Oleh: listiaji | 11 Januari 2009

PELUANG USAHA BUDIDAYA BEKICOT


bekicot

Mencermati cerita asal muasal bekicot (Achanita spp.), hewan yang satu ini berasal dari Afrika Timur, tersebar keseluruh dunia dalam waktu relatif singkat, karena berkembang biak dengan cepat. Bekicot tersebar ke arah Timur sampai di kepulauan Mauritius, India, Malaysia, akhirnya ke Indonesia. Bekicot sejak tahun 1933 telah ada disekitar Jakarta, sumber lain menyatakan bahwa bekicot jenis Achatina fulica masuk ke Indonesia pada tahun 1942 (masa pendudukan Jepang).

Sentra peternakan bekicot banyak ditemukan di masyarakat pedesaan Jawa Timur, Bogor (Jawa Barat), Sumatera Utara dan Bali. Bekicot diternakkan umumnya jenis Achatina fulica yang banyak disenangi orang, karena bekicot jenis ini banyak mengandung daging. Di Eropa, bekicot jenis ini digunakan sebagai bahan baku makanan yang disebut Escargot. Escargot semula berbahan baku Helix pomatia. Karena Helix pomatia lama kelamaan sulit diperoleh maka bekicot jenis Achatina fulica menggantikannya sebagai bahan baku Escargot. Selain pakan ternak bekicot merupakan sumber protein hewani yang bermutu tinggi karena mengandung asam-asam amino esensial yang lengkap. Disamping itu ada masyarakat yang menggemari makanan dari bahan baku bekicot, seperti sate bekicot, keripik bekicot, baso bekicot.

Bekicot juga kerap dipakai dalam pengobatan tradisional, karena ekstrak daging bekicot dan lendirnya sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti radang selaput mata, sakit gigi, gatal-gatal, jantung dan lain-lain. Sedangkan kulit bekicot sangat mujarab untuk penyakit tumor. Sejenis obat yang dikenal berasal dari kulit bekicot, dinamakan Maulie, dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti kekejangan, jantung suka berdebar, tidak bisa tidur/insomania, dan leher membengkak. Daging bekicot merupakan komoditi ekspor yang menjanjikan, karena harganya yang cukup mahal dipasaran internasional. Kini juga telah banyak berdiri perusahaan-perusahaan pengelola daging bekicot, yang dapat memperlancar pemasaran pasaran sebagai komoditi ekspor.

Jika tertarik berbudidayaya bekicot, salah satu yang perlu diperhatikan adalah masalah lokasi. Lokasi perlu dipilih yang dekat dengan jalan, agar mudah penanganannya, baik saat pembuatan kandang, saat pengontrolan maupun penanganannya pascapanen, artinya pada saat membawa hasil panen tersebut tidak kesulitan dalam transportasi. Lokasi yang sesuai untuk budidaya bekicot adalah lokasi yang basah serta lembab dan terlindung dari cahaya matahari secara langsung. Selain itu juga tanah yang disukai adalah tanah yang banyak mengandung kapur sebagai zat untuk pembentukan cangkang.

Lahan yang diperlukan tidaklah terlalu luas namun persyaratan mengenai kelembaban dan keteduhan perkandangan perlu diperhatikan, karena untuk berkembang biak secara baik bekicot senang dengan keadaan yang lembab dan teduh. Kandang didirikan di tanah kering, teduh, lembab dengan suhu udara berkisar 25-30 derajat C. Cara pemeliharaan bekicot tidak terlalu sulit. Bisa dilakukan secara terpisah, artinya bekicot yang kecil dipelihara terpisah dari yang besar. Bisa juga dilakukan secara campuran, yaitu bekicot kecil dan besar dipelihara dalam satu kandang tanpa melihat umur/besarnya. Bila dilakukan secara terpisah risikonya harus dibuat beberapa kandang. Fungsi kandang itu antara lain untuk penetasan, pembesaran dan sebagai kandang induk.

Namun tidak semua jenis bekicot cocok dibudidayakan. Dua jenis bekicot yang biasa diternakkan, yaitu spesies Achatina fulica dan Achatina variegata. Ciri bekicot jenis Achanita fulica biasanya warna garis-garis pada tempurung/cangkangnya tidak begitu mencolok. Sedangkan jenis Achatina variegata warna garis-garis pada cangkangnya tebal dan berbuku-buku.

Jika bibit unggul belum tersedia maka sebagai langkah pertama dapat digunakan bibit lokal dengan jalan mengumpulkan bekicot yang banyak terdapat di kebun pisang, kelapa, serta semak belukar. Bekicot yang baik dijadikan bibit adalah yang tidak rusak/cacat yang sementara waktu dan yang besar dengan berat lebih kurang 75-100 gram/ekor.

Bekicot biasanya kawin pada usia enam sampai tujuh bulan ditempat pemeliharaan yang cukup memenuhi syarat. Pada masa kawin bekicot betina mulai menyingkir ke tempat yang lebih aman. Bekicot bertelur di sembarang tempat. Jumlah telurnya setiap penetasan biasanya lebih dari lima puluh butir (50-100). Jumlah produksi telur tergantung masa subur bekicot itu sendiri. Besar telur bekicot tidak lebih dari 2 mm.

Keberhasilan budidaya bekicot tergantung pada cara perawatan dan pemeliharaan teknis selama diternakkan. Beberapa perawatan teknis dalam budidaya bekicot diantaranya meliputi penjagaan kelembaban lingkungan, mempertahankan kondisi lingkungan (yang lembab), pemberian pakan yang bermutu secara teratur, menjaga areal agar tidak dimasuki hewan lain, serta menjaga agar bekicot tidak ekluar dari areal pemeliharaan.

Responses

  1. saya punya stock daging bekicot yg sudah di rebus adakah daerah jabodetabek yang menerima daging bekicot.
    minat hubungi saya di email : zevaherlina@gmail.com

  2. Ass. Bapak2, saya Ruby dari CIANJUR, saya tertarik budidaya bekicot.. tapi bingung nanti hasilnya di jual kemana?? mohon infonya pengepul yg deket dengan daerah cianjur.. hubungi saya di 0877-222-44-942.
    Terimakasih sebelumnya. wass.

  3. saya sangat berminat budidaya bekicot, tapi adakah penampung/pembeli untuk wilayah Kalimantan Tengah. kalau ada tolong hub. 082150377919

  4. ready stock bekicot. harun cianjur cp 085759393833

  5. Saya tinggal dicileungsi disini sangat banyak bekicot lokal,jika ada yang berminat serius bisa sms saya di 082110147099/ pin bb 256d642B..trims

    • saya sangat berminat alamat bapak dmana ya cileungsinya krn say tlp tidak diangkat….no tlp saya 081319618560…..trm ksh

      • serius cari bekicot ?. berani kontrak ?

  6. Saya punya bekicot area sumedang jabar,bila ada yg berminat hub no ini 085221144066 duddy

  7. ada ga pengepul bekicot wilayah purworejo?

    • hub. 083821100055

  8. siap kerjasama munyuplai bekicot dan keongmas 085882020889

  9. pgi all,aq hamid tinggal d jember,aq pengen blajar cara ternak bekicot,tlg rekan2 peternak d wilayah jember no hp/almatx bisa saya timba ilmux,mohon yg mw bantu kirim alamtx ke hamidahmadbinhamid9@gmail.com/089682245479

  10. ada yang jual bibit di karesidenan madiun mohon infonya 08563694219

  11. membeli bekicot hidup partai dan rutin wilayah jadebotabeka 085692732109

  12. Bagus jga ini,,aku jga punya banyak bekicot dengan keong mas cuma saya dak tahu mo jual ke mna?,,kalau ada yang mau beli hubungi aja no saya;;085386399808;atau lwat email:Munda.Ardy@yahoo.com,trimakasih…..

