Oleh: listiaji | 26 Januari 2010

TARIF TOL KANCI PEJAGAN (LUAR BIASA) MAHAL


Hari ini jalur tol Kanci – Pejagan yang menghubungkan wilayah Jawa Barat dengan Jawa tengah diresmikan oleh Presiden SBY. Ini merupakan jalur tol yang dimiliki oleh swasta, kelompok usaha Bakrie melalui PT Bakrie Toll Road.

 Jalur tol sepanjang 35 kilometer ini pastinya akan memperlancar perjalanan di wilayah pantura apalagi terhubung dengan jalur tol Palimanan – Kanci. Sayangnya tarif tol yang diterapkan si proyek tol swasta pertama ini terbilang cukup mahal, yaitu Rp. 21.500 untuk Golongan I (sedan dan minibus). Bandingkan dengan jalur tol Jakarta – Cikampek sepanjang 72 kilometer yang dibanderol Rp. 11.500, tol Jakarta – Tangerang sepanjang 33 kilometer seharga Rp. 4.000,

 Sebagai perbandingan yang lebih komprehensif, berikut adalah tarif terbaru tol edisi September 2009 

No Jalur Tol Panjang (km) Tarif Gol. I (Rp.) Tarif/Km Gol I (Rp.)
1 Pondok Aren – Ulujami 5.55 4.000 720.72
2 Kanci – Pejagan 35.00 21.500 614.29
3 Serpong – Pondok Aren 7.25 4.000 551.72
4 Cipularang 58.50 27.500 470.09
5 Ujung Pandang Tahap I dan II 6.05 2.500 413.22
6 Tangerang – Merak 73.00 28.500 390.41
7 Palimanan – Kanci 26.30 8.500 323.19
8 Jakarta – Cikampek 72.00 11.500 159.72
9 Jakarta Outer Ring Road 45.30 7.000 154.53
10 Tol Dalam Kota Jakarta 50.60 6.500 128.46
11 Jakarta – Tangerang 33.00 4.000 121.21
12 Belawan – Medan – Tj Morawa 42.70 5.000 117.10
13 Jakarta – Bogor – Ciawi 59.00 6.500 110.17
14 Padalarang Cileunyi 64.40 6.500 100.93
15 Semarang Seksi A,B,C 24.70 2.000 80.97
16 Surabaya – Gempol 49.00 2.500 51.02

 Meski jalur tol Kanci – Pejagan ini bukan yang paling mahal, tapi tergolong yang paling mahal kedua secara per kilometer setelah jalur Pondok Aren – Ulujami yang menerapkan tarif Rp. 720.72/kilometer dibanding Kanci – Pejagan yang “hanya” Rp. 614.29/kilometer. Tapi tarif tol Pondok Aren – Ulujami tak begitu berasa, k arena jaraknya yang hanya 5.55 kilometer saja.

Bakrie Toll Road juga telah memegang konsensi pembangunan ruas tol Trans Jawa lainnya, yaitu Pejagan – Pemalang (57km), Semarang – Batang (75km), Pasuruan – Probolinggo (45km) dan Ciawi – Sukabumi (54km). Bila diasumsikan rata-rata tarif mendekati tarif proyek Kanci – Pejagan, maka betapa mahalnya tarif jalan tol Trans Jawa kelak bila sudah beroperasi penuh.

About these ads

Responses

  1. klo tarip tol nya tdk diturunin ga usah pilih abu rijal bakri di pilpres 2014…gimana setuju ga?

  2. gak usah pada lewat aja biar rugi tu bakrie

  3. iya kurang pantas harga semahal Rp 21.500 dengan kwalitas jalan yg panjangnya hanya 35KM dan kondisi beton yg kurang halus dan bergelombang, mohon dikaji kembali.

    • @Ipung: emang jalan tol kok bergelombang .. akhirnya saya sekarang milih non tol Bakrie karena lebih baik dan juga gak begitu rame karena orang lain yang masuk tol .. huehehe …

  4. Minta tarif tol Kanci – Pejagan untuk semua golongan donk….karena yang terlihat untuk tol hanya gol 1 saja dan gi\olongan yang lain tidak dicantumkan.

