks..ibu rany jakarta

  11. Mas salam kenal. saya sangat terbantu dengan tulisan diatas sebelum memulai usaha loundry. yang ingin saya tanyakan rincian bahan apa aja dan harganya sekarang berapaan mas?
    ane cuma mau tau gimana manajemen dari loundry ini, ane bukan tanyakan profit karena tergantung dari usaha kita sendiri gimana caranya biar loundry kita dikenal oleh banyak orang tapi ane cuma mau tanya secara rinci apa aja yang perlu dipersiapkan berikut dengan rincian biayanya. terimakasih sebelumnya..

    • @Kade87: modal yang utama ya mesin cuci, mulai top loading yang 2 jutaan sampai front loading yang mulai dari 5 jutaan. Udah gitu siapin deh detergent pewangi dan setrika. Yah seperti yang diatas aja. Tapi kalau soal harga kan bisa berubah-ubah, jadi bisa survey langsung di pasaran. Soal manajemen juga gak repot, yang penting harus bisa misahin terutama keuangan usaha dan pribadi. Lalu untuk promosi ya seperti yang disebut di artikel diatas saja. Tapi ntar gw cari dulu ya file investasi laundry gw, ntar dimasukin di artikel diatas, biar bisa membantu teman-teman semua.

  12. siap mas…

  13. ok mas, makasih banget.
    jika mnurut anda mesin cuci “media” tu gmana kualitasnya y mas, krena kmrin aq dah terlanjur beli mesin trsebut..!!
    boleh tw situs pengusaha loundry daerah jogya y mas, biar q bs tuker pndpat lagnsung tuk prkembangan usaha saya ini kedepannya…
    makasih atas responnya….
    salam sukses…

    • Saya belum pernah dengar mesin cuci mrk Media, jadi gak punya info soal mesin itu.

  14. mas aku punya modal 10jt,rencana mau buka laundri yg kiloan,mohon petunjuk alat apa sj yg mesti aku beli lebih dulu dan mungkin kalo boleh sama harganya ato merek mesin yg paling bandel u usaha laundri,trims

  15. mampir pak bayu, membuka bisnis laundry kiloan itu mudah, dan murah, berapapun uang bisa diinvestasikan bahkan modal 0 pun bisa. asalkan benar-benar ada niat dan kerja keras, masalah mesin cuci, pengering dan chemical laundry termasuk sabun dan perlengkapannya bisa mampir ke http://www.laundryplasa.com sekalian sharing/tanya tentang bisnis laundry. selalu ada diskon yang mampir ke laundryplasa.com
    terimakasih pak bayu atas tempatnya …..regard

  16. Setrika Uap/ Steam Iron Laundry Kiloan Pakai Gas Boiler

    Untuk anda yang yg bergerak di bidang laundry kiloan, setrika uap ini cocok untuk membantu pekerjaan menyetrika agar lebih cepat dan hemat karena menggunakan bahan bakar gas ( tanpa listrik sama sekali) , bisa menggunakan tabung gas 3kg dan 12 kg.
    Pakaian langsung licin dan cepat rapih.
    Kapasitas : 20 Liter, Setrika Uap 2 pcs ( menggunakan tuas per, sehingga bisa berbalik tanpa harus ditekan terus) + Selang in-out.

    Kelebihan setrika uap:
    – Hasil setrikaan lebih rapi dan licin.
    – Proses penyetrikaan lebih cepat ( 1: 5 ) dengan setrika elemen listrik.
    – Tidak memerlukan listrik ( khusus boiler gas)
    – Dapat menghambat kelunturan dan sablon pada kaos tidak rusak.
    – Lebih awet dan tahan lama
    – Konsumsi gas: 3 kg gas bisa untuk 100 – 150 kg pakaian ( 12 kg gas bisa untuk 400 – 600 kg pakaian)
    -Harga Rp 3, 5 Jt ( 1 Boiler kapasitas 20 Lt + Kepala setrika uap 2 pcs + selang in & out put )

  17. Mas Bayu,

    Saya rencana mau buka laudry kiloan, tetapi di rumah (komplek perumahan) bukan di ruko/kios di jalan besar.

    Apa ada saran untuk peralatan, untuk awalnya peralatan apa saja minim yang mesti dibeli.

    Oh ya mas Bayu posisi ada di jakarta atau luar jakarta.
    terima kasih

    • @Chris
      Halo Chris, selamat ya buat rencananya berbisnis laundry kiloan. Seperti yang saya ceritakan dalam artikel diatas, lokasi di pinggir jalan bukanlah suatu jaminan usaha sukses. Banyak juga usaha laundry kiloan yang berada di kawasan perumahan yang berjalan dengan sukses, seperti beberapa kawan di BSD dan Pamulang. Keuntungan membuka usaha di rumah, antara lain pasti sudah ada instalasi air, listrik dan tentu tak perlu membayar sewa toko.

      Untuk peralatan, mungkin Chris bisa untuk tidak memakai mesin cuci front loading karena harganya yang lebih mahal, tapi bisa memakai mesin cuci top loading (bukaan atas) tapi yang otomatis, jangan yang 2 tabung, ini untuk efisiensi kerja. Harga mesin ini berkisar antara Rp. 1,5 s.d Rp. 2,5 juta untuk saat ini. Lalu untuk mesin pengering juga diperlukan, karena industri laundry tak bisa bergantung pada cuaca, industri harus berjalan, apapun musimnya. Untuk setrika gunakan saja setrika biasa tapi yang kuat dan baik, jangan asal murah, karena ingat, setrika ini akan digunakan untuk bekerja keras dibanding keperluan rumah tangga. Sementara timbangan bisa menggunakan timbangan manual macam timbangan buah skala 15 kg, yang harganya tak lebih dari Rp. 100.000.

      Tapi jangan lupa Chris, untuk melakukan promosi yang terus berkelanjutan dengan menyebar brosur, pamflet dll. Juga coba sediakan layanan antar jemput bagi laundry pelanggan sebagai nilai tambah, karena persaingan laundry kiloan sudah cukup tinggi saat ini.

      OK Chris mungkin segitu dulu ye. Ohya sudah beberapa bulan terakhir saya tinggal di Semarang, tetapi laundry kiloan di Jakarta tetep running. Selamat mencoba berbisnis dan semoga sukses.

  18. makasih tipsnya mas, wah berguna sekali….kebetulan saya ingin memulai bisnis ini..^^

    • thanks juga Fanny buat klik ke blog ini. Semoga sukses dengan bisnisnya.

  19. Mas Wahyu, artikelnya sangat membantu nih. saya & pasangan kebetulan berencana membuka usaha laundry. tp mungkin modalnya hanya sktr 15-20 juta. Kan idealnya 65 – 70 juta nih, minta saran donk belanja apa yg bisa dikurangi sehingga pas dgn budjet kami.thx jawabannya.

    • @Pitra: nama gw Bayu bukan Wahyu .. udah berapa orang salah sebut .. judulnya aja Catatan Bayu Listiaji … huehehe … tapi ya udahlah apa arti sebuah nama. Oh ya soal modal 20 juta sih masih bisa nanjak. Tapi gak tahu ya kalo harga sewa toko, apalagi kalo pakai rumah sendiri bisa hemat banyak tuh. tapi di luar itu, beli aja mesin cuci 1 (kalo yang front loading- bukaan depan, kemahalan, ya beli aja dulu yang top loading – bukaan atas), mesin pengering 1, dan sejumlah alat standar lainnya. Saya juga dulu modal 15 juta doang … sukses ya .. yang penting semangat …

  20. mas Wahyu.., saya tertarik dengan usaha laundry kilo an,tapi…, sayangnya saya nyetrikanya kurang licin . Apa betul pake iron steam bisa licin,merk apa ya.. yang paling bagus

    • ralat .. Bayu … o setrika sih biasa aja paling pake Setrika Philips tapi yang penting yang nyetrika harus diperhatiin … itu aja kok

  21. bagus sekali informasinya! bisa dicoba nih! makasi ya……

    • senang bisa membantu. semoga sukses ya …

  22. menarik sekali infonya! mohon tanya untuk kebutuhan 50kg pakaian kebutuhan air berapa ya?
    klo air tanah nggak cukup pakai pam atau air truk isi ulang apa masih bisa untung? trima kasih

  23. buat yg butuh logo untuk usaha baru anda silakan kunjungi web kami.

  24. Info yang memperkaya untuk memulai usaha dan mengembangkan bisnis. Anda jangan segan utk menjadi pengusaha ini..simak terus catatan Listiaji yang oke punya

  25. dear mas bayu,

    kira2 ada recommend suplier yang harganya minim nda untuk alat2nya.. dan apakah untuk pemula budget yang dibutuhkan berapa yah? krn kynya saya terpentok sama sewa biaya tempat yang mahal….

  26. ada info steam iron second gak ya?kebetulan saya sudah buka londre kiloan sekitar 4bln ini,sudah ada customer tetap, dan ingin segera mengembangkan usaha lagi, sementara masih memakai setrika biasa.pernah memakain setrika uap merk P tapi tiba dari lubang air, mengeluarkan air keruh, sehingga malah membuat noda di baju..thx..

  27. Mas,
    Alat2 untuk bikin laundry apa aja ya.. Selain Mesin cuci dan dryer?

    • @Ivan: peralatan standar aja, setrika, oiya, saluran air dijaga supaya deras, jadi perlu toren/menara air sendiri, listrik ..

  28. saya kurang setuju dengan artikel anda yg menyarankan untuk memprioritaskan air tanah, karena itu sama saja dengan merusak lingkungan. sebagai pengusaha yg baik jgn terlalu memikirkan profit yang berlebih dibanding dampak yg akan kita rasakan dimasa depan buat anak cucu kita.

    • @lienuex: hehe .. kayaknya Anda orang LSM nih dilihat dari gaya protes pro lingkungan hidup ..huehehe … begini saya menulis kan biasanya untuk pengusaha pemula yang infrastruktur belum canggih. Jadi biasanya yang ada adalah air tanah, belum lagi mengingat pasokan air PAM yang tidak jelas, bisa bangkrut usaha gara2 PAM tidak punya tekanan air yang memadai. Tapi bila ada yang menggunakan PAM, atau pasokan air lain seperti Aqua yang berkualitas tinggi jelas lebih disarankan. Lebih gawat lagi, kalau saya dituduh merusak lingkungan hidup karena tidak menyarankan penggunaan water treatment. Hehe … biaya investasi laundry hanya puluhan juta, eh water treatment nya ratusan juta. Belum lagi kalau bikin delivery order, yang membuat tingkat emisi gas buang meningkat dan merusak kualitas udara. Jadi bingung ini.

  29. Tambahan juga apakah dengan mematok minimum jumlah kiloan selama ini tidak membuat konumen keberatan. Misalnya minimum 3kg atau 7 kg begitu?
    Berapa harga ideal perkilogram sebaiknya kita tawarkan ke konsumen?

    • patokan minimum laundry harus melihat kondisi pasar setempat. Ada satu lokasi yang konsumennya yang pekerja bujangan biasanya tidak banyak hanya 2-3 kg setiap memasukkan laundry, tapi pada lokasi yang banyak konsumennya dari keluarga muda, sekali memasukkan bisa 5 bahkan belasan kilogram. Itu semua hanya strategi marketing saja yang harus disesuaikan dengan kondisi pasar setempat. Demikian pula dengan penetapan harga jual, di Yogyakarta harga jual hanya Rp. 2.500 s.d Rp. 3.000, di Cikampek Rp. 4.000/kg tapi di Jakarta bisa Rp. 6.000 s.d Rp. 8.000/kg.

  30. Kalau boleh tahu mas secara normal untungnya berapa ya..

  31. mau tanya mas, :
    -mesin cuci front loading itu termasuk ada pengeringnya juga ngga ?
    -harga mesin cuci front loading dan mesin pengering yang paling murah berapa ya ?
    thanks..

    • Thanks buat kliknya ya,
      – mesin front loading ada yang termasuk pengeringnya tapi ada jug ayang terpisah. harga mesin cuci berkisar antara 5 s.d 12 juta per mesin, tergantung, kapasitas mesinnya. Untk harga detailnya, langsung aja ke website Electrolux atau LG dan lainnya.

  32. Ass. pak saya mau memulai bisnis laundry di riau. bisa tidak saya minta jenis layanan laundry beserta harganya. trimakasih. langsung ke e-mail ya pak. putri_geizha@yahoo.com

  33. mau tanya bisa di rincikan gak awal 2 apa saja yg harus di sdiakan untuk buga usaha itu ????
    trmz sebelumnya

  34. wah kayaknya gak mau ngasih tau neh pewangi dan detergenya, ayo donk pak kasih tau pakai pewangi apa yang buat tahan lama. dan detergen apa yang bagus.

    • @ cyndy_imut
      Waduh, pewangi dan detergent sih yang standar di pasar aja. Gak ada rahasia-rahasiaan kok, cuma kalo nyebut merk kan gak baik. Bisa dibilang disponsorin nih hehehe.. tapi pake detergent matic yang ada di pasaran aja juga pewanginya. Paling coba 1-2 merk, ambil yang paling cocok aja. Gampang kan.

  35. gun tag tu apa pak? dan blinya dimana?

    • @dhian: gun tag itu alat pistol2an yang dipake buat konveksi ya gunanya buat memberi label seperti kalo kita beli baju baru kan ada labelnya. Ya semacam itulah. Sebagai label dapat digunakan kain kerah yang dijual meteran, lalu kita nomerin supaya tak tertukar. Tapi kalo jemur kok tidak bisa dipastikan ketepatan waktu kering dsb, dapat mempengaruhi kepercayaanp elanggan, karena mereka kan bayar lebih untuk sebuah kepastian kan.

  36. skalian pak ya sbun dan pewangi apa yg bersih dan wanginya awet meskipun musim hujan biar g apek. slm ini saya make sabun dan pewanginya yg di jual di supermarket, memang mahal jd untungnya tidak kliatan pak.
    apa ada solusi pak yg lebih murah, minta tolong mungkin bpk tahu dan yang sdh berpengalaman

    • @dhian: Wah kalo dijemur mungkin bakalan repot ya. Tapi bisa pake label dengan gun tag untuk membedakannya.

  37. pak saya minta pendapatnya, kan saya dah buka laundry ya masalh yang sering terjadi di laundry saya itu tertukarnya baju, padahl nyucinya tidak campur. masalahnya saya tidak pakai mesin pengering jd sistem jemur. minta solusinya dong pak? trima kasih sebelumnya

  38. saya ingin spt pak bayu..saat ini sy ingin menekuni usaha laundry.tp sy seh bingung apa aja yang hrs sy persiapkan utk memulai usaha tsb.

    • @Ratna: Sepertinya apa yang ada di artikel sudah dapat untuk memulai usaha laundry. Semoga sukses ya Mbak Ratna..

  39. Saya ingin buka usaha laundry kiloan daerah saya,saya blm berani lsg buka dgn menyiapkan semua full equipment (krn modal tdk besar), boleh tidak sementara saya kerjasama dgn refresh laundry, saya terima pakaian kotornya dan dikirim ke refresh laundry dgn deal harga? ;-)

    • @deuwloho: Terima kasih atas responnya. Saat ini refresh laundry kiloan dan Cuciin Dong!!! Pusat Cuci Kiloan belum mempunyai konsep kerjasama dengan pihak ketiga. Tapi kalo tidak salah ada juga beberapa laundry kiloan yang membuka kerjasama keagenan seperti Jimbo Laundry House dan Puri Laundry. Sementara contacnya saya belum tahu.

  40. Makasih atas sharing usahanya mas, mau tanya…kalau usaha laundry kiloan…apakah outletnya harus tertutup atau kah memungkinkan untuk outlet/tokonya terbuka (tanpa kaca spt halnya toko2 voucher)?

    • @dmanahem
      Design interior/exterior itumerupakan bagian dari pemasaran. Tentu dapat disesuaikan dengan kondisi pasar yang ada di sekitar Anda. Tak ada yang tabu dalam berinovasi dan tak harus seperti pakem yang ada. Selamat berbisnis.

  41. barapa kira2 investasi selain sewa tempat. tq

    • FULL EQUIPPED SEKITAR RP. 60-70 JT (2 MESIN CUCI FRONT LOADING, 2 MESIN PENGERING, PASANG PLN, JARINGAN AIR, LISTRIK DSB)

    • Mas salam kenal, mas saya br akan merintis usaha laundry. Tp saya bingung dimana toko yg menyediakan perlengkapan mesin laundry disemarang/jogja karena saya tinggal dijogja, atau alamat penjual mesin laundry VIA Internet? Makasih sebelumnya, mohon dibls.

      • Salam kenal juga Mas Andy, peralatan laundry yang saya pakai adalah merk Electrolux, untuk daftar agen di Jogja/Semarang, silahkan contact PT Electrolux Indonesia di Wisma STACO, Jl. Casablanca, Jakarta Selatan. Kabarnya mereka juga sudah punya jalinan kerjasama dengan Alkijo (Asosiasi Laundry Kiloan Jogjakarta) untuk penyediaan peralatan mesin. Tanyakan harga discount tertetntu untuk pembelian 5 mesin keatas, katakan untuk penggunaan pembukaan laundry kiloan.

  42. salam sukses mas, mas saya sekarang suah membuka loundry dan sudah berjalan satu tahun. sy memulainya dr mesin cuci biasa2 aja hingga skrg sy udah bs punya mesin cuci yg lumayanlah, mas sy mau tanya. sabun dan pewangi apa yg pas untuk loundry kiloan? thks ya mas, sy harap jawabannya.

  43. Kebetulan saya sudah membuka usaha laundry tapi saya blm menemukan sabun yg cocok, mohon bantuannya. Tq

  44. kalo sistim promosi laondry yang bagus itu seperti apa pak?

    • @ Wahyu
      Mas Wahyu, program promosi harus melihat karakter dan kondisi masyarakat sekitar. Bisa saja dengan promo diskon, penyebaran brosur di pusat keramaian atau di perumahan, atau bisa saja bila Anda menyasar pelanggan perusahaan, anda harus membuat surat penawaran kepada perusahaan yang bersangkutan dengan mengenali terlebih dahulu orang-orang yang membuat keputusan untuk membeli produk anda (mis: General Affair atau purchasing). Tapi pertama dari segalanya, identifikasi dulu target pasar Anda. Setelah itu dekati pasar Anda dengan cara yang paling pas dengan pasar yang disasar.

  45. @ Andoko:
    Terima kasih atas perhatiannya mas. Mengenai nilai nominal itu benar-benar variabel. Saya punya 2 brand tapi biaya outletnya bisa jauh berbeda, karena perbedaan konsep. Jumlah mesin (pengadaan bertahap atau langsung full engine), merk mesin, sewa lokasi usaha, UMR yang berbeda, biaya renovasi outlet yang diperlukan, armada delivery ada atau tidak, dsb. Tapi estimasi 1 outlet standar OK ya sekitar Rp. 60-75 juta, tapi itu bukan harga mati, karena dengan sedikit inovasi modal Rp. 20 juta juga bisa mas. Tergantung kreativitas.

    • saya punya mesin cuci front loading yang akan saya gunakan buka laundry. apakah harus beli mesin pengering lagi? berhubung mesin yang dimaksud sudah ada pengeringnya. pebedaanya apa?. setrika uap harganya berapa ya?

      • kalau mesin cuci tsb sudah termasuk mesin pengeringya tidak perlu beli lagi. Tapi banyak yang salah mengerti kalau mesin pemeras dibilang mesin pengering. Dryer yg dimaksud adalah kondisi kering 100 persen. harga Setrika uap saya belum update lagi.

  46. wah boleh juga analisanya, tapi lebih baik lagi kalau diberi nilai nominalnya jadi bisa menyiapkan modal

  47. terimakasih mas bayu, mau mampir ke blog saya. Terus nge-link lagi. Maturnuwun ya mas. Moga2 banyak yang mau ikutan jadi pengusaha.
    Mohon ijin untuk neg-link blog anda mas bayu.
    sukses selalu,

    Salam Sempurna !!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 86 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: