Oleh: listiaji | 19 Mei 2009

TEMPAT WISATA MENARIK DI BALI


Tempat Wisata

Keterangan

PANTAI SANUR

Obyek wisata pantai sanur terletak di Timur kota Denpasar kira-kira 17 km dari kota Denpasar. Di pantai Sanur anda bisa menikmati pantai yang pasirnya hitam, dan putih. Hotel berbintang yang merupakan papasan perang Bali Beach ada di sini, satu-satunya hotel yang bertingkat 11 di Bali, disamping itu banyak hotel berbintang yang lainnya, spt Bali Hyatt, Sanur Beach, Puri Santrian dll. Bagi anda yang suka olah raga air, anda bisa melakukan aktifitas watersport di sini.

 

PANTAI NUSA DUA DAN TANJUNG BENOA

     Obyek wisata Nusa Dua yang dulunya dikembangkan oleh BTDC (Bali Tourism and Development Council) Badan swasta yang mengembangkan daerah nusa dua,  di th 1980 adalah daerah yang tidak berpotensi sebagai obyek wisata, tetapi setelah dikembangkan oleh badan ini. Nusa Dua menjadi daerah primadona bagi wisatawan, dengan pantai yang pasirnya berwarna putih, hotel berbintang 5 berderet disepanjang pantai spt : Hilton, Sheraton, Melia Sol, Club Med dll. sama dengan pantai Sanur, pantai nusa dua yang kalau kita tarik garis larus yangmerupakan terusan dari pantai sanur, atraksi watersport juga anda bisa lakukan di sini.

     Sementara itu, Tanjung benoa dikenal sebagai pusat wisata air mulai dari parasailing, banana boat, Jet Ski, Rolling Donut, Flying Fish, Snorkeling, Scuba Diving, Glass Bottom Boat + Turtle island dan olahraga air lainnya dapat dinikmati di sini. Pantai di sini tidak berombak dan tenang sehingga sangat aman untuk liburan keluarga bersama putra-putri anda.

     Permainan yang bisa dinikmati diantaranya :

PARASAILING yaitu permainan dimana anda akan memakai payung parasut dan ditarik oleh speed boat mengeliling pantai Tanjung Benoa. Jadi persis seperti terjun payung beneran. Waktu permainan ini satu putaran kira2 4 menit di udara. Ketinggian tali yg menghubungkan antara parasut dengan speed boat kurang lebih 80 meter. Jadi lumayan tinggi terbangnya.
JETSKI, yaitu permainan menggunakan kendaraan di pantai seperti sepeda motor. Jetski disini tidak bisa anda kendarai sendiri, harus didampingi oleh instruktur, mengingat di pantai TB banyak terdapat perahu2 dan aktivitas watersport lainnya, sehingga tabrakan bisa dihindari. Jangan khawatir, si instruktur ini hanya akan mengendarai dari pinggir pantai menuju ke tengah laut, nah sampai disana giliran anda yg nyetir, si instruktur boncengan. Waktu permainan ini adalah 15 menit. Kalau anda mau exciting mengendarainya, cobalah terjang ombak yg ada..maka anda akan merasakan sensasi nikmatnya berkendara jetski ini.
BANANA BOAT, menggunakan perahu karet tunggal, anda akan ditarik oleh speed boat berkeliling pantai dalam waktu 15 menit. Kapasitas muatan banana boat ini adalah max 4 orang plus 1 orang instruktur sbg pendamping. Anda bisa minta diceburin ke air selama boat berjalan, atau kalau tidak mau basah..minta yg normal2 saja. Kurang seru sih kalau main banana boat tanpa nyebur.
FLYING FISH, ini permainan paling anyar di Bali. 3 buah banana boat dijadikan satu dengan tambahan rubber boat melintang di depannya dan ada semacam sayap disamping kanan kiri. Flying Fish dimainkan max oleh 3 orang, yaitu 2 orang penumpang disisi kanan kiri dan 1 orang instruktur ditengah2. Posisi anda bisa beridir seperti mengendarai sepeda motor atau tidur terlentang. Flying Fish ini akan ditarik oleh speed boat berkecapatan tinggi dgn jalur melawan arah angin. Dengan demikian, flying fish akan terbang diatas air kira2 2 meter atau lebih bergantung pada kecepatan angin. Persis seperti layangan. Bagi yg suka tantangan, jangan melewatkan utk mencoba permainan ini.
SNORKELING, yaitu berenang sambil melihat pemandangan bawah laut. Syarat utamanya anda harus bisa berenang. Dengan menggunakan masker dan fin, anda akan melihat ikan2 hias serta terumbu karang yg ada sambil berenang.
SCUBA DIVING, yaitu menyelam. Daripada snorkeling, lebih bagus diving sekalian. Anda akan diberikan perlengkapan diving komplit, mulai dari pakaian, tangki oksigen dll. Diving tidak harus bisa renang, lebih baik kalo anda tdk bisa renang, karena lebih gampang. Satu wisatawan akan ditemani oleh satu instruktur di bawah air, jadi tidak perlu khawatir. Sebelumnya, anda akan di-brief dulu ttg cara2 menyelam yg benar. Kedalaman bagi pemula berkisar antar 3 meter – 7 meter didalam air selama 40 menit. Sambil membawa roti utk makanan ikan, anda akan melihat indahnya pemandangan bawah laut yg dipenuhi oleh terumbu karang yg cantik dan ikan hias warni-warni.