    Mohon informasinya ya…

  5. Ya,kanci pejagan ke MAHAL an…dulu pikiranku kl aku pengen pulkam ke jateng bs langganan eehh malah mahal yo wis ga jadi langganan. Kondisi normal aku lewat pantura +/- 40 menit,lewat tol +/- 20 menit jadi hanya hemat waktu 20 menit,tapi investasi 21.500. Kl pas lebaran mungkin baru impas bayar 21.500 krn pantura macet. aku tadi pagi baru lewat tol krn kebetulan ada urusan kantor jadi dibayarin,kl buat pribadi mendingan pantura….

    • setujuuuu ….

  6. Iya nih,, sy merasa kecewa dengan tarif yang berlaku di jalan tol kanci – pejagan. Saya sependapat dengan mas Ahmad, tarifnya sekitar 10.000 – 12.000
    Mohon untuk pihak Bakrie Toll Road mempertimbangkan kembali tarif tol yang berlaku di ruas kanci – pejagan.

  7. Saya benar2 kecewa dengan tarif tol kanci – pejagan. Pasalnya saya bakal gunain tol ini buat berangkat kuliah tiap hari. Alhasil, terpaksa kalo tarifnya ga turun2, saya menggunakan jalur pantura. Huft,,,

  8. Ya mas, tarifnya terlalu mahal bahkan lebih mahal dibandingkan tarif tol Palimanan-Kanci (Rp. 8000) untuk jarak 26,3 km (sekitar Rp. 304/km). Saya sebagai salah satu pengguna tidak puas dengan tarif itu. Menurut saya tarif yang pantas untuk kanci pejagan sekitar 10.000-12.000 untuk Gol I.

  9. OO ga usah repot2 mas, sebenarnya kajian tarif tol Kanci-Pejagan itu topik Tugas Akhir saya, sudah saya itung2 kok, memang biaya investasi mahal dan kurang layak ekonomi hehehehehe

  10. Wajar lah mas, Tol Kanci-Pejagan mahal, itu kan tol baru, bikinnya aja tahun 2008 ini, biaya konstruksi, material, apalagi pembebasan lahan pakai nilai sekarang ya mahal lah ujung2nya

    • Mungkin itu betul, apalagi kalau dihitung itu swasta yang harus punya target keuntungan yang maksimal. Saya punya kajian tentang tarif tol, tapi masih belum ketemu file nya, nah kalau tarif diatas Rp. 700/kilometer itu tetap terlalu mahal, apalagi dengan proyeksi Bakrie Toll Road 16.000 kendaraan per hari (dan pasti lebih dari itu, mengingat kepadatan jalur tol Palimanan – Kanci dan jalur pantura). nanti akan saya sempurnakan lagi artikel ini bila sudah ketemu ya.

      Tapi kalau dengan pertimbangan bisnis, pasti bila kebutuhan masyarakat tinggi maka sah-sah saja bila terus dinaikkan bahkan dua kali dari itu.

    • Heh, wajar???
      tarif tol itu sudah diatur untuk naik tiap 2 tahun sekali dengan biaya kenaikan yg melebihi inflasi. Jadi biaya tol dalam daftar di atas juga diukur berdasarkan nilai tukar mata uang sekarang => biaya-biaya yg diproyeksikan ke masa kini…

      Tarif segitu nggak cuman mahal mas, tapi sangat mahal, mengingat tol tsb masih panjang, nanti kalau sudah sampai ke Semarang tarifnya ratusan ribu.

      Mengingat jalan tol itu resource-nya sangat terbatas, dan juga menyangkut hajat hidup orang banyak, saya kira penetapan tarif tol harus digodok lagi di tingkat DPR…

      Tapi you tau sendiri lah DPR RI saat ini kayak apa…


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 86 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: