Oleh: listiaji | 11 Januari 2009

PROSPEK BISNIS SAYURAN ORGANIK


sayuran

Tak hanya di negara maju, pertanian organik semakin berkembang dengan meningkatnya permintaan masyarakat akan produk ini. Konsumen kelas menengah ke atas bersedia membayar lebih mahal untuk produk setidaknya didasari alasan penting, yaitu produk aman bagi kesehatan. Sayuran organik salah satunya. Seperti terjadi di negara-negara maju, kebutuhan sayuran organik di Tanah Air diyakini banyak pihak juga akan mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

Produk pertanian yang mulai hangat dibicarakan di Tanah Air sekitar 5 tahun yang lalu ini memang ditemui tak segampang sayuran pada umumnya. Jika ingin mencari, sesuai target pasarnya, produk ini lebih sering ditemui di supermarket atau  pada agen khusus produk pertanian organik, ketimbang di pasar-pasar tradisional. Harganya yang lebih mahal dibandingkan sayuran pada umumnya dipengaruhi oleh pasokannya yang lebih sedikit.

Ingin berbisnis sayuran organik, setidaknya pebisnis bisa memilih diantara tiga bidang yaitu sebagai petani, pemasok, atau petani sekaligus pemasok. Sayuran organik bisa didapat dengan budidaya secara organik. Artinya, budidaya dilakukan tanpa menggunakan material yang mengandung bahan kimia, seperti pupuk kimia buatan (Urea, KCI, dan TSP), pestisida, herbisida, insektisida, fungisida, dan bahan kimia lain. Sehingga digunakan pupuk organik, misalnya pupuk kandang dan kompos.

Penggunaan GMOs (Genetically Modified Organisme) tidak diperbolehkan dalam setiap tahapan pertanian organik mulai produksi hingga pasca panen. Standar Nasional Indonesia tentang  sistem pangan organik tertuang dalam SNI 01-6729-2002,yang memuat panduan tentang cara-cara budi daya pangan organik untuk tanaman pangan dan ternak, pengemasan, pelabelan, dan sertifikasinya. Sementara dari luar negeri, terdapat lembaga sertifikasi Standar IFOAM. Standar dasar untuk produk organik dan prosesnya dari IFOAM sejak 1980.

 Mempelajari Jalur Distribusi

Jika budidaya sudah menjadi pilihan bisnis, mengusahakannya di lahan baru yang sebelumnya belum dengan sistem organik, pebisnis harus mempersiapkan kesabaran di awal budidaya. Pasalnya untuk membuat lahan benar-benar menjadi lahan organik setidaknya dibutuhkan waktu dan juga biaya cukup tinggi. Tapi untuk selanjutnya pebisnis sudah bisa memetik hasil. Karena menggunakan bahan-bahan organik, alami, biaya produksi seharusnya lebih kecil ketimbang bertani secara non organik. Salah satu syarat keberhasilan bagi petani sayuran organik, tak hanya konsentrasi di budidaya, tapi juga mengetahui jalur distribusi pemasaran produk setelah dipanen. 

Atau pebisnis hanya ingin mengambil bisnis sebagai pemasok? Persiapan menjalin kerjasama secara langsung dengan petani sayuran organik, dan juga tempat-tempat dimana produk bisa dipasok seperti restoran, rumah sakit dan lainnya akan sangat membantu.

Namun yang jelas bila kita memutuskan untuk terjun dibidang Agribisnis khususnya pertanian organik, ada beberapa hal harus dipersiapkan untuk menghadapi risiko bisnis yang banyak ditentukan oleh kondisi alam. Kesabaran, keuletan dan ketekunan di lahan pertanian. Pebisnis juga harus siap dengan kondisi harga di pasar yang terkadang fluktuatif akibat pengaruh perubahan penawaran dan permintaan. Risiko fluktuasi harga setidaknya dapat diminimalisir dengan pemilihan jenis tanaman yang tepat, kalender tanam yang berjalan sempurna serta pemilihan  jalur distribusi pemasaran.

Responses

  1. Salam sukses buat kita semua,
    Saya sedang memproduksi sayuran berdaun lebar yang bebas pestisida dan pupuk kimia. Saat ini yang kami produksi ada tiga jenis sayuran daru lebar:
    1. Sawi hijau/ Cai xin
    2. Sawi minyak/ Xiao Bai Cai
    3. Sawi kecil/ Baby Pak Choy
    Kalau ada yang berminat untuk pembelian, saya siap untuk mensupply sesuai kebutuhan. Saat ini produksi per minggu ketiga jenis sayur di atas lebih kurang 600 kg.
    Operasional kami saat ini di tanjung Pinang Kepulauan Riau.

  2. InsAllah…

  3. saya ingin membuka toko sayuran organik di indonesia tengah / timur
    mohon yg berminat menjadi supplier agar menghubungi saya di
    denjodd@yahoo.com atau 0815-109-5358

    terima kasih

  4. saya butuh sayuran organik, bisa minta daftar harga ?

    • saya supplier sayur organik bersertifikasi
      hub : 085731555339

  5. Kami siap mensuplai keripik nangka super harga grosir
    Rp 85.000/kg.
    perangko surabaya
    minimal order 50 kg
    Alamsyah 081355544480

  6. Saya bisa suplai petai kupas kualitas super
    terbebas dari ulat
    terbebas dari biji muda
    terbebas dari biji terlalu tua
    Biji besar besar
    Harga Rp 40.000/kg
    perangko surabaya
    Alamsyah 081355544480

  7. bagaimana cara bpak memanajemen keuangan, apakah ada pemisahan antara harta pribadi dengan pendapatan hasil usaha?

    bagaimana cara bapak berorientasi pada efisiensi?

  8. gimana cara pemasaran yang baik untuk sauran organik

  9. as wr wb, kami dari cv.agro lestari adalah supplier sayuran organik, untuk dalam negeri dan manca negara, sayur kami banyak menyebar di mall seluruh indonesia, bapak boleh lihat, bagi yang berminat secara pribadi bisa memesan melalui hp. 085263055909 (sms), kami mempunyai 45 macam item sayuran organik, trims

  10. alhamdulillah, selamat untuk semua yg sudah menciptakan sebuah healty culture pembudidayaan sayuran yg pada akhir’y menuju pada proses konsumsi konsumen . saya di sini sebagai suplier sayuran segar ready stock yg selalu panen pada bulan2 yg telah ditentukan . untuk itu saya siap menjadi suplier anda yg ingin bekerja sama dengan saya . untuk lokasi perkebunan, saya tempat kan di daerah cipanas, puncak jawa barat . tanah yg akan kaya dengan kesuburan’y yg menghasilkan pembudidayaan sayuran yg berkualitas . untuk itu bagi bapak/ibu yg ingin bekerjasama bisa langsung menghubungi saya di 0852 2189 9690 . semoga jalinan kerja sama ini bisa terjalin dengan baik dan bermanfaat untuk semua . terimakasih

  11. saya punya bisnis sayuran organik, bila ingin pesan hubungi saya di 03178237181/085733619171

    • kami tdk pesan pak…ttpi menjual sayuran organik..jika bapak\ibu merminat….silakan krm pesan ke email saya evirutmaria@yahoo.co.id

  12. Saya tertarik sekali ingin membuka usaha di bidang sayuran organik… kebetulan memang di lingkungan dan komunitas kami sedang gencar2xnya untuk hidup sehat dengan makan makanan organik. Ada yang bisa bantu untuk step by stepnya ? Saat ini kami sudah aktif jualan susu kambing organik untuk terapi bermacam2x penyakit.
    Bisa info ke mrbunny81@gmail.com. Trima kasih,

  13. saya ingin beli bibit sayuran buat ditanam dikampung saya.apa bisa?

  14. salam kasih…….
    bagi teman2 berbisnis sayur organik,sy menyediakan/yg membutuhkan Bunga Kecombrang asal Padang dan Medan,hubgi sy di 081388497516.minimal 50kg-200kg.
    harga suplayer…saya jamin anda pasti untung.
    trimakasih atas block ini,salam sukses selalu. GB

  15. Ingin

  16. saya telah menanam sayur-syuran organik sekitar 2 Ha tapi saya bingun untuk menjualnya, sementara ini saya menjual sayur-sayuran organik di pasar tradisional. saya mau tanya kira semtra penjualan sayur-sayuran organik dimana ya..?

    • saya mempunyai supermarket organik, jika ada yg berminat untuk jd suppier atau pemasok mhn kirimkan email produk2, data@ anda dan sistem kerjasama yg anda inginkan ke deasy_mt79@yahoo.com. Mari berbisnis sayuran organik,,,

      • mas saya ingin belajar menekuni bisnis seperti anda langkah pertama yang harus saya lakukan apa?

      • salam mba” kami punya prodak sayur organik dari kampus UMM. yang tergabung dalam UNIFARM. kami sudah kerjasama dengan berbagai perumahan. ibu buth berapa jika seandainya kita bisa kerjasama

      • dimana lokasi supermarketnya? saya mau tawrkan sayuran genjer, apa bisa?

  17. Dear mas bayu,

    saya ada kebun di belakang rumah, dan saya ingin memanfaatkan untuk berkebun hidroponic, apa saja yang harus saya persiapkan untuk lahan sekitar 280 mter persegi, dan kira2 kalo saya kombinasi dg tanaman besar bisa gak ya?

  18. saya perlu buncis organik, wortel organik, kentang organik, bawang daun organik, jamur shitake.. sesegera mungkin.. kirim profile ke agscrb@telkom.net

    • kami menanam sayur organik yang bapak minta, apabila berminat bisa hub saya di : 085815036288

  19. Saya berminat mengawali budidaya sayur organik. apakah ada syarat khusus mengenai lahan, suhu, serta iklim yang cocok utk budidaya tersebut? trimakasih.

  20. saya baru mengawalai bisnis sayur organik? yang utama yang harus saya lakukan apa ya? blas

  21. Mas saya pengen tau caranya menjadi suplier sayuran organik,kebetulan aku ditawarin untk mensuplie sayuran k Batam,…sedangkan aku blm tau cara2nya,hanya kepercayaan aja dr pihak batam,.apa yg harus perlu aku lakukan..?? apakah tetp membutuhkan perizinan, dan dll .trmkasih atas info pengalamannya.

    • Bapak boleh share ke saya, karena saya juga rutin kirim sayur organik ke Batam. email andisujoko@yahoo.com

  22. saya memiliki lahan yang memadahi untuk bertanam sayur organik. sementara ini lahan yang saya miliki ini sedang saya tanami sayur terung organik. permasalahannya, saya tidak tahu dimana saya bisa memasarkan hasil kebun saya. sedangkan saat ini harga sayur mayur terutama terung sedang turun. takutnya kalau skala penanaman saya perbesar, nanti saya malah rugi…

  23. Mas saya pengen menanam sayuran organik didaerah saya tepatnya didaerah bondowoso sempol.Cuma saya mau tanya beberapa hal.
    Kalo menanam sayuran organik dengan skala besar apa ada pembelinya?Dimana pemasarannya?Contoh tanaman organik apa aja?Dan cara pemupukan pake apa?Trims

  24. saya saat ini sedang merintis bisnis sayuran dengan menjadi suplier untuk rumah makan atau resto2 di kota saya. lumayan memang, minimal keuntungan yang saya ambil bisa mencapai minimal 25 %. Apalagi jika saya bisa mengelola lahan sendiri untuk pasokan kebutuhan sendiri. saya kebetulan sudah mulai mengelola lahan sendiri untuk pengolahan secara organik. tanaman yang saya budidayakan antara lain selada, seledri, daun kemangi, timun, courgette dan daun bawang. nah saat ini kendala saya, adalah menangani permasalahan penyakit yang mulai menghampiri tanaman saya. kalau pupuk saya sudah bisa sepenuhnya organik. cuma untuk pestisida saya masih kebingungan untuk cara yang paling baik untuk mengatasi hama tersebut. mohon saran. thanks

    • kepada bapak cahyo, untuk mengatasi hama pada sistem pertanian organik adalah butuh waktu yang relatif bertahap. Pestisida organik bisa kita buat sendiri atau dibeli di toko-toko pertanian.
      Sudah banyak produk insektisida biologis beredar di pasar, contohnya Turex dan Turizate( untuk mengatasi ulat ), Gliostrar dan ganodium (untuk mengatasi Layu), swallow, (untuk mengatasi jamur / Fungi), dan masih banyak lagi merek dagang lainnya. Namun sebaiknya aplikasi pestisida organik ini dilakukan sejak awal tanam atau disemprotkan seminggu sebelum tanam, kemudian diulangi rutin seminggu sekali setelah ada tanaman, demikian semoga bermanfaat. (pemerhati pertanian organik)

    • kalau minat pu2k organik and bisa juga sebagai pestisida alami saya menjual pu2k tersebut. and dijamin tanaman anda akan tumbuh subur and bebas hama

    • Berbudidaya sayuran organik yang dilakukan tanpa menggunakan material yang mengandung bahan kimia,saya sangat memdukung sekali dan saya telah melakukan uji coba tanaman sayur mayur dengan mengganti pupuk yg mengandung bahan kimia dengan pupuk Organik TGH hasilnya jauh lebih baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

  25. saya sedang mendalami bisnis penjualan sayur organic, utk itu skalanya masih kecil. kebetulan saya tinggal di apartemen sehingga saya ingin mecoba menawarkan kepada tetangga apartemen saya. apa hal tersebut dapat menjadi awal bisnis penjualan sayur organic?

    • slm kasih…
      sy menyediakan Bunga Kecombrang minimal 50kg-200kg. krn sy cinta dgn sayuran organic bagi kesehatan kita bersama. hbgi di 081388497516.pak.ardiansyah

    • Salam hangat…
      Ibu Mada bisa mengawali bisnis sayur organik dengan menjadi reseller kami yang awalnya bisa di jual di tetangga2 apartemenya.
      apabila berminat bisa hub saya 085815036288


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 86 pengikut lainnya.