GLASS BOTTOM BOAT DAN PULAU PENYU adalah wisata yg paling cocok jika anda mengajak anak anda yg masih kecil. Dengan menaiki perahu yg dibawahnya ada kaca bening, anda akan diajak berlayar melihat akuarium bawah laut yg terdapat di pantai Tanjung Benoa. Sambil melemparkan roti dari perahu, ikan2 akan naik dan mengejar makanan tsb. Jumlahnya ratusan ekor dan berwarna warni. Demikian juga dgn pemandangan karang laut yg elok. Setelah puas melihat hal tsb, perahu akan meluncur menuju Pulau Penyu utk melihat lokasi penangkaran penyu, binatang yg cukup langka keberadaannya. Disini anda akan melihat telur penyu yg dikeram, kemudian penyu yg masih kecil2, penyu remaja sampai dengan penyu dewasa yg sudah siap menjadi induk. Jenis penyu tidak hanya satu saja, tapi ada beberapa jenis. Disamping itu, dilokasi ini juga terdapat binatang lain spt burung, kelelawar, ular, dll yg sangat jinak, sehingga bisa anda pegang utk di foto. Permainan ini berlangsung sekitar 1 jam.

 

Agar jangan di getok, ada referensi tarif sewa dari permainan di atas:

Parasailing     : Rp 75.000 10 menit/orang/ride
Jet Sky          : Rp 150 ribu (30 menit/ride)
Banana Boat  : Rp 100 ribu (15 menit/ride/orang)
Snorkling       : Rp 75 ribu /orang/2 jam di Tanjung Benoa
Flying Fish     : Rp 120 ribu /15 menit/3 orang
Diving           : Rp 300.000 /orang/ 2 jam (tarif dapat lebih tinggi bergantung dengan lokasi yaitu di Tanjung Benoa atau di Nusa lembongan satu pulau di dekat Nusa penida)

 

PANTAI KUTA

Bagi anda yang suka wisata papan luncur (surfing) ataupun ke Bar, Kutalah tempatnya, pantai kuta memiliki ombak yang sangat disukai oleh para surfer karena keras dan enak dipake pemula ataupun berpengalaman di olahraga satu ini. Pagi main surfing, malam pergi  ke PUB atau ke disco, Kuta tidak pernah sepi pada malam harinya, live music, karaoke dll, Toko dan arshop berderet disepanjang jalan di Kuta, kebanyakan menjual pernak-pernik surfing ataupun barang-barang kerajinan. Hotel berbintang juga ada disini, yang paling terkenal; Hard rock Beach club.

PANTAI JIMBARAN

Di pantai ini pada malam hari, coffee-cofee yang berjejer dipinggirnya bergejolak dengan aktifitasnya, di sini anda bisa menyantap makanan khas laut yang langsung ditangkap nelayan pantai Kedonganan (Kelompok Nelayan di Jimbaran). Hampir tiap jengkal tanah berdir kafe-kafe yang menjual produk yang sama, persaingan sangat ketat, semuanya memberikan servis plus yang berbeda-beda, bagi anda yang belum pernah atau tumben kemari, perhatikan timbangan mereka apakah benar dengan ukuran berat pesananan anda.

PANTAI DREAMLAND

Mau tau pantai terindah di Bali selain pantai Kuta? Jawabannya tentu saja pantai Dreamland di kawasan Pecatu (uluwatu).

Pantai ini begitu indah dan tidak sepadat pantai Kuta pengunjungnya. Tentu dengan situasi ini anda akan lebih nyaman dan bisa menikmati suasana pantai yang terkenal sebagai tempat surfing ini.

Dengan perjalanan kurang lebih 30 menit dari Kuta menuju arah Jimbaran kemudian Pecatu, anda akan sampai di sini.

Kawasan pantai dreamland saat ini tengah dikembangkan sebagai kawasan wisata Bali Pecatu Resorts lengkap dengan lapangan golf 18 hole, international schools, rumah sakit internasional, shopping mall dan sarana wisata lainnya.

Tentu tidak lama lagi kawasan ini akan menjadi kawasan wisata yang exclusive dan dimanage dengan lebih baik.

GARUDA WISNU KENCANA

Proyek milyaran rupiah ini anda bisa jumpai di daerah Ungasan, di atas Jimbaran. Patung Garuda Kencana dibuat oleh seniman asli Bali Nyoman Nuarta. Dengan membawa misi menjadikan patung Garuda Kencana merupakan salah satu keajaiban dunia yang ke 8 dan ke 2 di Indonesia.

Pergelaran atau pertunjukan yang bisa anda saksikan di sini spt Kecak (Tarian tradisional bali yang dimainkan oleh puluhan orang dan mendendangkan cak-cak-cak disetiap gerakannya)

Patung Garuda Kencana baru  selesai di Bagian Kepala dan Bahu dan rencananya akan selesai pada tahun 2004.

Dari Jimbaran anda telusuri terus Jalan Uluwatu kira 10 km dari Jimbaran akan bertemu suatu kompleks di daerah Ungasan, di atas Jimbaran, biasanya digunakan untuk konser dimana dibangun patung wisnu dan garuda, karya seniman Nyoman Nuarta. Untuk masuk ke kompleks ini dikenai biaya masuk sebesar Rp. 10 rb/orang dan Rp. 5 rb/mobil. Luas kompleks ini lebih dari 200 ha terletak di atas bukit dimana kita dapat melihat pantai Jimbaran, Kuta, dan Tanjung Benoa dari atas bukit. Juga batu-batu cadas yang dipotong menjadi dinding-dinding megah yang pasti bagus untuk dijadikan background photo.

 

PURA LUHUR ULAWATU

Pura ini berdiri di ujung karang paling selatan pulau Bali. Pemandangan Indah, anda bisa menikmati samudra lautan dan juga sunset dari ujung tebing, tapi ingat monyetnya sangat nakal disini.

Uluwatu, yang terletak di ujung selatan pulau Bali dan mengarah ke samudra Hindia, merupakan tempat wisata yang menawan.

Apa yang menarik untuk dilihat di sini adalah pura yang berdiri kokoh di atas batu karang yang menjorok ke arah laut dengan ketinggian sekitar 50 meter. Di sore harinya sambil menikmati indahnya sunset, anda dapat menyaksikan pementasan tari bali yang terkenal hingga ke manca negara, tari Kecak.

Selain itu kawasan pantai di Uluwatu dengan ombaknya yang cukup besar sangat menantang untuk pencinta olahraga surfing. Tiap tahun event berlevel internasional selalu diadakan di pantai seputaran Uluwatu ini.

 

BATUBULAN

Batubulan terkenal karena pertujukan Barongnya, bilamanda anda belum pernah menyaksikan secara langsung tarian ini. datanglah ke salah satu pementasan Tari Barong di daerah  Batubulan ini ada lebih dari 5 tempat pementasan Tari Barong ini, jam pertujukan mulai jam 09.00

 

PASAR SUKAWATI

pasar tradisional ini terletak di Kabupaten Gianyar dan sangat terkenal di Bali maupun luar Bali, karena anda bisa menawar harga barang yang anda inginkan. Barang-barang yang diperdagangkan di pasar sukawati spt; baju kemeja, T-shirt, sarong pantai yang disablon dengan ukiran atau gambaran seni dari Bali, lukisan dan barang kerajinan tangan lainnya. Bila musim rame di bulan libur sekolah bus-bus wisata luar Bali banyak parkir disepanjang jalan Pasar Sukawati. Di musim rame ini tentu barang yang dijual disana tidak akan murah  lagi tapi atraksi menawar di Indonesia sangat mengasikkan.

 

UBUD

obyek wisata yang sangat terkenal dengan daerah seninya, kalo anda ingin belajar menari, melukis, mematung kayu atau batu, atau sekedar menikmati alam yang asri dipinggir sungai Ayung sambil melihat ke bawah sungai, para wisatawan bermain arung jeram, datanglah ke Ubud. Hotel kelas villa yang harga kamarnya sekitar USD 3000 permalam ada di sini. Almarhum Lady Dy pernah menginap di hotel ini, dan hotel berkelas lainnya berjejer di atas sungai Ayung. Tidak salah Ubud adalah primadona Kabupaten Gianyar karena memberikan kontribusi besar ke kantor daerahnya.

KINTAMANI

Obyek wisata dengan pemandangaan yang indah, danau Batur di Penelokan dan pemandangan gunung Batur. Toris asing dari berbagai negara datang dan makan siang di daerah Kintamani ini. Bagi anda yang datang ke Bali harus menyempatkan diri datang ke Kintamani atau Penelokan, foto bersama bersama keluarga atau pacar anda tercinta. Tapi sebelum anda mengambil poto singkirkanlah pedagang-pedagang acung yang juga berseliweran di samping anda sambil mengacung-acungkan dagangannya.

Kintamani, yang terletak di kabupaten Bangli, merupakan salah satu tempat wisata favorit pilihan wisatawan baik domestik maupun luar negeri.

Umumnya di hampir semua travel agent atau tour operator di Bali, Kintamani masuk dalam itinerary (rute perjalanan wisata) setelah mengunjungi Batu Bulan (Tari Barong), kawasan wisata Ubud atau Sukawati sebagai pusat perbelanjaan.

Kintamani menawarkan suasana perbukitan yang segar dengan suhu udara sekitar 18 derajat celcius, mirip seperti udara di Bedugul. Daya tarik utama dari kawasan Kintamani adalah pemandangan Gunung dan Danau Batur. Gunung Batur merupakan gunung yang masih berstatus aktif dan tertinggi kedua setelah gunung Agung di Besakih. Suasana terbaik adalah ketika menikmati hidangan santap siang sambil menikmati keindahan danau dan gunung ini yang menyemburkan asap bersahabat.

Tertarik untuk lebih mengenal Kintamani? Sempatkan juga diri anda untuk mengunjungi desa Trunyan yang terletak di dekat danau. Tapi anda mesti menyebrang dengan perahu untuk sampai di sana dengan perjalanan kurang lebih 20 menit. Yang menarik dan unik yaitu cara pemakaman penduduk lokal yang tentunya berbeda dari kelaziman di Bali. Mayat disandarkan di pohon tanpa dikuburkan. Tapi yang unik mayat tidak mengeluarkan bau karena ternetralkan oleh bau harum kayu yang dinamakan Menyan.

 

 

BESAKIH

Pura terbesar di Bali. Semua umat hindu di Bali ataupun luar Bali datang ke Pura ini, untuk bersembahyang untuk pemujaan Dewa Brahma Wisnu Siwa, (Dewa pencipta, pemelihara dan Dewa Pelebur) Di Pura ini berderet pura-pura utk persembahyangan bagi umat Hindu yang memiliki atau keturunan dari arya-arya jaman dulu, spt; Arya Kenceng, Arya Pande, dll. Juga merupakan peninggalan nenek moyang tertua di Bali.

 

PURA TANAH LOT

Bilamana anda ingin menyaksikan matahari tenggelam (sunset) di ufuk Barat datanglah ke Pura Tanah Lot, disamping anda bisa menyaksikan pura yang berdiri di atas karang di tengah laut di sana juga anda bisa memandang lautan samudra dari Ketinggian dan menikmati matahari terbenam di Barat. Di pura ini juga di jaga oleh 2 “Duwe” yakni ular berwarna hitam dan putih yang tiap hari kelihatan didampingi oleh  pemangkunya (orang suci pengemong pura)

 

PURA TAMAN AYUN

Bilamana anda ingin menyaksikan matahari tenggelam (sunset) di ufuk Barat datanglah ke Pura Tanah Lot, disamping anda bisa menyaksikan pura yang berdiri di atas karang di tengah laut di sana juga anda bisa memandang lautan samudra dari Ketinggian dan menikmati matahari terbenam di Barat. Di pura ini juga di jaga oleh 2 “Duwe” yakni ular berwarna hitam dan putih yang tiap hari kelihatan didampingi oleh  pemangkunya (orang suci pengemong pura)

 

SANGEH

Di Bali banyak akan anda jumpai monyet atau kera-kera penjaga pura menandakan bahwa tempat itu ada Betaranya. Spt Sangeh puluhan monyet hidup di sekitar hutan Pura. Anda pun bisa memberi makan monyet-monyet ini, ,tapi hati-hati yang membawa perhiasan giwang, kacamata, atau pernak-pernik lainnya kalau bisa dilepas atau disembunyikan di tempat yang aman kalo anda lengah  Monyet ini akan datang ke arah anda dan dengan cepatnya tangan-tangan monyet ini akan mengambil barang anda tanpa bisa berbuat apa.

 

BEDUGUL DAN

DANAU BERATAN

Bagi anda yang suka pegunungan, Bedugul adalah salah satu tempat yang menjadi pilihan. Anda bisa mampir ke kebun raya, istirahat dan membuka bekal anda, ada banyak tanaman Anggrek  yang dipelihara di sini dan ada pula tanaman langka lainnya spt Bunga Bangkai yang hanya dijumpai di pulau Bangka, bisa anda temukan di Kebun Raya dan ribuan hutan belantara yang dilindungi oleh pemerintah. Atau anda mampir di pasar buah dan sayur, ataupun menikmati danau Beratan sambil menyantap Jagung rebus.

 

GOA GAJAH

Disini dulu tempatnya kaum Brahmana mangadakan Tapa Berata, bilamana anda masuk ke dalam gua. di kiri kanan dan di Ujung dalam gua, anda akan melihat tempat strategis spt tempat untuk mengadakan yoga semadi. Di luar are Goa terdapat patung  Ganeca dan permandian penduduk desa yang masih digunakan sampai sekarang.

GOA LAWAH

“Goa Kelelawar” Kalo anda ingin melihat kelelawar dari dekat silahkan datang ke Goa Lawah yang terletak di Kabupaten Karangasem, sebelum anda masuk ke areal pura anda harus menggunakan pakaian yang rapi, tidak boleh menggunakan celana pendek. Disini hidup ribuan kelelawar dan anehnya bila anda melongok ke dalam atau bila anda melihat dengan zoom kamera anda, anda akan menyaksikan keajaiban di dalamnya. Hidup hanya 1 ekor kelelawar warna putih dan 1 ekor ayam hitam, 1 ekor bebek putih yang konon merupakan “Duwe” (Penjaga) dari Pura itu. Orang yang pernah masuk ke Goa Lawah (memiliki ilmu kebatinan tinggi) memberikan kesaksian disamping ribuan kelelawar yang bertengger, bergelantungan di mulut gua ada juga puluhan ular berbisa di dalamnya. Aneh sekali sedangkan binatang yang di dalamnya bisa hidup berdamopingan tanpa di mangsa satu sama lainnya.

 

TULAMBEN

Tulamben merupakan desa yang berkembang menjadi obyek wisata karena memiliki potensi laut yang beraneka ragam. Terletak di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, di bagian utara Kabupaten Karangasem sekitar ±25 km dari Kota Amlapura – ibukota kabupaten – , 37 km dari obyek wisata Candidasa, dan sekitar 82 km dari Kota Denpasar.

Akses menuju lokasi mudah dicapai karena letaknya di pinggir jalan raya jurusan Amlapura – Singaraja. Tulamben kemudian dikembangkan menjadi kawasan pariwisata yang meliputi 2 kecamatan, yaitu Desa Tulamben di Kecamatan Kubu; Desa Datah, Desa Labasari, Desa Culik, Desa Purwakerti, dan Desa Bunutan di Kecamatan Abang.

Daya tarik utama Tulamben adalah potensi alam bawah lautnya yang eksotis untuk kegiatan diving dan snorekling karena kondisi airnya yang jernih sepanjang tahun dan arusnya yang tenang. Pada kedalaman 30 meter di bawah laut terdapat kerangka kapal “ÚS Liberty” , sebuah kapal dagang AS yang karam akibat dihantam torpedo kapal selam Jepang pada tanggal 11 Januari 1942 ketika dalam pelayarannya melintasi Selat Lombok. Menyelam di kedalaman kapal karam Liberty merupakan alasan terbaik para penyelam yang datang ke Tulamben. Diperkirakan ada sekitar 400 spesies ikan karang mendiami kapal karam tersebut dan dikunjungi sekitar 100 spesies ikan laut lepas ( pelagic).

Tempat ini juga disebut paradise reef karena penuh dengan kejutan hewan laut yang muncul, seperti jenis ribbon eel, mimic octopus, boxer crabs, ghost pipefish, seahorse, leaf fish, garden eel, lion fish, harlequin shrimp, dan jenis lain yang tidak biasa juga ditemukan di sini. Sementara kumpulan besar jack fish yang jumlahnya hingga ratusan ekor selalu meramaikan kapal karam ini dan mereka sangat ramah pada penyelam.

 

TAMPAK SIRING DAN TIRTA EMPUL

Ke arah utara Ubud, Istana Presiden peninggalan Bung Karno Tampak Siring walau kita tidak bisa masuk ke dalamnya kecuali anda adalah tamu Negara. Di sebelah Istana ini ada Pura Tirta Empul dimana ada beberapa pancuran air yang dipercayai mempunyai khasiat menyembuhkan.

SINGARAJA – PANTAI LOVINA

 

Terletak di pesisir utara Pulau Bali. Anda bisa mengunjungi Istana peninggalan Kerajaan Buleleng dan melihat lumba-lumba di Pantai Lovina.

 

OLEH-OLEH

 

Suvenir dapat dibeli di Poppies Lane I dan II, Legian, banyak sekali barang yang dijual sebagai suvenir semisal kain, baju oblong, ukir-ukiran, tas, dll. Namun bila anda ingin membeli dalam jumlah besar untuk di jual lagi anda dapat pergi ke Sukawati ke arah Barat laut Kuta. Untuk kerajinan emas & perak dapat ditemukan di Celuk searah ke Sukowati-Ubud.
Baju Joger, dapat dibeli di Pabrik Kata-Kata Joger di Jalan Raya Tuban tanpa nomor (Kuta Bali), lp 753059 hotline 752523 +/- 3.499,99 meter sebelah utara International Airport Ngurah Rai

 

 
About these ads

Responses

  1. wow terima kasih infonya tentang bali.
    Refrensi ini sangat bermanfaat bagi saya

  2. Hay kawan datanglah ke Bali… Mari kita bersulang Bali!!

    Jeg nyante gen bli…

  3. bagus bgt n berguna coz sy blm pernah “bener2″ke bali n ini jd referensinya.tx

    • thanks and happy holiday

  4. wah makasih sudah menjadikanya satu dan lengkap sekali
    jadi ping ke bali lagi hehe

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih :D

    • Bali emang bagus buangets, gak sLhq prnah ke bali ! tpii, msih bloem puas ke Balinyaaaaaaaaaa ……!!!!!!!!!

  5. kalau pantai padang2 tempatnya julia roberts syuting bagus ga?

  6. Bali emang menyimpan sejuta pesona….
    good info mas…


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 86 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: