Oleh: listiaji | 18 Maret 2009

HOME SCHOOLING KAK SETO: CARA SEKOLAH YANG MUDAH DAN MENYENANGKAN


Bagi sebagian orang, sekolah yang baik adalah sekolah yang mampu mengajarkan materi sebanyak-banyaknya kepada siswa didiknya. Dalam artian, siswa diharapkan menelan sebanyak-banyaknya menu kurikulum yang disediakan pihak sekolah tanpa peduli apakah sang siswa senang atau tidak senang, tertekan atau tidak tertekan dan semacamnya.

Hal ini tampak pada sekolah anak saya yang duduk di bangku kelas 1 sekolah dasar yang cukup dikenal di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Betapa tidak, untuk anak seusianya ia harus menelan berbagai materi dengan batas waktu yang sempit. Hal itu terlihat dari banyaknya buku yang dibawa sehari-hari hingga tasnya saja sudah berulang kali putus. Belum lagi PR yang diberikan, sudah menggambarkan betapa sekolah tak memberikan waktu untuk bermain bagi anak-anak. Dan puncaknya minggu lalu, jelang libur akhir pekan, Lizzy membawa berbagai macam PR, dari Matematika, IPA, IPS dan entah apalagi namanya, yang setelah dihitung-hitung ada 12 lembar PR yang harus dikerjakan, yang masing-masing terdiri dari 10 sampai 20 soal per halamannya. Terbayang kan betapa gilanya sistem pendidikan kita pada hari ini. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah hal ini merupakan langkah dunia pendidikan terbaik bagi anak-anak Indonesia. Apakah si pembuat kurikulum dan juga pengajar tidak memposisikan diri sebagai siswa ketika melakukan hal tersebut. Bahkan ketika saya kuliah pun tak pernah saya membawa PR sebanyak itu. Luar biasa….entah hebat atau kejam atau apalah.

Rentetan peristiwa tersebut, mengingatkan saya pada konsep home schooling yang setahun lalu sempat saya cari literature mengenainya. Dan mengingat home schooling, saya teringat HS asuhan Kak Seto. Setelah mendapat nomor telepon dari internet, pagi-pagi saya menelepon dan membuat janji untuk bertemu untuk membicarakan prospek home schooling bagi Lizzy. Tak berapa lama saya berangkat ke HS Kak Seto di Perumahan Cirendeu Permai. Lokasinya mudah dijangkau, setelah memasuki Tol Pasar Rebo lalu keluar di Tol Pondok Indah, kemudian belok ke kiri menuju arah Pasar Jumat dan melalui underpass. Perumahan Cirendeu terletak tak jauh dari under pass, di sebelah kiri jalan. Disana saya ditemui oleh Dea, salah satu pengasuh HSKS. Ia menjelaskan berbagai aspek home schooling, termasuk aspek legalitas yang sudah diakui oleh Undang-undang di negeri ini dengan merujuk UU 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sementara kurikulum HSKS mengacu kepada Peraturan Mendiknas No. 23/2006 tentang Standar Kompetensi Kelulusan, yang disajikan sedemikian rupa sehingga peserta dapat mengikuti proses pembelajaran dengan cara yang menyenangkan.

HSKS menyediakan dua tipe Home Schooling, yaitu komunitas dan distance learning. Komunitas merupakan pembelajaran dengan mengikuti kelas 3 kali seminggu di HSKS, dengan tutor yang disediakan oleh HSKS. Sementara distance learning yaitu pola home schooling dimana peserta belajar di rumah dengan modul yang disediakan HSKS. Pada pola ini peran orang tua sebagai tutor berpengaruh banyak. Namun demikian, orang tua dapat juga memanggil tutor ke rumah bila hal tersebut diperlukan peserta, dengan dikenakan biaya tambahan.

Dalam operasinya, HSKS mengenakan biaya kepada peserta sbb,

HS Komunitas

Tingkatan

Uang Pangkal (Rp)

SPP/bulan (Rp)

Uang Kegiatan/   Semester (Rp)

SD Kelas 1,2,3

9.500.000

600.000

2.800.000

SD Kelas 4,5,6

6.500.000

600.000

2.800.000

SMP Kelas 1

9.500.000

850.000

3.300.000

SMP Kelas 2,3

6.500.000

850.000

3.300.000

SMU Kelas 1

9.500.000

850.000

3.300.000

SMU Kelas 2,3

6.500.000

850.000

3.300.000

HS Distance Learning

Wilayah

Uang Pangkal (Rp)

Uang Member/ semester (Rp)

Jabodetabek

2.700.000

1.300.000

Luar Jabodetabek

2.700.000

1.500.000

Biaya tutor ke rumah bagi program distance learning (tidak wajib/bila merasa diperlukan)

Tingkatan

1XSeminggu

2XSeminggu

3XSeminggu

SD

420.000

740.000

980.000

SMP

460.000

820.000

1.100.000

SMA

500.000

900.000

1.220.000

Program tutor disesuaikan dengan kebutuhan peserta (waktu, tempat, mata pelajaran, jadwal)

Untuk info lebih lanjut HSKS berada di Jalan Taman Cirendeu Permai No. 13, Perumahan Cirendeu Permai, Tangerang 15419 Tel. 021-75907110; 70757386

Tapi rencananya minggu ini masih berburu program Home Schooling lainnya sebagai pembanding. Kalo gak salah ada HS Berkemas di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. HS ini relatif lebih murah, sekitar 500 ribuan.

Responses

  1. Di banjarmasin ada g hs, tank’s ya, infox sngat brmanfaat

  2. HOMESCHOOLING KAK SETO
    (belajar dapat di lakukan kapan saja,dimana saja dan dengan siapa saja)
    Alamat: jln taman makam bahagia ABRI no 3a rt 001 rw 04
    Parigi lama pondok aren tangerang selatan 15227
    Tlp: (021) 7458942 ,7451183. ,7451184 ,70757386
    Website: http://www.homescoolingkakseto.sch.id
    Program hsks ada 2: komunitas dan distance learning(jarak jauh)
    Untuk distance learning,banyak di ikuti oleh homeschooler yg tinggal di manapun,ada juga yg tinggal di luar negeri..
    Untuk info lbh lengkpa,hubungin aja sekolahnya langsung..
    Wasalam..
    Orang tua murid hsks

