Oleh: listiaji | 6 April 2009

TEMPAT WISATA DI KAWASAN DIENG


Tempat Wisata

Keterangan

Kabupaten Wonosobo

Taman Plaza Wonosobo

Kabupaten Wonosobo merupakan salah satu bagian dari Propinsi Jawa Tengah yang terletak di lereng beberapa gunung dan pegunungan. Wilayah Wonosobo terletak di lereng Gunung Sindoro, Sumbing, Prahu, Bismo, dan di lereng pegunungan Telomoyo, Tampomas, serta Songgoriti. Luas wilayah Kabupaten Wonosobo adalah 984,68 Km persegi, terletak antara 7° 11° dan 7° 04° Lintang Selatan, 109° 43° dan 110° 04° Bujur Timur. Kabupaten Wonosobo berjarak 120 Km dari ibu kota Propinsi Jawa Tengah dan 520 Km dari ibu kota negara (Jakarta) dengan ketinggian berkisar antara 270 meter sampai dengan 2.250 meter di atas permukaan laut.

Secara hydrologis dan geologis Wonosobo memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar. Oleh karena letaknya di sekitar gunung berapi yang masih muda, maka kesuburan tanahnya amat tinggi. kesuburan tanah itu sangat berpengaruh terhadap potensi pertanian dan perkebunan di Wonosobo, sehingga pertanian dan perkebunan merupakan sumber penghasilan penting bagi Wonosobo.
Kabupaten Wonosobo mempunyai banyak obyek wisata, diantaranya Dataran Tinggi Dieng , Telaga Warna, Telaga Pengilon dan Gua Semar, Kawah Sikendang, Tuk Bimolukar, Agro Wisata Tambi, Telaga Menjer dan berbagai obyek wisata lainnya.
     Selain itu Wonosobo juga kaya akan budaya dan seni tradisional. Kesenian tradisional banyak dimanfaatkan untuk lebih banyak menarik wisatawan, khususya wisatawan manca, agar berkunjung dan tinggal lebih lama di Wonosobo. Tarian tradisional juga sering ditampilkan pada acara perayaan khusus seperti hari ulang tahun kemerdekaan RI, hajatan keluarga dll.

 

 

Candi – Candi Hindu 

Berdasarkan temuan Prasasti Situs Dieng diperkirakan dibangun abad VII – XIII Masehi. Sebagai kebaktian kepada Dewa Syiwa dan Sakti Syiwa ( istri Syiwa ). Dilihat dari 21 bangunan, situs Dieng dibagi menjadi 5 kelompok. Empat kelompok merupakan bangunan ceremonial Site ( tempat pemujaan ) yaitu :

  –          Kelompok Candi Arjuna ( Pendawa 5 )
–          Kelompok Candi Gatut Kaca
–          Kelompok Candi Bhima
–          Kelompok Candi Dwarawati / Parikesit
–          Kelompok Candi Magersari

Dan kelompok kelima adalah bangunan tempat tinggal Setlement Site. 

Dieng Plateu Theatre

Pusat Interpretasi potensi alam dan budaya kawasan Dataran Tinggi Dieng yang di beri nama Dieng Plateu Theatre (DPT) dibangun atas prakarsa Gubernur Jawa Tengah H. Mardiyanto diharapkan wahana wisata tersebut dapat menjadi magnit yang kuat untuk mengembangkan pariwisata di Propinsi Jawa Tengah. Dieng Plateu Theatre sebagai sarana edukasil, cultural pengenalan potensi wisata serta hiburan, dilengkapi dengan seperangkat peralatan audio visual (film) dan tempat duduk pengunjung berkapasitas seratus buah kursi. Terletak dilereng Bukit Sikendil di atas Taman Wisata Alam Telaga Warna Desa Dieng Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo.

Telaga Warna, Telaga Pangilon dan Gua Semar

 

 

 

Dinamakan Telaga Warna karena telaga itu memantulkan aneka warna dan disampingnya terdapat Telaga Pangilon yang berkilau seperti kaca cermin. Gua Semar memiliki panjang kira – kira 4 meter dengan dinding batu dan biasa digunakan untuk meditasi. Disamping itu juga terdapat sumber air kesucian yang disebut : “Tirta Prawitasari”. Terdapat pula gua Pengantin.

Telaga Menjer

 

 

Merupakan telaga alam terluas di Kabupaten Wonosobo. Berada di ketinggian 1300 meter diatas permukaan laut, dengan luas 70 Ha dan kedalaman 45 meter. Telaga Menjer terletak didesa Maron Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo 12 km sebelah utara kota Wonosobo.

Telaga Bedakah

 

Telaga ini terletak didesa Bedakah sebelah timur laut kota Wonosobo, dilereng Sindoro. Selain telaga juga terdapat Gua Angin yang selalu mengeluarkan angina dan Gua Lawa yang merupakan tempat berlindungnya kelelawar.

 

 

Air Terjun Sikarim

 

Memiliki ketinggian 80 meter dengan latar belakang bukit yang menjulang dan banyak ditumbuhi perdu dan tanaman langka. Terletak di desa Mlandi Kecamatan Garung 20 km sebelah utara kota Wonosobo. 

 

Sendang Surodilogo

 

Menurut cerita keberadaan sendang ini, bermula dari tongkat Ki Joko Suro, prajurit Pangeran Diponegoro yang sedang bersembunyi dari serangan Belanda. Karena kesulitan mencari air, Ki Joko Suro menancapkan tongkat ke tanah lalu tersemburlah air yang datang untuk mandi pada setiap malam 1 suro. Karena diyakini dapat membuat seseorang merasa muda kembali. Lokasi sendang ini terletak didesa Pagerrejo berdekatan dengan Agro Wisata kebun the Bedakah

 

 

Tuk Bimalukar

 

Merupakan sebuah mata air dengan pancuran yang terbuat dari batu Purba. Nama Bhimalukar dimaksudkan dimana ditempat ini sang mata air sungai Serayu ini diyakini sebagai air awet muda.

 

 

Kawah Sikidang

 

Kawah ini bertabiat seperti anak kijang yang suka berjingkrak-jingkrak dan berputar-putar serta berpindah-pindah.

 

Kawah Sileri

 

Adalah telaga air panas yang cukup luas dan menunjukan gejala aktivitas Vulkanis, airnya bagai air cucian beras ( Leri – Jawa ).

 

 

Kawah Candradimuka

 

Kawah ini cukup besar dengan suara menggelegar, menurut cerita kawah ini digunakan untuk tempat penggodokan seseorang yang sangat sakti mandraguna.

 

Sumber Panas Bumi Dieng

 

Sumber Panas Bumi Dieng ditetapkan oleh Menteri Pertambangan dan Energi tertanggal 20 Agustus 1974 sebagai wilayah kerja VI Panas Bumi bagi Pertamina. Meliputi areal seluas 107.351.9995 Ha, berdasar hasil sumur diperkirakan berpotensi sekitar 2000 Mega Watt Listrik.

Kawasan Wisata Lembah Dieng

 

 

Gardu Pandang Tieng

Sebelum sampai di Dataran Tinggi Dieng, sejenak kita dapat melepas lelah di Gardu Pandang Tieng, dengan ketinggian 1800 m diatas permukaan laut, dari atas gardu pandang dapat menikmati pemandangan yang sangat indah, dan dipagi hari dapat pula melihat matahari terbit dengan cahaya keemasan atau dengan istilah “Golden Sun Rise” di pagi hari dan perjalanan dapat dilanjutkan menuju Dataran Tinggi Dieng untuk menyaksikan terbitnya matahari yang kedua dengan cahaya yang keperak-perakan (Silver Sunrise)

Agro Wisata Tambi

 

Agro Wisata Tambi Terhampar luas di lereng gunung sindoro, dengan ketinggian 1.200 – 2000 m diatas permukaan laut. Suhu udara rata-rata minimal 15 º C dan suhu maksimal 24 º C. PT. Tambi mengelola 3 unit perkebunan yang terletak di Bedakah, Tanjungsari, Desa Tambi dengan luas 829 hektar yang dilengkapi fasilitas pondok wisata, kolam pemancingan, lapangan tennis, taman bermain, kebun dan parik teh.Pengunjung akan diajak berkeliling menelusuri jalan kebun teh, berolahraga sambil menikmati pemandangan, juga mendapat penjelasan mengenai agronomi, pengolahan dan pemasaran. Bagi pengunjung yang ingin bermalam juga disediakan pondok wisata dengan fasilitas yang cukup memuaskan.

Kawasan Wisata Lintang Selomanik

 

 

Kebun Karang Gantung

 

Terletak di Kelurahan Selomerto, lebih kurang 6 km dari sebelah selatan kota Wonosobo, Kebun Karang Gantung adalah  Kebun Bambu yang cukup luas dengan latar belakang Batu Tua yang sangat unik dan dikenal dengan nama Watu Tedeng.

Watu Tedeng

 

 

Merupakan Tebing batu sepanjang ± 450 m dengan ketinggian ± 25 m disamping itu juga terdapat 3 gua yang sering digunakan orang untuk melakukan meditasi. Menurut cerita gua yang terletak paling atas untuk mereka yang ingin sakti, Gua yang kedua ( tengah ) untuk mendapatkan jabatan tertentu dan Gua yang ketiga ( pojok sebelah barat ) untuk mereka yang ingin kekayaan.

Waduk Wadaslintang

 

Waduk ini terletak di dua wilayah yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Kebumen. Keindahan waduk ini dapat dinikmati diatas bukit batu melalui bangunan gardu pandang. Selain disediakannya ikan yang cukup banyak sedikit jenis reptile seperti biawak yang sering muncul dipermukaan air waduk yang jernih.

Gua Batu Lubang Sewu

 

Merupakan gua alam yang berbatu pada jaman penjajahan Belanda dijadikan tempat persembunyian dan mampu menampung 1000 orang.

PUSAT PERBELANJAAN

Suatu perjalanan wisata belumlah “lengkap” apabila tidak memperoleh buah tangan / oleh-oleh atau cinderamata dari kota yang kita kunjungi. Oleh-oleh atau buah tangan tersebut dapat dijumpai baik di pusat perbelanjaan maupun di pasar tradisional yang ada di Wonosobo. Untuk itu kami berikan daftar pusat perbelanjaan maupun pasar tradisional seperti di bawah ini. 
 

 

Pasar Induk Wonosobo

Merupakan pasar terlengkap dan terbesar yang ada di Kabupaten Wonosobo 

Pasar Sayur

Terletak di Binangun Kelurahan Wringinanom, Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo

Pasar Ikan

Terletak di Kertek, Wonosobo 

Pasar Burung

Terletak di Sumberan, Wonosobo 

Pasar Hewan

Terletak di Wonolelo, Wonosobo 

Pasar Kayu

Terletak di Pagerkukuh, Wonosobo  

Rita Departemen Store

 

Jl. Jend. A. Yani, WonosoboMerupakan pusat perbelanjaan, terlengkap dengan system self service. Terletak di jantung kota dekat Taman Plaza 

Mickey Mouse Departemen Store

 

Jl. A. Yani 27 WonosoboJuga merupakan pusat perbelanjaan dengan system self service. Menyediakan berbagai jenis kebutuhan dari elektronik, sandang dan keperluan sehari-hari. Dan banyak bertebaran took-toko besar lainnya yang dibuka sampai malam hari.
 

 

Makanan khas dan Souvenir

 

 

 

Toko Dendeng Tv

Jl. Bismo No. 21 Wonosobo 

Toko “Tri Rasa”

Jl. Ahmad Yani, Wonosobo

Toko Cendawan Mas

Jl. Bismo Wonosobo 

Toko Tip Top Aneka, VariaJ

Jl. Angkatan 45 Wonosobo 

Toko Berkah

Jl. Magelang km. 4, Binangun, Wonosobo 

Home Industri “Candi Dieng”

Sambek, Wonosobo 

Home Industri Cipta Rasa

Jl. Kol. Kardjono, Wonosobo  

 

Toko Batik

 

 

Toko Busana Dewi

Jl. A. Yani 21, telp : (0286) 321843

Toko Yogya

Jl. A. Yani (Pasar) 

 

Toko Benda Antik

 

 

Toko Agung

Jl. A. Yani 

Toko Florida

 

Jl. Pemuda 22, telp (0286) 321198

 

Peta Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

 peta-dieng1
Baca juga:
About these ads

Responses

  1. hebat ^____^”

  2. Ulasan wisata dieng yahhut om, bisa buat refrensi yang mau kedieng. Oce lah. tambah dong foto fotonya biar tambah sipp.

  3. Ayo Gan Updaate lagi info Diengnya Dong

  4. Bang,,, mau tnya donk,,, kalo dari jogja ke dieng enakna rute Dieng na gimna yak??? terus kalo mau nyambangi tempat2 yg paling bagus di Dieng yg mna aja trus saran rute objek2 di dieng na yak Bang… makasih banget share infor na kerennn

    • Ke terminal Jombor dulu, terus naik bus arah Magelang/Semarang. Di Magelang, ambillah bis rute Wonosobo- Parakan.

      Ongkos bus:
      * Jombor-Magelang sekitar 8 ribu.
      * Magelang-Wonosobo 14 ribu.
      * Dari terminal Wonosobo naik angkot ke terminal Dieng 2 ribu.
      * Lanjut naik bus jurusan Dieng 8 ribu.

      Tapi kalo rame-rame yah paling enak rental mobil aja dari Jogja

      http://listiaji.wordpress.com/2009/12/29/dataran-tinggi-dieng-penggalan-surga-di-bumi-jawa/

  5. Tanggal 9 juni kemarin baru dari dieng,,,bermotor ria,,tapi sampai di dieng pas hujan lebat jadi ya cuma di kawah sikidang dan beli oleh2 trus pulang ke jogja. karena hujan yg cukup lebat,,,semoga lain kali bisa explore lebih lengkap.

  6. bro kira2 tiket masuk untuk daerah telaga warna berapa per orang and ama kawah sikejang…terimakacih

  7. maaf untuk trevel paketan k dieng ada g yaa dan klo bisa jadwal wisata mana aja yg di kunjunggi dan harga per otrang

  8. Maz mau tanya . . , ,
    khan kelasQ da rencana mau foto buku tahunan d’dieng . . . Kira2 d’dieng tempat yg cocok2 buat foto buku tahunan dmna ya ??
    Dan klo pake bus yg ukuran tanggung(temapt duduk 2-3) bisa sampai k’dieng pa tidak ya ??
    Makasih . .

    • Banyak juga tempat yang bisa dijadiin buat tempat foto. Untuk bis, yang ukuran besar juga bisa masuk kesana.

    • background telaga warna kawah sikidang plus Candi Dieng atau klo perlu arca-arca di museum kaliasa keren buat foto buku Tahunan.

  9. Visit Wisata Dieng, dapetin vieuwnya ..

  10. Mantab gan

  11. telaga warna tempat paling indah dan ajaib..
    hehe

  12. mas apa ow dieng cocok untuk study tour anak2 Sekolah Dasar..? soalnya murid2ku ada rencana ksan.

  13. indahnya objek wisata..dieng

  14. mw tanya mas….kira2 klo pas taon baru mw nginep di dieng mesti pesen dlu pa g’????harga tiket terusannya berpa ya…?? kira2 klo kita naik motor dari jogja ame dieng berapa jam..??? makasih

  15. nice

  16. trus naeknya gmana dunk..??

    • adalah semacam angkot ke Dieng. Banyak kok.

      • oke den…
        btw kayak mini bus gitu kah???
        trus biasanya sekali brangkat berapa budget??
        thanks sebelumnya..

  17. kalo dr jogja pke bus gde bsa smpe atas gak bray..?

    • nggak. bus gede paling sampe Wonosobo.

  18. Mantabbb….jadi gak sabar pgn ksana ne. Mksh infonya om. Oy, kl tiket terusannya sekitar barapa z? Mksh

  19. Minta info travel yang ke Dieng Wonosobo, kalo ada no telpnya juga. Mks

  20. Saya kemarin sekeluarga tgl 17 mei 2011 ke sana. Kesan yg timbul luarbiasa! Pemandangan alam yg indah serta sejuk sekali. Telaga warna jg indah, kalau kesana menggunakan kendaraan pribadi hendaknya cek kondisinya krn perjalanan kesana penuh tanjakan tinggi/curam. Serta masih ada perbaikan jalan. Jd mobil harus bergantian. Cuma sayang, setelah memasuki area telaga warna dan lanjut ke obyek lainnya papan petunjuknya kurang besar, sehingga banyak yg tersesat. Seperti yg sy alami. Namun keseluruhannya bagus! Ayo jelajahi wisata indonesia! Makasih ya mas…

  21. ms. ada engak paket wisata di daerah dieng…????.

    • banyak kok paket wisata dieng, searching aja di internet.

  22. mas, saya berencana mau backpacker an kesana ma temen2…
    mau tanya klo ke tempat2 wisata di daerah sana transportnya ada ga ya? soalnya kita ga pke mobil, klo ada apa gtu..
    mohon petunjuk..

    makasih

    • @Andi: untuk menuju ke kawasan Dieng, sebaiknya melalui Wonosobo dulu (tersedia bis antarkota ke kota ini dari Jogja, Magelang ataupun Jakarta. Dari Wonosobo ada semacam angkot menuju Dieng. Dan enaknya di kawasan ini, tempat2 wisatanya terdapat dalam satu jalur yang kira2 melingkar hingga keluar lagi. Tapi enaknya nginep aja di Dieng, jadi lebih berassa dinginnya. Banyak penginapan yang murah meriah disini, tentu bukan hotel berbinntang. Kalo hotel yang lumayan bagus adanya di Wonosobo. Have a nice travel….

  23. thanks mas bayu atas infonya :
    rencana sy mau bw romb 1 bus kecil (29seats) ke dieng, nginep diwonosobo… denger” kl ke dieng (candi pandawa lima, kawah sikidang, dan telaga warna) mesti ganti kendaraan kecil spt mobil hartop. mobil sewaan(hartop) itu isinya u berapa orang dan harganya satu mobil berapa ya mas?

  24. Bisa nggak jelasin perjalanan dari Yogyakarta ke Dieng itu lewat kota / daerah mana saja, syukur bisa dikasih jalan yang paling pintas pakai mobil kecil
    makasih

    • Mas Bayu, aku coba bantu balas dari mas garto,…. klo mau ke dieng : dari jogja, muntilan,magelang, temanggung, parakan, wonosobo langsung ke dieng (klo mau lebih cepet bisa lewat slento : sampe muntuilan, candi mendut, borobudur bablas wonsobo) salam dari Sarwo.Edi@wisatadieng.com

      • @Sarwo Edi: thanks buat info nya. Websitenya juga cukup menarik. Salam sukses.

  25. mas bayu mau tanya..
    kira” kaLau dari Dieng ke penginapan nya n’ Dieng ke pemukiman penduduk nya jauh nggak ya.,??kira-kira berapa menit dari tempat wisata nya Dieng kaLau mau ke penginapan n’ ke pemukiman penduduk nya.,??
    kaLau qt mau nginap di Dieng dengan pakai tenda kira-kira memungkinkan nggak ya.,??
    makasih sebeLum nya.,???