  13. sya membutuhkan informasi pengepul bekicot grade A Byang ada di sekitar batam atau wilayah batam atau yg bisa supply ke batam.hub. tiurma777rth@gmai.com atau tiurma777rth@yahoo.comTks informnya & GB U

  14. saya punya tanah kosong banyak di daerah majenag cilacap,,kalau ternyata banyak yang minat, sy ingin budidaya bekicot juga,,cara dan bibit gampang sy cari tahu,,cm siapa aja yang mau beli tolong hub hp 081398599903( asyifa) dan model bekicot yang seperti apa aja yang laku di pasaran..mksh

  15. harga bekicot lokal berapa?

  16. salam kenal semua. saya membutuhkan bekicot sekitar 50kg per bulan (kualitas yang murah saja karena bukan untuk eksport). lokasi saya di madiun. jika ada rekan disini yang memiliki dapat menawarkan kepada saya via email di pangansejahtera@gmail.com, untuk pengambilan jika wilayah di rasa dekat nanti kita yang atur sendiri.

    • kalau keong mas gimana mas…..?

  17. saya ingin th drmana dpt bibit bekicot
    kl keong mas saya pny stok banyk
    krim email lucky.wibowo_09@yahoo.co.id

  18. saya tertarik untuk budidaya bekicot…dan sebagai tahap pemula,mohon bantuan untuk informasi tentang budidaya,dan penjualan,,.mksh.

    • minta nomer mu mas jarot,, saya jual bekicot

      • kang saya bisa belajar soal ternak bekicot??

        thanks kang

      • mas icut jual bekicot jenis apa? spesies nya maksud nya. bisa kirimina foto atau keterangan nya di email saya excaliburning@yahoo.com atau no hp saya 0898 9412471, nanti akan saya hubungi lewat telpon, thx

      • no ms icut brp?

  19. bagus banget……..tapi maunya beternak cacing.

  20. harga bekecot per kilogram berapa ya sekarang?

  21. tolong temen2 kalo ada info tentang tengkulak bekicot di daerah riau…..

  22. Sebenarnya sy sngt tertarik budidaya bekicot ini,tp ada beberapa kendala: 1.bgmna cra pmbuatan kndng bekicot yg baik.2.ke mna nanti sya akan menjual hsl panen saya .sekian

  23. Permisi, saya berminat beli bibit bekicot ! ada yg tahu info penjualan bibit bekicot daerah Madiun,Ngawi dan Kediri ! Jika ada yg tahu tolong sms saya di 0852 3355 4283 . Trims sebelumnya.

  24. buat yang mau beternak bekicot yang membutuhkan bibit,anakan,pakan khusus bekicot dan kandang penangkaran bekicot bisa hubungi saya di 082 119 786 297 lokasi ciamis jawa barat.trims

    • mas ricki jual bekicot jenis apa? spesies nya maksud nya. bisa kirimina foto atau keterangan nya di email saya excaliburning@yahoo.com atau no hp saya 0898 9412471, nanti akan saya hubungi lewat telpon, thx

  25. saya butuh bekicot atau keong mas atau keong sawah nih,saya ada di jogja saya perminggu butuh 100kg,klo agan2 ada info silahkan hub saya 08568672400 ( aditya ).

    • jogjanya daerah mana bos?per kg berapa?

  26. Saya sangat tertarik bisnis seputar bekicot, dimana di daerah Solo saya bisa belajar ? Trims.
    mohon hubungi saya 085229258876 (SMS saja OK!)

  27. Mas Ari, sy Pak Dudung Solo, di bantul alamat lengkapnya di mana ? Produksinya brp banyak Mas ? per Minggu atau per Bulan nya brp Kg ? kmdn harga jualnya brp utk kualitas AB dan C nya ? sy mau usaha pengolahan bekicot tlg balas di email sy =n_dudung@yahoo.co.id . Trimakasih sy tunggu balasannya

  28. Dimana saya bsa memperoleh bibi tunggul dr Achatina fulica..
    Trus apakah ada agen besar yg bsa menampung hasil panen bekicot tsb..??

  29. sya org semarang,dimana y bisa ndapetin bekicot buat penelitianq,,tpi aq btuh daerah jawa tengah jdi g jauh2 menelitinya.ksih tau donk daerah mna petrnak bekicot jawa tengah ?bsa hub q d email catursukaeni@ymail.com

  30. jogjanya mana mbak? sy tinggal di bantul,kbetulan sy pengumpul bekicot.berminat.. hub leonardodekaryo@yahoo.com

  31. saya..mau buka sate bekecot..tp kesulitan memperoleh bekecot

    • ditempat saya banyak, mau butuh berapa ?
      contec person ( 085729753837 )ody kebumen

  32. saya mau beli bekicot hidup bisa dikirim ke jogja? harganya berapa?

    • ditempat saya banyak, mau butuh berapa ?
      contec person ( 085729753837 )ody kebumen

  33. saya butuh bekicot untuk pakan lele.lokasi semarang jawa tengah.081210010917

  34. Ada yg pnya cangkang bekicot gak ya,,aq butuh sbnyk2 nya..dlm bentuk uda hancur..
    Bagi yg pny silahkan hubungi sy di:
    081233503058

    • pak abdul,kami punya cangkang bekicot banyak. lokasi,di kec.sumberlawang, kab.sragen , jawa tengah.brp harga cangkang per-kg nya?

  35. tolong kasih tahu harga terbaru dong! per-kg berapa? terus kelas A,B dan C kriterianya bagaimana? jadi orang awam bisa tahu.

  36. Saya di surabaya berminat budi daya bekicot, tapi tdk tahu beli indukan & jenis apa bekicot yang laku dipasaran?
    Tlg rekan – rekan ada yang bersedia membantu informasi kepada saya
    kirim E-mail di : jdpras@yahoo.co.id atau sms di 088805045898 terutama para peternak dari jawa – timur

  37. Untuk Rekan2 yg berada didaerah tangerang khususnya ciledug. Yg kesulitan untuk menjual bekicotnya silahkan menghubungi saya .
    adit.wizard@gmail.com

  38. tolong info nya penangkaran nya di bogor.alamat nya mana ya gan…..tolong di balas

  39. Kalo bekicot ini dikasih makan apa ya Mas?
    sampe ukuran ab itu butuh brp bln y?

    yg mau share info
    trims’ sebelumnya

  40. salam sukses … pak , bisa saya dapat info teknik dan gimana cara memulai nya … saya di jogja …sangat di tunggu info nya di email saya thx .. sukses .

  41. menarik, ingin mulai usaha, kalo bisa info pembelian bibit yang bagus donk

  42. saya tertarik dengan budidaya bekicot untuk daerah klaten udah ada belum ya pak?

  43. Untuk yang mempunyai stok indukan bekicot, berapa harga indukan bekicot per kg sampai ke pontianak? Tolong saya dikabari.. westborneofarm_2011@yahoo.com

    Terima kasih

  44. Kami membutuhkan indukan bekicot segera. Tolong diinformasikan berapa indukan perkilo dan berapa harganya sampai di pontianak.. Email kami borneofarm.inc_2011@yahoo.com
    Terima kasih..

  45. Pak, siapa yang bisa sediakan indukan bekicot? Saya mau ambil indukan untuk ternak di pontianak. Kira” berapa per kg dan ongkir setiap kg sampe pontianak.. Tolong email ke jeromykay@yahoo.com Tq

  46. untuk daerah pemalang dan sekitarnya,apa udah ada yang budidaya bekicot…saya tertarik untuk budidaya bekicot.mohon bantuanya(joko_yavo@yahoo.co.id)

  47. KAMI butuh bekicot karesidenan kediri kami ambil , luar karesiden kediri kami harapkan di antar ke tempat kami . kami jual kripik bekicot jg jual bibit bekicot minat hub kami 085755267653

  48. Saya Yadi dari Desa Sukojati-Banyuwangi-Jawa timur,pengepul bekecot hidup(Segar) saya bersedia melayani permintaan minimal 1 ton per bulan, Kalau bisa diambil ditempat peternakan. siap mengadakan kerjasama, harga gampang asalkan sama-sama untung.

    Silakan email saya yziad2000@yahoo.co.id

    • sy disitubondo bang harga A B berapa kira2?? sebagai gambaran.. kl cocok sy bs kerjasama selama ini sy ngambil di pulau sperti ra’as sepudi dll sekarang disamping itu sy pingin budidaya. bs kerjasama???

    • harga 1 kg mnt brp mas? sy cari yang dagingnya hitam, bukan dari jenis keong bali..

  49. jual bekicot hidup harga murah
    hub 085715528229

  50. ini q ada kripik bekicot , mulai dari kualitas exspor hingga untuk lokal ada , bagi yg berminat bisa hubungi kami doni; 085755267653 /081335694224 http://kripikbekicot02.blogspot.com doni.choirul@yahoo.co.id

  51. saya sekarang gi coba-coba usaha bekicot di jombang. di mana saya bisa belajar budidaya bekicot di sekitar jombang&alamat pemgepulnya di mana ?. mohon bantuannya.ini no telp saya 0321 3857101

    • saya ingin mencoba budidaya bekicot, kira kira bisa kasih tau ga pemasarannya kemnaa??? thengkyuuu

  52. Mo coba coba untuk mulai usaha bekicot nich di sumbawa masih banyak n melimpah banget klo musim hujan klo untuk pemasaran keluar daerah seperti Bali dan JATIM daerah mana aja yang tolong dong yang punya jaringan pemasaran yang luas bisa info kan ke saya
    email:amudapati@yahoo.com

  53. BAgi rekan-rekan semua yang mempunyai / sedang budidaya bekicot/keong mas dan sedang mengalami kesulitan pemasaran silahkan hubungi
    masschandra@yahoo.com, kebutuhan saya untuk komoditi eksport dan saat ini penampungan dan pengolahan hewan tersebut berada di sukabumi

    harga bekicot 2500 / Kg
    hrga keong mas 1500 / kg

    apabila ada yang berminat untuk menjadi supliyer kami. silahkan hubungi di email tersebut….

    trimaksih

    • Berminat sekali Pak, Kami pengepul bekicot daerah Tangerang untuk keperluan serba guna, mohon untuk dihubungi di:
      021 92073816, 0815 9855140, Email :infra0510@gmail.com,
      Salam Sukses, Arief

    • Pak bsa minta no tlp saya pnya stok keong mas hidup .tlp 081321970319

  54. saya punya lahan 1 hektar lebih dan Saya ingin budidaya bekecot di bawah tanaman kelapa dan jati, yang menurut saya tempatnya dingin dan lembab.apakah bisa?,bagaimana caranya?untuk memulai ternak bagaimana cara-cara yang baik?
    Saya tinggal di Banyuwangi,apakah ada orang yang bisa membimbing saya dan kerjasama dengan saya dalam budidaya bekecot di banyuwangi? e-mail ke saya s_adjhie_80@yahoo.com

  55. saya juga berminat,,,,apakah prospeknya cerah

  56. ADA TIDAK UNTUK PENGEPUL AREA SOLO DAN SEKITARNYA?.SAYA BERADA DI DAERAH WONOGIRI,BIASANYA DI TEMPAT SAYA DI MUSIM PENGHUJAN BANYAK MELIMPAH BEKICOT DI SANA SINI.MOHON INFONYA NTUK PENGEPUL DI SOLO. INI NOMER YG BISA DI HUB. 085229662283

  57. saya sangat tertarik tentang budidaya bekicot ini, kebetulan di daerah saya banyak terdapat bekicot, tapi belum dimanfaatkan dengan baik. saya mohon untuk diberi info lengkap tentang pembudidayaan nya. semoga saja dapat berhasil dan bisa saling bekerjasama. Tlg kirimkan ke email saya : vitriamelya@yahoo.com. thx b4

  58. saya dari denpasar-bali saya baru mulai beternak bekicot tolong beritahu saya langkah2 yang harus saya lakukan dan makanan yang ahrus saya siapkan untuk menghasilkan bekicot yang bagus.

    • sy nym nata dr nusa penida sejak kecil dah peternak bekicot caranya gampang kasi pagar,tanam phn pisang,bikin bak air,tanam talas sbg pakan,tanam pohon dadag dll.info lbh jelas hub.081 2376 2176 thanks

  59. saya dari denpasar bali saya baru ja mulai ternak bekicot dan saya mau tau dimana pemasaran di daerah bali??

    • kalo pemasaran bekicot hub. sy 081 2376 2176

  60. yg btuh bekicot fresss hub sy d 081327193937 by ady cilcp jateng

  61. saya tinggal di Batam,Riau dekat dengan Singapura,saya sangat tertarik usaha Bekicot,untuk beternak di Batam ada kendala masalah lahan,saya bersedia membantu teman 2 sekiranya teman 2 ada yg berbisnis di Singapura

  62. Bagi yang berminat mempelajari budidaya bekicot di wilayah Jakarta, Bandung/Majalaya dan Cirebon dapat menghubungi saya (melalui email) budidayabekicot@gmail.com. Terima kasih.

  63. bagus…tolong dilengkapi dengan foto2 proses budidayanya. Tertarik banget untuk alternatif pakan ikan……ad info terbaru tolong kirim ke email saya makasih…..

  64. saya sangat berminat usaha bekicot…dan didaerah sy sgt banyak sekali..sy tinggal didaerah banten..dimana tempat pengepul utk daerah banten,,,terimakasih atas infonya..hubungi saya di 0817706165

  65. tertarik sekali mau dong kerjasamanya yang penting pemasarannya jelas pasti aku mau….kirim ya mas karena tempatku memang banyak bekicot dan lahannya cukup memnuhi syarat, trims. tak tunggu loh……mas

  66. Bagaimana dengan jenis pakan yang diberikan ?
    Dan bahan yang digunakan sbg bahan bakunya atau dalam bentuk pelet ? Dan dari tumbuhan atau sejenis padi2an misal, bekatul….mohon infonya. Thanks. Lalu bagaimana prospek pasar dan harganya ? Makasih

  67. tertarik mas brapa modal awal utk bisnis ini..??bibit dimana bisa saya dapatkan, berapa harga jual/kilonya????ada buku panduan beternaknya???

  68. Terima kasih atas segala informasi. Insya Allah, akan kami terapkan dalam kegiatan kepramukaan di Kwarcab Ngawi.

    • semoga bermanfaat…

  69. Saya ingin sekali ternak bekicot dan sudah jadi keinginan sejak lama, tp saya masih bngung untuk memulainya dari mana dan jika nanti berjalan mau saya jual kemana, kira2 ada yg mau kasih info tentang ternak bekicot + pemasarannya? mohon bantuannya

    jika ada di daerah jogja kira2 didaerah mana, karena aya ingin sekali observasi cara ternaknya, dan ngobrol langsung ke pengelolanya, mohon bantuannya semua!

    indru – 085740081778 – indrupoernama@gmail.com

  70. saya sekarang lagi menggeluti budidaya bekicot daerah krian sidoarjo saya butuh tempat atau pabrik yang bisa menerima daging bekicot saya berapa harga penerimaan per kg nya

    • kalau anda cari pembeli bekicot daerah sioarjo, saya mau beli harga nego,bisa hubungi saya di nmr: 081216361501 / 085731804109 atau email tery_rusdianto@yahoo.com

      • mas Terry gak butuh keong mas ,yanto jombang

    • Mas sulaiman sidoarjo mana mas saya mau beli tp gak banyak mungkin 20 -30 kg kalo berminat tlp saya di 081939817505 gogod ato email di gogodsetyo@gmail.com

    • mas sulaiman sidoarjonya mana?no hpny kok gak ada

    • mas sulaiman boleh minta nomer HPnya saya butuh bekicot untuk tugas

    • mintak nomornya mas

  71. Halo smua,Bagi Rekan2 pengepul, peternak bekicot..perkenal sy yanto aji di kediri. Usaha sy bergerak di pengolahan masakan bekicot sy butuh bekicot sebanyak2nya,.untuk harga bekicot segar sy ambil rp 2.550-rp 2.700/kg ukuran AB, dan rp 600/kg -1150/kg ukuran C. untuk rekan2 didaerah jatim langsung di ambil ditempat. Minimal berat 1 ton. Yg serius hub email. yantoo07@ovi.com nb: maaf gak pake telfon karena banyak yg hanya buang waktu, bagi yg serius silahkan hubungi email sy, trim

    • Dimana alamat anda dan apa mungkin bisa saya antar ketempat anda berhubung saya juga berdomisili di kediri? tlng dijl;askan juga bagaimana syarat dan ketentuan untuk bekicot – bekicoy yang bisa anda terima.

      • yth p yanto

        pak, saya Priyanto alamat di trenggalek , barusan menemukan alamat bapak, berniat untuk gabung dan kirim bekicot min 1 ton per 1 minggu, bagamana apakah masih bisa dan harganya sekarang berapa untuk kw A&B, C ? apa bisa diambil / dikirim ? kl cocok mau ikut kirim, suwun

    • ini serius?? kl serius sy kirim ke bpk tolong kasi alamat jelasnya

  72. Yang saya butuhkan adalah kualitas ab karena untuk ekspor pak. Untuk maslah spesifikasi yang kami terima silahkan call saya or sms di nomor diatas. Terima kasih

  73. Selamat sore saya Yogi Di Tulungagung, Saya memiliki kerjasama chaneling untk ekspor bekicot ke luar negeri. Saya membutuhkan bekicot min. 1 TON / hari

    jika bapak2/rekan2 disini ada yang bisa setok saya siap terima berapapun jumlahnya.

    untuk harga per 24 April 2010, saya bersedia beli di harga Rp. 1000 – 1.550 per kilo ukuran AB.

    MAAF HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA.

    Hub. 081359646208

    Yogi Saputra AM.KEP –
    http://WWW.MODAL-TAKTERBATAS.COM

    • Met Pagi, tlng di kasih tahu alamat anda di tulungagung dan klo saya bisa stok untuk anda bagaimana? apa anda mau ambil ditempat saya atau saya harus kirim ke tempat anda. Terimakasih

    • saya punya bekicot banyak,jika berminat hub 087850203026/miftah

  74. Kalau kita bisa ternak bekicot, apa gampang jualnya?

  75. Pak sy peternak n pengepul di daerah bondowo jatim..minta info eksportir/ pabrik/usahawan pengelola bekicot dong..atau rekan2 yg ingin kerjasama hubungi 085234442348. Tank yo..!

    • salam mas rais, boleh tau bagaimana cara beternak bekicot? terutama masalah kandangnya. mohon bantuannya. bisa hubungi saya di email dakuraami@yahoo.com. terima kasih

  76. sy tertarik berternak bikecot, kykny menjanjikan n menguntungkan bgt nich…

  77. untuk yopi irianto, cindi, Dundee dan Adi kayaknya ada persedian bekocot di jember soalnya butuh pemasrannya coba hubungi saudara Yasin Alam Syah 081336000433
    semoga berasil salam

  78. tertarik sya beternak mas dan jika ada info cara berternak pembelian bibit dan pemasaran mohon di e-mail ke saya, matur nuwun

  79. Sy butuh bekicot sebanyak 20-30 kg utk keperluan pakan ternak. Selama ini budidaya sendiri tp hasil belum mencukupi. 087860335478 – Djogja

  80. bisa kirim foto contoh kandangnya ga mas ???
    terima kasih

  81. saya pengepol bekecot untuk jawa timur jember aku kesulitan untuk pemasaran nya..kasih tahu pemasarannya donk di luar jawa. 081336000433

  82. saya pengepol bekecot untuk jawa timur jember aku kesulitan untuk pemasaran nya..kasih tahu pemasarannya donk di luar jawa

  83. untuk harga bekicot sekarang berapa nich..?

  84. bgus , lengkapi lagi dong

  85. saya cari bekicot sebanyak 30-40 kg..tolong hubungi sya di 085214045050
    terima kasih

    • untuk perhari apa perbulan butuhnya tolong infonya dong

  86. saya bersedia menampung bekecotnya, tapi pemasaranya bagaimana? kirim ke e-mailku yziad2000@yahoo.co.id

  87. didaerahku banyak bekecot, tolong kasih link bagaimana pemasaranya.saya akan mumulai usaha ini jika ada peluang business bekecot menguntungkan,tolong kirim email dan bisa kerjasama. trim

    • Saya membutuhkan bekicot banyak kalo bisa yg hidup… harga Rp.600 – Rp.1.000 /kg + ongkir tuk wilayah jakarta. kirim info ke telorsemut@yahoo.co.id trims

    • saya sudah mempunyai pasar, tetapi terbatas dengan suplai bahan baku.
      jadi kalo anda bisa menyuplai untuk kami, maka akan kita bahas lebih lanjut untuk perkembangannya.
      saya ingin mengetahui produksi anda berapa kg, itu dalam kondisi basah (dalam arti masih mentah) atau kondisi kering (dalam arti sudah siap pakai / setengah jadi). kemudian harganya berapa per kg-nya. untuk harga dapat sms ke 085790274789 atau 081331128809.
      saya tunggu kabar baiknya.

      • di daerah sy banyak bekicot mas, saya minat gabung dg usaha ini tapi saya tidak tau proses pengeringannya..bisakah kasih info k saya bs sms 087810008433. thank”s

    • Saya membutuhkan bekicot hidup.saya tinggal di sby. plafon Rp 1200/kg(fob sby)
      kalau anda berminat hub saya di 081615288008 atau 03183268177. thx

      • Sy ada lahan 1 ha di subang jabar, mau mulai ternak bekicot. Tolong sebutkan jenis bekicot yg anda minta, siapa tahu bisa kerjasama. tks. Rudi hp. 081221224749.

  88. saya berminat tapi pemasarannya gmn tlg bls

  89. Saya berminat trus pemasaranya dimana saja untuk area jawa timur?

    • Saya bisa beli bekicot 400 kg/mgg, alamat wringinanom gresik

    • Saya bisa beli bekicot 400 kg/mgg, alamat wringinanom gresik, harga Rp 1300/kg hidup
      kalau berminat bisa hubungi 081357933320

      • Kalau dari luar gresik berarti harganya belum termasuk ongkos kirim kan…?

  90. minat nich mas, pemasarannya keman mohon infonya via email

  91. tertarik sya beternak mas dan jika ada info pemasaran mohon di e-mail ke saya, matur nuwun

  92. Tertarik nich, gmana caranya ? Ada bku panduannya ga ? Brapa mdal awal dan dimana beli bibitnya ?

  93. Bgmana cara mengolah cangkang bekicot sebagai obat?dan tolong cari koneksi untuk pemasaran bekicot lokal?

  94. gimana cara yang baik untuk mengolah cangakang bekicot ya……..

  95. bagus…kalau bisa kirim foto ukuran kandangnya mas


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 86 pengikut lainnya.