  3. Alhamdulillah,sejak kelas 4 masuk hsks..anak saya jauh lebih happy..
    Belajar sesuai keinginan dan bs lbh banyak explore bakat dan minatnya..
    Anak saya ikut HSKS pusat program distance learning(jarak jauh)..siapapun yg tertarik masuk hsks,dan tidak tinggal di jakarta.Bisa ambil program ini.Biaya juga sangat terjangkau,tidak ada iuran bulanan..cuma bayar uang pangkal dan uang semester..Anak tidak harus datang ke sekolah,ada outing setiap satu bulan sekali..untuk soal pembiayaan di hsks,lbh fleksibel..
    Saat ini anak saya udah di kls 7(kelas 1 smp)..belajar lbh nyaman,bisa di manapun dan kapanpun.Bisa bebas juga mau main sm ayahnya yg kerja di LN(irak)..pas ayahnya libur,pulang ke Indonesia..banyak waktu yg bisa terpakai untuk ketemu dan jalan2 sm ayahnya..kebayang kl sekolah biasa,pas anaknya libur,bapaknya kerja…kadang bapaknya libur,anak sibuk sekolah..yang pasti dengan home schooling,anak tidak terbebani dengan sistem di sekolah terdahulu..banyak pr,hampir tiap hari,beban dr tuntutan sekolah untuk bisa pintar semua mata pelajaran..Pdhl Tuhan menciptakan manusia dengan segala kelebihan dan kekurangan…..
    Terima ksh kak seto,dan semua home schooling lainnya..yg sudah memberi alternatif pilihan sekolah..Yang bisa membuat anak belajar dengan happy dan membuat bakatnya lbh mudah di kembangkan…..
    Jangan ragu ragu buat masuk home schooling,kl anak anda tidak nyaman di sekolah biasa dan bermasalah di sana…Sekolah/belajar untuk mendapatkan ilmu dan wawasan bisa di mana saja dan kapan saja..Apalagi teknologi sudah luar biasa canggih…Nmr satu buat kita..YANG PENTING ANAK ANAK KITA BAHAGIA…

  4. Salam kenal,

    Mohon informasinya untuk Home schooling anak saya di kota Makassar. Kelas 2 dan 6 sd. Terima kasih.

    Salam,
    Benny

    • HOMESCHOOLING KAK SETO
      (belajar dapat di lakukan kapan saja,dimana saja dan dengan siapa saja)
      Alamat: jln taman makam bahagia ABRI no 3a rt 001 rw 04
      Parigi lama pondok aren tangerang selatan 15227
      Tlp: (021) 7458942 ,7451183. ,7451184 ,70757386
      Website: http://www.homescoolingkakseto.sch.id
      Program hsks ada 2: komunitas dan distance learning(jarak jauh)
      Untuk distance learning,banyak di ikuti oleh homeschooler yg tinggal di manapun,ada juga yg tinggal di luar negeri..
      Untuk info lbh lengkpa,hubungin aja sekolahnya langsung..
      Wasalam..
      Orang tua murid hsks

  5. Bisa kirim via email/surel tentang home schooling, krn saat ini saya butuh info banyak soal hal tersebut diatas, selain itu apa kekurangan dari home schooling?

    -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶’

  6. no telpon yang tertera berulangkali dihubungi tapi tidak ada yang angkat. bagaimana cara berkomunikasi dengan pihak HCKS?
    Dan saya lihat semua pertanyaan tidak ada satupun yang dijawab.
    Apakah kita hanya berkomunikasi 1 arah? tolong diperhatikan, jangan malah bikin bingung n TOLONG CANTUMKAN NOMER TELPON YANG BISA DIHUBUNGI!!!

  7. Ini sekolah ya sangat menabjubkan karena banyak sekali teman saya yang banyak sekolah di sana begitu saya tau ternyata sangat bagus fasilitasnya

  8. Mohon informasi Home Schooling yg ada di daerah serpong, tangerang. Bisa hubungi saya di 08111334231 atau email ke ridwan.subrata@gmail.com. Thanks untuk bantuannya.

  9. Mohon informasi HS yg ada di daerah serpong, tangerang. Bisa hubungi saya di 08111334231 atau email ke ridwan.subrata@gmail.com. Thanks

  10. Kalau homeschooling di banyuwangi ada gak kak???butuh banget…
    Tolong direspon ya kak
    thanks.

  11. Salam kenal di depok kami mendirikan homeschooling alam.di Home Schooling Alam terdapat 3 pilihan program belajar.
    tutorial : 1 siswa = 1 guru biasanya untuk siswa yg memiliki program kaselerasi atau siswa berkebutuhan khusus.
    Klasikal siswa dtg kekomunitas sepakn 3x belajar bersama teman-teman
    Mandiri:belajar jarak jauh
    Alamat homeschooling Alam
    Jln.Tanah Baru Raya
    Gg.Gurudaiyah No.55
    Rt 04 Rw 06
    Tanah Baru, Beji, Depok
    940 15517
    081318115621
    087878399777
    Pin bb 2A733708

  12. Aku di makassar ,pengen tahu syarat2 n ketentuan bagi anak yang di makassar,terima kaSih

  13. Воlзн Mta alamat HS di Semarang?

  14. saya ingin mnanyakan bagaimana saya mndapatkan fasilitas yg baik shingga anak sy mnptkan pljran sm sprti d skolah sdangkan ayahnya bkrja kluar kota terus alias tdk mnetap bgmn sy harus mnsiasatinya adakah hs bisa mnyesuaikan tmpat dmn kami tinggal dan jg kondisi keuangan kami?smntara kami ingin anak kami terus brsma sama namun dpt jg brskolah,trima kasih

  15. senang sekali baca ulasan mas,anak saya bergabung dengan HS kak Seto tahun ajaran 2012-2013 ini. Saya pikir biaya yang ditetapkan cukup sepadan dengan manfaat yang diperoleh anak kita.Karena biaya tersebut sudah mencakup modul,panduan siswa/homeschooler, panduan pembuatan portofolio ( untuk tugas setiap bulannya),kegiatan project class,outing dll.

    sama seperti orang tua lainnya, saya jg merasakan kekhawatiran pada kurikulum pendidikan formal yang begitu padat, membebani, dan memaksa anak-anak kita untuk menelan semua yang diberikan oleh guru mereka tanpa memberikan kesempatan pada anak kita untuk mengeksplore bakatnya.

    paling tidak saat ini kita bisa merasa tenang memiliki pilihan dalam pendidikan anak-anak kita. Selain mengedepankan kebutuhan anak-anak kita,metode pembelajaran homeschooling menempatkan kita ( orang tua )
    sekaligus sebagai partner belajar dan guru yang ikut terlibat langsung menyusun kurikulum belajar anak-anak kita.

  16. yth kak bayu listiaji , seneng banget dapet info HS disini ?
    kira kira ada yang lebih murah dari ini gak ?
    mohon juga infonya HS di solo , jawa tengah dongg :D
    terimakasih

    • HS sebenarnya banyak, seperti “Berkemas” yg lebih murah, kalau di Solo ada seperti Homeschooling Primagama Solo beralamat di Jl. A Yani 159 Solo. Telp. 0271-8080691. Tks.

      • Iya berkemas dimana yah. Sata rindu dengan bu yahya ,beliau orang baik suka menolong juga tidak mahal. Terakhir saya kehilangan jejak. Beliau pindah kemana terakhir kuhp pasar minggu. Ada yg tau beluau gak

  17. Siang pak seto,

    Anak saya 7thn 3bln, dengan kondisi. Adhd , terlambat bicara , kesulitan komunikasi dan belajar ,

    Bisa tolong dibantu beri ada info tutor kerumah ? Dan bagi info saya di jakarta barat daerah cengkareng,

    Ditunggu ya pak,

  18. Home schooling Kak seto Sudah ada dilombok,

  19. Assalamualaikum wr wb.. Kak seto.. Saya punya putera usia 5 thn yg terlambat bicara & kemampuan belajarnya kurang, apakah homeschooling menyediakan pengajar untuk anak2 seperti anak saya, mohon infonya.. Terimakasih.. Wassalamualaikum wr wb..

  20. pagi.. mau menanyakan apabila nanti kelas 2 sma mengikuti HSKS unt lokasi pegangsaan belakang kelapa gading bagaimana ? terus terang cari yang beaya ringan , menyesuaikan dengan keadaan ekonomi…karena kegiatan Olah raga banyak jadi stop sekolah formal…mohon info…via email aja. terima kasih banyak

  21. assalamualaikum Wr. Wb
    kak Seto
    mohon bantuan informasinya tentang bagaimana cara membuat HS, dan apakah bisa dikombinasikan dengan sekolah regular ?
    terima kasih
    wassalamualaikum Wr. Wb

  22. Dear kak seto ,mohon informasinya tentang biaya ,tempat ,dan prosedur pembelajaran HS ,thanks before

  23. Pernah denger katanya HS itu gratis…
    Ternyata ngga ya..??

    Untuk yg sama sekali tidak sekolah sma bisa ngga..?
    Thx before

  24. Kalo saya mw hs. Brapa ya?
    Yg d atas kurang jelas.

  25. salam kenal pak bayu..saya esa,ibu dua anak. Saat ini mereka masih berumur 2,5 thn n 1 thn.saya sedang mencari referensi untuk homeschooling.boleh bagi pengalaman,tips n cerita anda?supaya kami bisa memilih yang terbaik untuk anak anak?sebelumnya saya ucapkan terimakasih

  26. Mohon informasi HS yg ada di daerah serpong, tangerang. Bisa hubungi saya di 08111334231

    tolong email juga ke ; ridwan.subrata@gmail.com

    thks

  27. Saya tertarik dengan cerita sdr Listiaji, dimana anak dibebankan dengan pelajaran dan PR di sekolah. Kalau boleh minta info untuk HS yang di daerah Pasar Minggu (kaarena saya tinggal di Kalibata). Sekiranya dapat berbagi alamat tersebut. Terimakasih

  28. Mohon informasi tentang HS di daerah depok ada gak ? atw ‎​ƍαќ yg paling dekat dgn depok..

    Tlg email ke mellania_laura@yahoo.com

    makasih…

  29. Mohon informasi HS yg ada di daerah serpong, tangerang.

    tolong email ke ; ridwan.subrata@gmail.com

    thks

  30. saya tertarik dengan HS, saat ini saya menetap di bali, apa ada nomor telepon dan alamat nya ya?
    saat ini anak saya, umur 13 tahun, sedang bersekolah di sekolah swasta dan akhir2 ini dia bosan ke sekolah karena alasan banyak orang dan suntuk di kelas karena jumlah nya 50 orang’an.. ingin menyekolahkan nya di sekolah national plus atau international, biaya tidak cukup , apalagi saya sedang dilanda masalah.
    terimakasih
    jenn

  31. homescooling kak seto didaerah palangkaraya-kalteng dimana ya tempatnya ? balas dong
    soalnya saya lagi mau nyari homescooling, mau ngedaftar juga . Trims’

    • saya senang di home schooling kak seto saya kelas 4 sd saya pernah di ancam oleh guru saya dia galak sekali ibu saya coba di homeschooling kak seto semarang

  32. Sekarang sudah ada Homescooling yang lebih murah dan sangat terjangkau serta sudah tersebar diseluruh Nusantara yaitu Homescooling Gafatar sebagai solusi untuk pendidikan anak bangsa.Trim.!

  33. silakan bagi pembaca di sini melakukan perbandingan dan penyelaman ttg makna homeschooling agar tidak rancu dengan bimbingan belajar/pusat pendidikan informal seperti kursus. Anak saya HS, tidak membayar ke siapapun…

    • bisa minta informasi anak Ibu Maya HS nya dimana atau ikut komunitas apa ? apa saja yang perlu disiapkan orang tua agar program HS bisa berjalan dengan lancar dan efektif sebagai pengganti sekolah umum ? tantangan apa yang biasanya ditemui dan menjadi kendala dari proses pembelajaran dengan HS ? anak saya kelas 4 sd RSBI dan mengalami kesulitan untuk mencapai nilai KKM dan kekurangan waktu untuk melakukan pengulangan pelajaran.

  34. terima kasih kak, atas informasinya yang sangat bermanfaat….

  35. Bisa minta no yg bs dihubungi

  36. Mohon informasi / brosur pelaksanaan home scooling kak seto, mksh

  37. hks untuk anak pendidikan usia dini ada ga`…???
    truzz klu d pekanbaru alamat nya dimana???
    makasih sblum nya atas info nya,,

    • kalau di pekanbaruada di jalan protokolnya, jalan sudirman no 319 sebelum BNI…

  38. Saya tinggal di daerah jakarta timur, apakah bisa ikut HSKS tingkat smu kelas 1?

    • dimanapun adanya bisa aja ikut home schooling, hubungi saja penyedia layanan homeschooling yang sesuai, tidak hanya HSKS, tapi banyak home schooling lainnya yang bisa di search di internet.

      • Kalau yg di Jakarta Timur (Yang masih aktif) di mana ya?

  39. Saya minta no tlp HSKS atau tempat untuk konsultasi. Kak seto dong…..
    Saya memiliki ponakan berusia 9 tahun dan duduk di kelas 4 SD negeri di bekasi tp di sayangkan karena sangat d manja dan d asuh oleh kakek neneknya ponakan saya berkelakuan sprti anak kecil alhasil SDN pertama ponakan saya sekolah semua gurunya bilang kalo ponakan saya autis dan wajib sekolah d SLB. Saya aneh sekali karena ponakan saya sebenarnya cukup mengerti dan paham dgn semua materi karena saat dia TK sd SD kls 1 saya yg bertanggung jawab. Saya ingin membawa ponakan saya untuk berkonsultasi dgn kak seto. Mohon bantuannya semua

    • alamat dan telpon HSKS ada diatas. Silahkan hubungi langsung.

  40. homeschooling itu pas uan nanti gmn yah ?? seminggu 2x itu ud bgs yahh ?

  41. Apa ada HSKS di daerah Jember (besuki), jawa timur, jika ada boleh saya minta alamatnya?

  42. Tolong tanya, apakah ada HSKS di daerah Serpong?
    Apakah ada HSKS untuk anak-anak berkebutuhan khusus?
    Terimakasih sebelumnya..

    • Pak Sammy, sdh dapat HS di Serpong ? Mohon share ke saya di 08111334231 dgn Ridwan. Thks

  43. TS msh aktif gak ya? Mau tanya emailnya kak seto tau gak pak? Ada pengaduan yg pnting yang ingin saya sampaikan pada kak seto. Sekiranya kalau ada tolong kirim via email saya praztafara@gmail.com terima kasih

  44. kalo HSKS di bogor dmana ya?
    ada lowongan staf pengajar ga? mohon infonya

  45. mohon infonya hsks d cileungsi bogor

  46. anak sy ingin msk hsks utk smu klas 2 bs gak? sebenarnya dia tdk naik klas 2 di sma swasta, krn jarang masuk skolah (krg lbh 5 bln) semua ini efek dr bullying, sehingga dia lbh senang membolos drpd skolah n masuk skolah hanya kalau ada ulum atau ujian saja. tq

    • bapak david : Kami mungkin bisa membantu bapak, silahkan datang ke kampus kami di Sidosermo Airdas kav A-7 surabaya atau telp ke no 031-8473116

  47. HSKS bukan diasuh oleh Kak Seto, tapi oleh manajemen HSKS sendiri. Masing2 franchise adalah independen. Biaya yang dipungut relatif bagi setiap orang. Komunitas Homeschooling yang telah menjadi acuan bagi seluruh Indonesia adalah AsahPena Tangerang Selatan, dalam hal ini Pelangi Homeschooling dan Komunitas Semut (www semutindonesia dot com) karenan menyediakan pelayanan ujian akhir bagi setiap tingkatan satuan pendidikan SD, SMP, SMA IPA IPS. Kelompok pendidikan dasar dan lanjutan ini juga menerima berbagai ragam strata sosial ekonomi karena memiliki prinsip pelayanan Pelangi (Kristen) dan Semut (Islam) walau tidak ada dikotomi dalam pemilihan pelayanan, sebab adanya EFA (education for all) yang dicetuskan oleh Unicef. Dapat menghubungi 021-44271071, Jakarta Pusat.

  48. kalau untuk Homeschooling Kak Seto surabaya silahkan langsung datang ke Sidosermo Airdas Kav A-7 Surabaya dengan no telp 031-8473116

  49. Mohon info HS di jogjakarta

    • ada tuh Home Schooling Primagama di homeschooling-primagama.com/

  50. mohon info alamat penyelenggara HS dong, khususnya wilayah jakarta selatan….*_*

    • @iis: hubungi alamat diatas.

  51. home scholing tu tu

  52. mahal bgt mass memang nya gg ada yg lebih murah lgi yaa rumah saya dibekasi

  53. Saya sudah melihat ke kantor cabang HSKS di Medan, Saat ini saya berdomisili di Medan, tetapi akan segera pindah ke Bali. Sebaiknya saya mendaftar lewat cabang Medan atau langsung ke HSKS di Jkt? Anak saya akan mendaftar di SMP kls 1. Thanks atas info dan sarannya.

  54. saya ingin mencari tahu tntang program sperti apa saja yang d tawarkan di Home Schooling ini. apakah guru yang datang k rumahnya, sebaliknya, atau ada yang lain. saya juga ingin minta informasi tentang Home Schooling sekitar Jakarta Barat.
    tolong d bantu secepatnya ya, thx..

    Yohan..

  55. yth kakak seto,
    cucu sy tinggal di dumai, riau dia berumur 7 th, dia kesulitan untuk komunikasi dan sosialisasi dengan sesama teman di sekolah. baru2 ini di keroyok. mohon bantuan pemikiran ataupun ide untuk home schooling. apa ada untuk daerah riau ?

  56. [...] HOME SCHOOLING KAK SETO: CARA SEKOLAH YANG MUDAH, MURAH DAN MERIAH March 2009 66 comments [...]

  57. terimakasih infonya ya….sangat bermanfaat untuk saya..krn ke-2 anak saya saat ini minta di pindahkan sekolahnya di Bekasi bersama Neneknya karena menurut mereka pelajarannya terlalu mudah dan memang sering kali jadwal pelajaran yg diberikan di sekolah berlainan dgn materi pelajaran pada hari yg bersangkutan…( kami tinggal di Alor – NTT ) jadi saya melihat mereka tidak ada motivasi untuk sekolah…sebelumnya mereka sekolah di Bekasi dan mereka memiliki motivasi yg tinggi untuk sekolah dan belajar…mereka semangat bila mendengar kata ‘belajar’ dan ‘sekolah’…tapi sy merasa beraaaaat kalau harus berpisah dgn mereka…..tp di sisi lain saya jg tdk ingin mereka tertinggal dalam sisi pendidikan…apalagi mematahkan semangat belajar mereka……jadi saya berencana memberikan pilihan HS jarak jauh bagi mereka……tapi tentu saya harus memperkenalkan terlebih dahulu ttg HS kpd mereka…seandainya mereka tertarik,maka HS jarak jauh adalah pilihan bagi mereka….. terimakasih banyak

  58. saya ingin mengetahui bagaimana cara mengikutin HS ? anak saya berumur 3 th tahun depan akan masuk TK jika sy mengambil program HS trus pada saat smp sy masukkan dlm sekolah formal bisa nggak ?untuk daerah Jambi, HS schooling ada dimana ? apakah tetap mengambil HS dr jakarta ? trus gimana ujiannya ? Thanks. Sy tunggu balasannya.