    • @Kenny: kalau Dieng dengan penginapan sih gak jauh .. dalam kawasan itu juga … malah banyak juga rumah pneduduk yang jadi penginapan murah, seperti yang sudah dikenal, Penginapan Bu Djono. Kalau nginep buat tenda … sorry gak tahu .. soalnya belum pengalaman nih …

  26. Om Bayu ini ada tambahan home Stay, semoga bermanfaat

    1. Nama HomestayDahlia
    Pemilik Nuryadi
    Alamat
    Dieng Kulon RT 01/II
    Jumlah Kamar 3
    Fasilitas
    • parkir

    • tungku perapian

    • kasur spring bed

    • bisa masak sendiri

    • air hangat

    • kamar mandi

    Telepon (+62)85227268173

    2. Nama Homestay Panca Warna
    Pemilik Daryanto
    Alamat
    Dieng Kulon RT 01/I
    Jumlah Kamar 3
    Fasilitas
    parkir

    tungku perapian

    kasur spring bed

    bisa masak sendiri

    kamar mandi

    3. Nama Homestay Bougenville
    Pemilik Sunarti
    Alamat
    Dieng Kulon RT 01/I
    Jumlah Kamar 3
    Fasilitas
    parkir

    tungku perapian

    kasur spring bed

    bisa masak sendiri

    kamar mandi

    4. Nama Homestay Cempaka
    Pemilik Ny. Maryati
    Alamat
    Dieng Kulon RT 01/I
    Jumlah Kamar 3
    Fasilitas
    • parkir

    • tungku perapian

    • kasur spring bed

    • bisa masak sendiri

    • kamar mandi

    5. Nama Homestay Melati
    Pemilik Ny. Handoyo
    Alamat Dieng Kulon RT 02/I
    Jumlah Kamar 3
    Fasilitas
    • parkir

    • telepon

    • tungku perapian

    • kasur spring bed

    • bisa masak sendiri

    • kamar mandi

    6. Nama Homestay Edelwise
    Pemilik Siti Sumiyati
    Alamat
    Dieng Kulon RT 03/I
    Jumlah Kamar 2
    Fasilitas
    • parkir

    • tungku perapian

    • kasur spring bed

    • bisa masak sendiri

    • air hangat

    • kamar mandi
    Telepon
    (+62)85227004505

    7. Nama Homestay Mawar Merah
    Pemilik Alip Rohman
    Alamat
    Dieng Kulon RT 04/II
    Jumlah Kamar 3
    Fasilitas
    • parkir

    • tungku perapian

    • kasur spring bed

    • bisa masak sendiri

    • air hangat

    • kamar mandi
    Telepon
    (+62)81327245516, (+62-286)3342139

    8. Nama Homestay Asoka
    Pemilik Mohson
    Alamat
    Dieng Kulon RT 01/I
    Jumlah Kamar 3
    Fasilitas
    • parkir

    • tungku perapian

    • kasur spring bed

    • bisa masak sendiri

    • air hangat

    • kamar mandi
    Telepon
    (+62)81327625784

    9. Nama Homestay Krisan
    Pemilik Ny. Muhdi
    Alamat
    Dieng Kulon RT 01/I
    Jumlah Kamar 3
    Fasilitas
    • parkir

    • tungku perapian

    • kasur spring bed

    • bisa masak sendiri

    • air hangat

    • kamar mandi

    10. Nama Homestay Anggrek
    Pemilik H. Maryanto
    Alamat
    Dieng Kulon RT 01/IV
    Jumlah Kamar 3
    Fasilitas
    • parkir

    • tungku perapian

    • kasur spring bed

    • bisa masak sendiri

    • kamar mandi

    11. Nama Homestay Kantil
    Pemilik Edi Tumpuk
    Alamat
    Dieng Kulon RT 02/III
    Jumlah Kamar 3
    Fasilitas
    • parkir

    • tungku perapian

    • kasur spring bed

    • bisa masak sendiri

    • air hangat

    • kamar mandi

    12. Nama Homestay Kenanga
    Pemilik Ny. Suminah
    Alamat
    Dieng Kulon RT 03/III
    Jumlah Kamar 2
    Fasilitas
    • parkir

    • tungku perapian

    • kasur spring bed

    • bisa masak sendiri

    • kamar mandi

    Tarif Pondok Wisata

    Berdasarkan data tahun 2006, tarif pondok wisata yang ada di kawasan dataran tinggi Dieng adalah sebagai berikut :
    – Satu buah kamar tidur Rp 100.000,-
    – Satu buah rumah Rp 350.000,

    Setiap tamu mendapat pelayanan berupa:
    – teh manis
    – cemilan/kentang rebus.