  59. mohon informasi home scholling kak seto di bogor sdh ada/belum?

  60. Wah, mahal banget yah :(.
    Ada yg lebih murah ga ya.

    • banyak kok yang murah, seperti Berkems Home Schooling dll .. surfing aja di internet …

  61. Salam kenal, Mas Bayu.

    Thank you Mas sudah mau sharing info yang cukup lengkap tentang Home Schooling Kak Seto. Melihat padatnya kurikulum di Indonesia sekarang bagi anak-anak kita memang lebih banyak membebani daripada mengembangkan potensi anak seutuhnya.

    Dari komentar-komentar yang masuk, sepertinya banyak orangtua yang sedang mempertimbangkan HS ini untuk pendidikan anak-anaknya. Hanya sayangnya, banyak pembaca yang tidak teliti dan mengira Mas Bayu selaku penulis artikel ini sebagai Kak Seto dan langsung saja ingin minta konsultasi lebih lanjut. Agak prihatin juga melihat banyak pencari info yang kurang tepat sasaran dalam bertanya, padahal sudah diberikan alamat dan no telp HSKS ybs untuk kontak langsung.

    Bagaimana sekarang apakah anak Mas Bayu sudah masuk HS? Semoga sukses ya. Salam.

    • Salam kenal juga. Iya nih saya jadi serasa Kak Seto, padahal namanya aja udah Catatan BayuListiaji bukan Catatan Kak Seto. Nomor telepon juga udah lengkap ya. Mungkin bacanya kurang teliti ya.

  62. Yth: ka seto

    Ass.wr.wb
    Anak sy laki2 umurnya 3,5thn tetapi tdk mau sekolah pdhl sbenarnya dia sudah waktunya playgroup anak sy ini termasuk anak yg aktif dan ga bisa diam. Sy bingung ka. Krn anak sy lbh senang main2 daripd belajar dan belajarnya jg tidak fokus.tp dia suka seni(musik,menyanyi.menggambar) sy mau tanya apakah dgn HS anak sy mau dan tertarik untuk belajar.sy mohon informasi HS di surabaya.terimakasih

  63. boleh tau apa aja yg kurang dari hsks? n kalo info pasar minggu tolong dikabarin ya

    • kekurangan HS tentu dari sisi pergaulan, bila tidak diarahkan dengan tepat akan menjadi anak yang “kurang gaul” dan tentu memerlukan perhatian dan kedisiplinan orang tua sebagai pengganti guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang disiplin dan terarah.

  64. Biayanya besar sekali y? Apakah biaya itu memang lazim di daerah Jabodetabek? Karena seumur-umur saya sekolah, di Jogjakarta, biaya spp saya SMA, yg notabene padahal sudah swasta, itu saja hanya setengah dari biaya SPP di tingkat SD untuk HS ini.
    Karena itulah saya merasa kaget, kok tinggi sekali biayanya. Mohon direspon. Terima kasih.

  65. bila ada yang ingin belajar bersama mendidik anak dengan cara homeschooling yang terjangkau silahkan membuka facebook kami nama homeschooling anakspesial atau hub email kami di homeschoolinganakspesial@gmail.com

  66. Alhamdulillah dulu ami juga bergabung dengan homeschooling berkemas pasar minggu..lalu karena faktor jarak..dan kesibukan…kami mendirikan sendiri komunitas homeschooling anakspesial di depok…yang biayanya relatif terjangkau oleh seluruh kalangan..modal utama di homeschooling ini bukan lah biaya yang besar namaun kesiapan orang tua untuk membimbing dan bekerjasama membimbing anak-anak mereka…kami dapat membuatkan modul dan kegiatan belajar bisa dilaksanakan dirumah bersama orang tua…

  67. SAYA TERTARIK IKUT HS KARENA SEKOLAH SEKARANG SUDAH SANGAT MEMBERATKAN BUAT ANAK.TUGAS MENUMPUK.WAKTU ISTIRAHAT,SANGAT BERKURANG.PULANG UDAH SORE,NGERJAIN TUGAS..BELUM LG WAKTU YG TIDAK FLEKSIBEL..KEBETULAN SUAMI SAYA TUGAS DI LUAR(IRAK)..YG KERJANYA ROTASI,6 MINGGU DISANA,3 MINGGU PULANG KE INDONESIA..KEBAYANG NGGAK,UDAH JARANG KETEMU AYAHNYA.PAS AYAHNYA LIBUR,ANAK SIBUK SM TUGAS YG MENUMPUK..SMG HS BISA MEMECAHKAN MASALAH ANAK SAYA(MAURICE EFROZA,KELAS 4 SD)

  68. kok homeschooling lebih mahal dari sekolah biasa padahal jam masuk ya lebih sedikit. apa ini komersialisai pendidikan saat ini. uhhh mahal ya rek

    • mungkin karena nama besar Kak Seto kali ya .. tapi HS kan banyak yang murah juga .. baik kurikulum dal;am negeri maupun luar negeri .. bisa dicari di internet ..

  69. kl di surabaya bagaimana? menghubungi nomor brp?

  70. Asslm wr.wb yth siapa saja yang mempunyai informasi, saya punya anak usia 17 thn dan skr sdh tidak sekolah krn saya bingung belum tau harus disekolahkan kemana. Anakku punya masalah agak terbelakang mental dengan katagori ringan dan hasil tes IQ 50, kalau melihat fisiknya dan saya tdk cerita menurut teman/kerabat dan orang yang baru kenal pun tidak menyangka ada kelainan alias tidak kelihatan dan komunikasi dengannya lancar tetapi untuk akademis sama sekali O sampai sekarang untuk membacapun masih terbata2. Oh ya untuk riwayat sekolah : 2 thn di TK, 7 thn di SD (6 bln di SLB) dan 3 thn di SL- Sekolah Alam Bandung (dengan didampingi helper). Demikian, semoga diantara Bpk/Ibu, kakak, adik ada yang punya info mohon di share ke saya via email rohyati63@gmail.com. Terima kasih

  71. HSKS untuk yang di jakarta ada di daerah mana ya lokasinya? saya rencananya SMA nanti mau pindah ke HSKS, rumah saya di Graha Hijau 2, Ciputat.

    • Nah tuh deket banget sama HSKS Pusat di Jalan Taman Cirendeu Permai No. 13, Perumahan Cirendeu Permai, Tangerang 15419 Tel. 021-75907110; 70757386

  72. Salam Kenal,

    Anak saya umur 2thn 10bln. Saat ini anak saya sudah sekolah Playgroup, sebelumnya di Toddler anak saya masih mau belajar (trace letter/number, and drawing) tapi begitu naik ke Playgroup ini keinginan u/belajar menurun, saya tidak tau apakah krn dikelas siswany bertambah (semula 12 jadi 22) dia terlihat uring2an dan malah gak mau belajar sama sekali.

    Dulu saya pernah mengikutinya test finger prints, hasilnya anak saya tergolong super aktif dan harus sekolah di sekolah yang tidak mengikuti kurikulum sekolah (dlm arti dikelas hanya beberapa murid dan pola pengajaran kl anak sudah mengerti benar baru ganti bab tidak diburu waktu u/menyelesaikan pelajaran per bab)

    Saya bermaksud mau berkonsultasi dgn psikolog dan mencari info re.: sekolah kak seto di sekitar bekasi (ada tidak ya lokasi yang dekat dgn bekasi?) Mohon info dari teman2.

    Terimakasih.

  73. saya di Cilacap. anak saya menurut psikolog adalah anak bonderline dan cocoknya untuk home schooling minta kejalasannya

  74. Tdk ada yg bertindak ketika kunci jawaban UN diperjual belikan!!! mengajarkan anak2 pembohong, pengecut dgn mendukung murid2nya membeli kunci jawaban UN, setiap harinya anak2 santai2 saja tdk perlu belajar, yg penting saat ujian nasional beli kunci jawaban titik, bisa masuk SMA favorit, parah!!! yg tdk beli sptnya bodoh, pdhl blm tentu… :(
    Di Jkt lulusan SMP dgn nilai UN 9koma sekian, wah bayak sekali….. lihat saja di seleksi masuk SMA ini nyata atau?? Hebat sekali negara ini murid2nya pintar2 semua. Berhasil atau semakin bobrok??!!

    Apakah paket C di Homeschooling nanti jg hrs mengikuti UN saat kelulusan SMA spt SMP?

    Mau dibawa kemana masa depan Indonesia ini?

    Kalau Homeschooling tdk mengharuskan ikut ujian nasional hanya ujian kesetaraan, hebat!
    Ayo beramai2 semua orang tua beralih ke Homeschooling!!!

    • Saya setuju dgn pendapat mbk Yana,,,itu sebabnya saya tertarik untuk mengambil program Homeschooling…

      Creativitas anak saya mati disebabkan tuntutan sekolah menjadi anak pintar harus pintar semua mata pelajaran… padahal anak saya memiliki bakat seni yang sekarang harus saya bangkitkan lagi semangatnya yang mati karena gurunya hanya menganggap apa yang dilakukaknnya selam ini hanya hobi semata,,bukan cita-cita (anak saya sukanya menggambar dan menyanyi).

      Saya tidak ingin anak saya menjadi korban seperti yang pernah saya alami,,, dianggap anak bodoh karena hanya suka mata pelajaran seni… Home schooling adalah pilihan bijaksana buat pengembanagan kreativitas anak, dan saya yakin anak-anak akan lebih jujur karena mereka tidak dipaksa untuk melakukan apa yang mereka tidak suka.

      Salam

  75. Sy Ibu 3 anak, awalnya anak2 sy cerdas n aktif, namun sy bercerai dgn swami sy. Pihak sekolah bukannya iba , prihatin dan memaklumi anak2 sy, malah mereka ikut mengucilkan anak2 sy. Sy kecewa skali dgn skolah formal itu.

    Anak sy skrg tidak aktif lg dan malas belajar. Sy niat memasukkan anak2 sy di HS, tp biaya utk 3 anak mahal skali ya ? apa bs nego ? karena sy single parent dan tidak dberi tunjangan sm skali. Dan bgmn mengenai ijasahnya ? Apa lulusan HS bs di terima di skolah formal smp atau sma ? Trima kasih.

  76. apakah ada HS di Yogyakarta? anak saya mengalami kesulitan konsentrasi ketika belajar. dia byk tertinggal dlm berbagai mata pelajaran shg lama2 membuatnya makin malas belajar. apakah HS bisa mjd solusi untuk anak saya?

  77. apakah kak seto ada home schooling untuk anak autis?

  78. kok, home schooling mahal ya???????

  79. Assalamu’alaikum, Kak seto,

    Saya mau menanyakan mengenai HS, saya bertempat tinggal Di Papua Timika, bagaimana caranya anak bisa HS, mohon penjelasannya

    salam,
    KURNIAH Najamuddin
    Kuala Kencana Timika Papua

  80. Yth: Kak Seto

    saya butuh sekali info lengkap mengenao HS ini..saya tdk mengerti mengenai biaya yg di tulis diatas..bisa hubungi saya??? lokasi saya di bekasi timur.. thxs kak seto

  81. Yth; Kak-Seto KPAI

    Kami dari Forum Generasi Muda Aswaja Kabupaten Mojokerto Jawa Timur
    Mohon dikirim panduan UU tentang KPAI, Generasi Muda Aswaja akan membuat cafe pembelajar untuk referensi kegiatan tsb. mohon kirim ke alamat email;generasimuda_aswaja@yahoo.com

    Wallohul Muwaffiq Ilaa aqwamit Thorieq
    Selamat Belajar-Berjuang dan Bertaqwa

  82. saya Yunus, mohon kirim alamat web, email, alamat kantor Kak Seto KPAI, ke alamat saya mas.yuns@gmail.com. Trims

  83. boleh diminta pendapatnya,, sy melihat untuk HS ini dari tingkat exlusivitas nya, diperuntukkan untuk kalangan ekonomi sangat menengah keatas?

    mengapa demikain?

    lantas apa kita harus menutup sebelah mata kita untuk pendidkan anak lainya yg tak mampu ber – HS’ an?

    bgm?

  84. asalamualaikum wr. wb K’ seto
    saya rizma dari jaksel mau bertanya tentang kegiatan home scoolling, dan saya ingin bisa bergabung, kira2 apa ada kegiatan home scoolling di daerah depok, karna biar bisa lebih dekat dari tempat saya. mohon petunjuk dan apa saja persyaratan nya. Terimakasih

  85. yth Ka Seto
    anak sy lulus smp,dan mau msk HSKS u smu nya..mohon penjelasannya….langkah apa yg sy hrs sy lakukan u memulainya….sy tdk mengerti cara2nya u masukan anak sy di sma HSKS.
    mohon diberi penjelasan balik ke email sy…sebelumnya sy ucapkan trima ksh.

  86. anak saya kelas ahir di HSKS, sebentar lagi akan UN, sy ingin berikan input demi kemajuan HSKS
    1) pelajarannya sangat santai,materinya terlalu mudah bila di banding sekolah umumnya
    2) fieldtrip yang sifatnya nonton2 sebaiknya sedikit di kurangi
    3) menjelang UN sebaiknya tidak lagi terlalu banyak kegiatan bermainnya, karena waktu sekolah hanya 2x seminggu sementara materi UN cukup banyak
    4) pada ujian kesetaraan 2009 kemarin, jumlah peserta HSKS yang lulus kan hanya sedikit,mohon untuk diperhatikan
    5) petugas keuangannya koq susah ya di temui
    6)u/kak seto mungkin ada baiknya mendrill karyawan dan guru karena sering skali bila menyampaikan informasi suka berbeda atau terlalu kaku untuk suatu hal sepele, misal saat bagi raport, orang tua murid harus menunggu jadwal bagi raport yang jam 10,padahal yg antri sdh banyak sementara waktu hanya kurang 3 menit,kenapa tidak fleksibel saja? padahal acara parenting yang diadakan di aula sudah molor 30’…
    terima kasih…semua ini demi kemajuan HSKS

  87. yth.Kak Seto, kalau sekolah level High School di HS Kak Seto apakah ijazahnya berupa ijazah Kejar Paket C atau Ijazah SMA, mohon penjelasan dan informasi lengkapnya mengenai HS SMA Kak Seto, mohon lengkapya, kalau bisa masuk e-mail saya ya Kak toloooong ya Kak
    Matur nuwun

  88. yth ka seto
    saya mempunyai anak kelas 2 smp yang mempunyai kesulitan dalam belajar sehingga dalam setahun ini dia benar2 tidak dapat konsentrasi dalam belajar karena selain tidak cocok dengan guru2 nya dia pun susah melepaskan diri dari lingkungan yang selalu mengajaknya bermain. apakah dengan home schooling yang ka seto terapkan dapat membantu kesulitan anak saya sehingga dia merasa nyaman dan senang dengan pelajarannya. terimakasih

  89. mahal bgt iaa.. ktanya murah meriah?

    • yaaa bener katanya murah ternyata mahal juga yaaa…. yaaa saya rasa saya tidakkk memungkinkan utkkk anak2 yg kurang mampu. dan benerr ternyata khusus utk org yg mampuu dan artiss tuchhh

      • @Hamba Allah: HSKS merupakan salah satu penyelenggara home schooling di Indonesia saja. Masih banyak penyelenggara HS yang tarifnya jauh lebih murah, kalo gak salah Berkemas dll. Saya mengangkat HSKS, karena pengalaman pribadi waktu itu yang sedang berkunjung ke HSKS, jadi hanya menuangkan pengalaman pribadi saja. Oh ya, ka;au mau lebih kreatif lagi, bisa searching di internet, malah banyak penyelenggara HS yang menyediakan kurikulum gratis, mulai HS yang lebih ke pendekatan Islam, atau pendekatan Amerika dll. Pilihan untuk HS sangat luas, jauh lebih luas dari sekolah konvensional. Saya rasa HSKS menjadi mahal, karena mereka tidak melepas ke HS yang murni dimana pendidikan anak benar2 dilepas ke orang tua, tapi mereka juga memberikan bimbingan berkala, walau tidak setiap hari, selain nama Kak Seto sendiri yang mungkin juga mengangkat harga. Tapi pilihan selalu ada, dan jangan letih untuk terus searching kurikulum yang sesuai untuk putra putri Anda.

  90. Main ke tempat kita ya…kalo di komunitas The HomeSchool pake acuan kurikulum international (ICGSE) jadi dari tingkat Primary School udah full English sebagai bahasa pengantar.

  91. Minimal umur berapa bisa belajar di HS?

    • Umur sesuai dengan kemampuan si anak didik. karena HS dapat dilakukan mulai dari TK hingga SMA.

  92. dan biaya tutor tu apa?

  93. harganya dah pas ya gk bisa kurang?

    • Ada juga sih yang lebih murah, ada di daerah pasar minggu, namanya BERKEMAS, alamatnya
      Sekretariat Komunitas Homeschooling BERKEMAS Jl. AUP Gg. H. Mesir II Rt. 002/10 No. 28, Pasar Minggu – Jkt 12520. Telp. 78839571

      http://homeschoolingberkemas.blogspot.com/

      atau bisa klik juga di http://www.sekolahrumah.com

      • semarang?

  94. kak saya ibu dari seorang anak yang berusia 2tahun dan seorang guru sd tetapi saya menginginkan anak saya untuk home schooling bagaimana caranya? TOLONG BERITAHU CARANYA> terimakasih

    • untuk kurikulum contact aja nomor yang ada di artikel di atas

  95. Aswb, saya berdomisili d MAkassar.. Saya py teman d bandung & luar biasa skali, anaknya yg berumur 5th ternyata sdh kelas 3SD berkat HSKS. Mohon info APAKAH ADA HSKS diMAKASSAR ? Saya benar2 menunggu kabar baiknyam trims, wassalam.. Mhn info ke email sy atw ke 0811444772

  96. Anak saya usia 4,5 dan 2 thn.yg tertua sdh bs. Huruf,warna,bentuk dan matematika dasar sjk usia 2 thn
    Saat sy sekolahkan di dkt rmh yg berbasis agama,dia agak bosan krn yg diajarkan o/gurunya sdh dia kuasai materinya
    Saat sy diskusi dgn gurunya agar dia dimasukkan ke level diatasnya,gurunya tdk setuju dgn alasan
    Tdk cocok dgn usiany.pdhl kalo si anak mampu hrsnya tdk perlu melihat usia kan?
    Saya ingin tau apakah program HS bs mendukung anak saya?

    • Thank untuk Ibu Diah yang telah berkinjung ke blog saya. Tentang menaikkan level ke atas memang sering menjadi kehendak bagi sebagian orang tua agar anaknya di usia yang dini dapat menyelesaikan jenjang pendidikannya lebih cepat dari anak sebayanya. Tapi karena program pendidikan reguler sudah terprogram, biasanya hal tersebut memiliki dampak buruk. Pada awal kelas 1 dan 2 SD, prestasi anak tampaknya lebih mengagumkan, namun dengan melihat beberapa kasus dengan diskusi sejumlah orang tua murid dan guru, anak tersebut pada kelas 3 dan seterusnya akan mengalami penurunan prestasi baik bertahap maupun seketika. Sayangnya hal itu tak terkait dengan kecerdasan anak didik, namun lebih pada ketidaksiapan emosional anak yang merasa bosan dan jenuh, sehingga tidak memiliki ketertarikan pada pelajaran yang ada. Pada beberapa kasus yang pernah saya diskusikan malah pada masa kuliah dapat putus kuliah karena jenuh dan lebih tertarik pada permainan anak-anak. Mungkin HS dapat menjadi solusi, untuk lebih teknisnya, Anda dapat menghubungi HS-HS yang sudah ada untuk mendiskusikan program yang lebih tepat untuk individu anak Ibu, karena tidak semua HS mempunyai kecocokan dengan anak Ibu.

      • Setuju sekali dengan pendapat ini. Saya pribadi sangat sedih, sedihhh sekali membaca komentar2 yg “bingung/resah” krn anak2 balitanya gak mau sekolah atau susah disuruh sekolah. Ayah & bunda… yg dibutuhkan anak2 balita kalian adl bermain bermain bermain dan bermain dan bersenang2 bukan penuh tekanan mata pelajaran. Sikap ortu Indonesia memang hrs diubah.

  97. Anak tertua sy sdh kls 5 SD. Sy heran knp dia bilang semua pelajaran susah dimengerti walaupun sudah dijelaskan. Anak sy ini hanya suka menggambar sesuatu sesuai yg ada di pikirannya saat itu.Katanya itu lbh menyenangkan ketimbang memperhatikan guru didepan kelas.Apakah jika pendidikannya dia sy alihkan ke HS apakah kira2 bisa kena gak? Krn juga dia bilang anak sy suka takut klo mau bertanya lg apa yg tdk jelas.Apakah HS bisa jd solusi?

  98. saya seorang mahasiswi semester 3, saya sangat terkait dengan program HS tapi saya masih mempunyai sedikit pertanyaan yang mengganjal yaitu tentang apakah ada keterkaitan homescholling dengan BSNP?tolong berikan penjelasn dan komentarnya. terima kasih.

  99. Anak bungsu saya 3,5th agak alergi dengan sekolah (tk/apapun namanya) karena pernah dijahili temannya jadi maunya belajar sendiri atau sama saya.Di HS ini apa ada yang lokasinya dekat rumah/rcti jakbar karena saya juga harus berbagi waktu dengan 3 kakaknya, terus kurikulumnya mengacu ke umum/gmn?soalnya saya sendiri beragama muslim.TQ jwbnya

  100. untuk HSKS Semarang ada web site?kebetulan kami tinggal di Semarang..saat ini anak kami Jojo(3,5 thn)sekolah di sekolah karakter sejak umur 17 bln.bingung cari2 sekolah yg pas setelah lulus kindegarten nantinya krn semua sekolah menawarkan janji2 manis(dengan harga selangit tentunya..) thank’s :)

  101. HS di pekanbaru apakah sudah ada ? Trus untuk anak umur 2 th 9 bulan apakah ada? Ths.

  102. ass,wr,wb
    Sy sangat tertarik dgn program home schooling kak seto ini
    sy ibu dr Davina (5,6th), skrg kami berdomisili di ambon, sbnrnya anak sy sdh sekolah di SD negri tp sprtnya jauh dr standard, jdnya sy kasihan dgn anak sy klu nanti kami akan pindah lain kota lain propinsi krn dinas papanya yg berpindah2 tempat
    krn itu kami berharap bs sklh di home schooling kak seto ini agar anak sy dpt pendidikan yg terbaik
    krn itu tlg berikan informasi lengkapnya
    terimakasih

  103. SAYA MAU CARI INFO HOMESCHOOLING DIMAKASSAR ADA GA YA.ATAU ADA YG BISA DIHUBUNGI DIMKS WAKILNYA KAK SETO. KAMI SANGAT INGIN MINTA KEJELASAN MENGENAI HS KRN KAMI INGIN MEMASUKKAN ANAK KAMI KE HS.SELAMA INI DIA SKOLAH DIPONPES NON FORMAL.UMURNYA SDH 15THN,DIPONPES SDH 3,5THN.KAMI TUNGGU JAWABANNYA,TERIMAKASIH.

  104. Thanks buat infonya,sangat bermanfaat.

    • syukur deh kalo bermanfaat. Aye seneng deh hehehe

  105. Assalamualaikum w.w
    Saya sangat tertarik dengan program Home Schooling (HS), saya sekarang berdomisili di Kota Balikpapan, anak saya ( amanda ) berumur 6 tahun pada tgl 18 Juli kemaren, sekarang dia sedang bersekolah di International School grade 1, alhamdullillan bahasa inggris nya sudah lancar sekali, cuma karena ada sedikit masalah keuangan di keluarga kami, seperti nya agak kesulitan untuk melanjutkan sekolah disana, setelah saya baca tentang home schooling kak seto saya sangat tertarik, bagaimana cara kami untuk joint dengan program ini, apakah juga tersedia untuk modul dalam bahasa inggris karena anak saya agak kesulitan untuk mengikuti pelajaran dalam bahasa indonesia,
    hormat kami,

    orang tua, amanda

    • Untuk info lebih detail silahkan hubungi HS Kak Seto atau HS yang lain. Terima kasih atas pertanyaannya.

  106. Tema selanjutnya apa?Mas Bayu?

  107. tNYA HSKS WILAYAH SEMARANG ADA GAK?KALAU ADA DIMANA ALAMATNYA MAKASIH…

    • HSKS bisa dilakukan di semua wilayah, karena modul dikirimkan ke alamat ybs. Untuk lebih lanjutnya telp aja HSKS..

    • HSKS Kak Seto udah buka disemarang, launchingnya dilakukan pada tgl 03 Juni 2009.
      Alamat kami ada di Jl. Klenteng Sari I no 03, Tembalang, Semarang
      telp. 024 7475416
      atau untuk info lebih lanjut dapat menghubungi kak winda di no. 081326505323

      • Bahasan Home SChooling Kak Seto sangat bagus, saya sendiri akhirnya menyerah pada kurikulum yg diterapkan pada anak saya. Sungguh saya jadi stress gara-gara beban anak saya jadi luar biasa beratnya padahal anak-anak kan seharusnya di buat bahagia bukan di bebani dengan kurikulum yang berat. Kadang kurikulum tersebut dibuat untuk mengejar target sekolah bukan target anak. Jadi saya dan suami juga outuskan untuk menggunakan HSKS.

        Apa bapak punya info HSKS yang berlokasi di Jakarta Pusat ? dan bagaimana syarat bisa ikut program HSKS tersebut. Apa bisa HSKS dimulai ditengah semester spt bulan januari atau februari ?

        Salam, faria


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 86 pengikut lainnya.