    Menu dan tarif yang ada di pondok wisata adalah sebagai berikut.
    • Mie rebus/goreng Rp 2.500,-
    • Mie rebus (+telur) Rp 3.000,-
    • Nasi goreng Rp 4.000,-
    • Nasi goreng telur Rp 5.000,-
    • Teh manis Rp 1.000,-
    • Cofee mix/kopi hitam Rp 2.500,-
    • Wedang jahe wangi Rp 1.500,-
    • Wedang Purwaceng Rp 7.500,-
    • Susu coklat/putih Rp 2.500,-

    Pusat Informasi Pariwisata

    Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara
    Jalan Selamanik no.35 Telepon: (+62-286)592753, 3342043

    Dinas Pariwisata Propinsi Jawa Tengah
    Jl. Pemuda No. 136 Semarang – 50138 Jawa Tengah- Indonesia
    Telp. : +62-24-354 6001
    Fax : +62-24- 3557119
    Website: http://www.central-java-tourism.com
    Email: tourism@central-java-tourism.com

  27. Wahhh mantap nihhh….. istri saya org sana saja nggak tau bahwa dieng banyak sekali tempat wisata …tambahan info untuk agrowisata Tambi ada 2 satu di lereng sindoro satu lagi kalau nggak salah di daerah sekitar kretek disana ada juga. Saran saya kita bisa jogging dipagi hari sambil minum Teh Tambi yg ceritanya disukai oleh Arab. heheheh.
    Nice Posting Om Bayu

  28. siang…desember ini kami akan melakukan perjalanan wisata ke dieng…namun dengan kondisi alam yg rupanya tidak jelas seperti merapi kami menjadi khawatir..apakah dieng termasuk dalam lingkaran gunung berapi aktif ?apakah ada larangan dari pemerintah setempat untuk berwisata ke tempat tersebut..
    ditunggu balasannya pak untuk konfirmasi ulang dengan teman2… (aneke_07@yahoo.com)

    • Kompleks gunung berapi Dieng terletak di dataran tinggi Jawa Tengah, Indonesia. Selama beberapa abad aktivitas gunung berapi di Dieng didominasi oleh letusan freatik, dan aktivitas panas bumi (fumarol, solfataras, kolam lumpur, sumber air panas). Gunung Dieng terkenal karena pelepasan karbon dioksida, yang kadang-kadang menyebabkan kematian bagi penduduk. emisi karbon dioksida dapat merusak vegetasi sekitarnya dan masyarakat setempat mengetahui “lembah kematian”.

      Gunung berapi ini terdiri dari dua stratovolcanoes (Butak Petarangan dan Dieng) dan kawah banyak. danau asam hangat mengisi sebagian dari kawah. kerucut vulkanik di Dieng meliputi – Bismo, Srojo, Binem, Pangonan, Merdodo, Pagerkandang, Nogosari, Petarangan, Telogo Dringo, Pakuwaja, Kendil, Kunir dan Prambanan.

      Fumarol daerah – Kawah Sikidang, Kawah Sigajah, Kawah Kumbang, Kawah Sibanteng, Kawah Upas, Telogo Terus, Kawah Pagerkandang, Kawah Sipandu, Kawah Sileri Siglagah dan Kawah. Butak Petarangan merupakan gunung berapi kedua terletak di kompleks Dieng. Ini terdiri dari sebuah danau-kawah bernama Telogo Dringo dan lapangan fumarol Condrodimuko.Simak Baca secara fonetik

      Letusan 2009
      Pada hari Jumat 16 Januari 2009 gunung Dieng dibangkitkan dari tingkat I ke siaga II (dari maksimum 4) setelah dua letusan freatik pada Januari 15. Letusan terjadi pada Sibanteng kawah pada 0800 dan 0830 jam. Bahan yang dikeluarkan 50 m dari kawah.

      Sebuah ledakan freatik terjadi pada kawah Sileri, Dieng gunung berapi, Indonesia pada malam 26-27 September 2009. letusan itu berlangsung selama 15 detik. Antara 1-19 September ada 2 gempa bumi vulkanik, 20-23 September 1 gempa vulkanik, 24 Sep 1 gempa vulkanik, tidak ada gempa vulkanik pada 25-26 September. Ledakan itu terdengar pada jarak 2 km dari kawah. Selama letusan freatik, lumpur dikeluarkan dalam radius 140 m. Suhu air di Kawah Sileri tetap cukup konstan di sekitar 70 deg C. Tidak ada emisi gas beracun di lokasi letusan dan sekitarnya. Tingkat siaga di gunung berapi tetap di “Normal”. Tidak ada evakuasi diperintahkan. Orang-orang disarankan untuk tinggal paling sedikit 500 m dari kawah Sileri, Sinila, Timbang, Siglagah, dan Sikidang.

      Letusan 1992
      Pada 18 Maret 1992 emisi gas membunuh satu orang di lembah sungai 200 m W Kawah Sikidang.

      Letusan 1979
      Emisi karbon dioksida, yang menyertai letusan freatik dari sisi SW gunung berapi Dieng, menewaskan 149 orang pada 20 Februari 1979. Gas emisi CO2 dan H2S yang terkandung dan dikeluarkan dari Sinila Kawah. Sampai 17.000 orang diungsikan dari enam desa dekat Sinila. Ikan dan ternak dibunuh oleh letusan. Tujuh gempa bumi yang tercatat sebelum letusan. Dua lahars diproduksi dari Sinila Kawah.

      Letusan 1944
      Sebuah ledakan terjadi di Dieng gunung berapi pada 4 Desember 1944. Ash-lumpur hujan, meliputi desa Kepakisan, Sekalem, Sidolok, Pagerkandang, Djawera dan Kepakisan-lor dalam kegelapan lengkap. blok dikeluarkan mencapai desa Bitingan 1 Km dari Kawah Sileri. Lima puluh sembilan orang tewas, 38 terluka, dan 55 hilang. Luka-luka disebabkan oleh lumpur mendidih.

      Letusan 1939
      Sebuah letusan freatik kekerasan terjadi di Dieng gunung berapi tanggal 13 Oktober 1939. Pusat erupsi terletak di sisi utara pekuburan Cina. Fisura A membuka tinggi lereng dan lumpur fountained. Kegiatan berlanjut sampai 3 November.

      Letusan Gunung Dieng

      2009, 2005, 1993, 1986, 1981, 1979, 1964, 1956, 1954, 1953, 1952?, 1944, 1943, 1939, 1928, 1883-1884, 1847, 1826, 1825, 1786, 1776, 1375

      Sebagai tambahan, berikut adalah kutipan artikel dari republika.co.id
      REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA–Aktivitas gunung berapi di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, tidak terpengaruh letusan Gunung Merapi. Dieng pun statusnya tetap aktif normal.

      “Sejumlah gunung berapi memang mengalami peningkatan status menyusul terjadinya letusan Gunung Merapi. Namun hal itu tidak berpengaruh terhadap Gunung Dieng,” kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, Tunut Pujianto, Jumat (5/11).

      Kendati demikian, Tunut mengatakan, pemantauan terhadap Gunung Dieng tetap dilakukan meskipun kondisinya masih normal.Menurut dia, hal itu dilakukan lantaran Gunung Dieng merupakan gunung api aktif tipe A. “Kondisi Dataran Tinggi Dieng masih sangat aman bagi wisatawan. Hanya saja kami mengimbau wisatawan untuk berhati-hati terutama yang mengunjungi kawasan Kawah Sikidang,” katanya.

      Menurut Tunut, letupan-letupan kecil masih sering terjadi di Kawah Sikidang maupun kawah lainnya meskipun dalam kondisi normal.

      Akan tetapi, kata dia, wisatawan tidak perlu takut untuk datang ke Dieng karena letupan yang merupakan fenomena alam tersebut menjadi daya tarik tersendiri di dataran tinggi ini. “Selain itu, hingga kini tidak ada peningkatan konsentrasi gas beracun di Kawah Sinila maupun kawah lainnya,” jelasnya.

  29. tanya om,
    dari sekian banyak t4 wisata di Dieng, menurut ente t4 yg paling oke dimana tu ?

    karna kita ada rencana nglewatin tahun baru bsk ma temen2 di Dieng.
    trus penginapan/villa/apalah . .kira2 brapa duit om ?

    di tunggu balasannya ( aku_suka_cola@yahoo.com )

    suwun ^_^

    • @joytea: sekian banyak tempat wisata di Diengitu cuma terletak di satu lingkaran aja, jadi pasti ngelewatin semua, tempatnya gak tersebar, ada di satu jalur wisata. Buat penginapan yang bagus di Wonosobo, tapi kalo murah meriah banyak juga di Dieng itu.

  30. bang,bleh tnya ga?
    ksaran hrga hotel tau pnginapan dstu brapa / hrinya?
    aku trtrik pngin kstu bang,,,,

    • @yosap: buat penginapan macem2 ada yang 50 rb per malam sampai 300 ribuan per malam. Kalo yang murah, kalo gak salah ada Penginapan Bu Djono, Dieng Plateu dll.

  31. Panorama di Dieng bagus banget, dan murah meriah untuk masuk ke tempat wisatanya. Rekomendasi buat yang mau ke Dieng pasti tdk akan kecewa.

  32. Nice info…..jadi pengen ke Dieng… :-)

    • @Ian: Thanks buat berkunjung ke blog saya

  33. klo musim hujan gini kira2 berapa ya suhu di dieng di siang hari, rencana hbs lebaran mau ke dieng…

  34. Thanks, Mas. Terus berikan update info seputar tourist post di Indonesia. Salut!

    • Makasih juga buat mampir disini. Silahkan tambahkan info wisata yang lain kalau ada yang menarik.

  35. Mas, masuk kawasan Candi dan Kawah Sikidang harga tiketnya brp ya?

    • Masuk kawasan Candi gak bayar lagi. Sebelum masuk komplek wisata dieng kita sudah diminta bayar semacam tiket terusan, kecuali untuk Telaga Warna harus bayar lagi. Untuk Kawah Sikidang, maaf saya lupa, tapi kalo gak salah sudah termasuk tiket terusan.

  36. Wah..makasih share infonya, mas Listiaji! Apalagi peta Diengnya. :) bd

    Mau nambah pertanyaan dong, mas.. Kalo aku kesananya 2 hari 1 malam (misal sampe Dieng sabtu siang trus balik minggu siang), ada rekomen objek wisata yang dikunjungin ga? Eia, di Dieng ada spot bagus untuk liat sunrise kah?

    Makasih banyak :D

    • @misae: untuk sunrise di Dieng emang bagus ada 2 sunrise. Pertama Golden Sunrise karena memang warnanya agak keemasan yang bisa dilihat dari Menara Pandang Tieng (bukan Dieng), di ketinggien 1.700 m dpl, lokasinya pas mau masuk desa dieng. Kedua, Silver sunrise, yang bisa dilihat dar komplek Candi Hindu. Untuk obyek wisata buat 2 hari semalam sih cukup untuk melihat berbagai obyek wisata disana, misalnya kelompok Candi Hindu Pandawa, Telaga Warna dan Pengilon, Kawah Sikidang, Goa Semar, Mata Air Sungai Serayu, Proses Budidaya Jamur Merang, dll, yang ditulis di artikel diatas. Letaknya juga tidak berjauhan. Selamat berwisata.

  37. dear boss,
    kalo dari Jogja urutan2nya yg mo dikunjungi biar ringkes darimana dulu ya…? Makasih. tolong bls secepatnya ya, cos rencana sabtu ini mo ke dieng.

    • dear anni, sorry ye baru baca soalnya sebulan ini liburan ke luar kota, tapi lupa sama passwordnya hehehe … maybe it’s too late ta[i ga papa lah buat info liburan. Kalau dari Jogja, enaknya liburan dulu di dalam kota spt Malioboro (tapi jangan beli oleh2 dulu, keberatan), Prambanan, Parangtritis. Kemudian hari berikut bisa ke Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang, jaraknya sekitar 1 s.d 1,5 jam dri Yogya. Dari Magelang bisa langsung ke Dieng sekitar 3 jam pake mobil.

  38. Om Bayu, blognya keren, bermuanfa’at banget.. Thanks

    Mo nanya, di wonosobo recommended hotelnya tau gak om? yg om tulis diatas bagus dan berbintang
    trus perjalanan dr kota wonosobo – dieng berapa lama ya? (normal pake mobil)

    • dear armen, thankyou ye, semoga isi blog ini dan seterusnya bakalan banyak manfaatnya. Soal hotel yang paling OK sih ya Kresna Hotel di wonosobo, tapi kalau di kawsan dieng ya agak pas-pasan aja, macam Dieng Plateu Hotel sama Penginapan Bu Djono yang tentunya haganya murah banget …. tapi ntar gw bikinin review hotel yang lengkap di wonosobo n dieng setibanya di jakarta ya.

  39. ehm,saya mau ke dieng akhir juni ini,
    saya dari lampung,
    kira2 dari merak sudah ada bis ke wonosobo gag yaa???

    • dari Merak ke Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Dari Kp Rambutan baru ke Wonosobo … dari Wonosobo baru pake semacam angkutan ke Dieng …

  40. boz mo tny klo k dieng pake bis bsr bs g?

    • Kalo gak salah sih ada. Bisa dari Jogja – Wonosobo atau Jakarta – Wonosobo, baru lanjut lagi Wonosobo – Dieng dengan bis yang lebih kecil.

  41. klo dari temanggung mo ke dieng,dgn waktu 1 setengah hari, biar puas enaknya urutannya kemana ja?

  42. ada hotel deket dieng tidak ???

    • ada beberapa .. tapi agak sederhana .. yang terkenal seperti Penginapan Bu Djono dll. Kalau mau hotel yang bagus (berbintang) ada di Wonosobo.

  43. Sayang peta dari arah Ngadirejo-Tambi tidak tercantumkan( Treck Touring Motor )

    Pengalaman berkunjung saya ke Dieng ada sedikit keprihatinan wisata Dieng yg berada di wilayah Banjarnegara ( khususnya Kawah Seleri,Condrodimuko dan Sumur Jolotundo ) nampaknya pengelolaannya kurang terjamah seperti yg berada di wilayah Wonosobo ( Telaga warna, Candi Arjuna, Kawah Sikidang ) sehingga banyak pengunjung yg enggan ke Jolotundo dll,
    di sana tdk tersedia warung makan/penjual makanan….

  44. bagus banget…..
    tapi kasih info donk, kpn acara pemotongan rambut gimbalnya. pengen lihat ne.

  45. Wwoooooiiiiiii


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 86 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: