Oleh: listiaji | 28 April 2010

GAGAL GINJAL – UREUM DAN KREATININ


Sekitar 25% darah masuk untuk difiltrasi oleh ginjal, fungsi ginjal adalah untuk mempertahan homeostasis (keseimbangan cairan dan elektrolit
• Terdiri dari jutaan glomerolus (sebagi filtrasi) uang terdiri atas kapsula bowmwn
• Darah dari arteri afferent membuat liku-liku dan membentuk arteri efferent
• Dari kapsula bowman darah yang difiltrasi akan melewati tubulus yang berlekuk-lekuk dan bersambung dengan glomerulus yang lain dan bermuara pada pelvis renis
• Dari pelvis renis hasil filtrasi (air, ureum, creatinin, dan amoniak) akan dikeluarkan melewati melewati ureter yang kemudian ditampung di vesika urinaria
• Hasil filtrasi ginjal yang dapat digunakan sebagai indikator kerusakan ginjal adalah ureum dan kreatinin.

Hubungan ginjal dan sirkulasi
• Salah satu hasil metabolisme yang akan dibuang oleh ginjal yaitu ureum dan kreatinin adalah sebagai indikator derajat kesehatan pada ginjal
• Dan apabila keduanya meningkat, hal ini menunjukkan fungsi ginjal tidak baik
• Jika jika tekanan darah meningkat, maka filtrasi meningkat, sehinga kencing meningkat/ poliuria
• Jika ekanan darah menurun, maka filtrasi menurun sehingga kencing sedikit/ poli uria sampai anuria
• Syok yang terjadi sebagian besar karena sistem hypovolemik, mengakibatkan tekana darah menurun. Apabila kondisi ini berlangsung lama, maka mengakibatkan kerusakan ginjal yang disebut gagal ginjal. Jika mendadak disebut Gagal ginjal akut, jika menetap dsb kronik dan terminal dsb gagal ginjal terminal artinya ginjal tidak bisa lagi mengukur homeostasis.

Gagal Ginjal Akut (GGA)
• Adalah penurunan fungsi ginjal yang mendadak akibat hilangnya kemampuan ginjal untuk mempertahankan homeostasis tubuh yang ditandai dengan peningkatan kadar ureum dan kreatinin darah.
• Gagal ginjal akut dibedakan menjadi GGA prarenal, GGA renal, GGA pasca renal.

GGA prarenal
• Disebabkan karena gangguan diluar renal, biasanya karena syok hypovolemik, misalnya terjadi pada:
• Dehidrasi berat dapat menyebabkan GGA dan diare, jika tidak segera diatasi diare akan sembuh teapi ginjal menjadi rusak
• Perdarahan: darah yang keluar banyak mengakibatkan volume darah menurun, sehingga terjadi syok akibatnya terjadi GGA
• Gagal jantung: jantung tidak dapat memenuhi kebutuhan aliran darah sehingga darah yang mengalir ke ginjal sedikit
• Sepsis yang menyebabkan shock

GGA renal
Disebabkan akibat kerusakan dalam ginjal itu sendiri, misalnya myelonephritis, glomerulonephritis, intoksikasi, penyakit lupus.

GGA pasca renal
Misalnya obstruksi saluran kemih, tumor, batu saluran kemih.

Gejala GGA
• Badan lemah, sakit kepala, sesak napas (kusmaul), pucat, edema, produksi urin kurang, haematuria, kejang
• Selain itu gejala penyakit yang dapat mengakibatkan GGA yaitu syock dan infeksi saluran kemih (ISK)
• Selain tanda tanda diatas, pemeriksaan Ht sangat serat hubungannya dengan ginjal
• Tanda-tanda overload volume darah: edema paru, gagal jantung, perdarahan saluran pencernaan, penurunan keasadaran

Pemeriksaan penunjang
• Urin: proteinuria, haematuria, leukosituria
• Darah: anemia, trombositopenia, kadar ureum & kreatinin meningkat karena tidak dapat dibuang, asidosis metabolik

Gagal Ginjal Kronik (GGK)
Terjadi penurunan fungsi ginjal sehingga kadar kreatinin serum lebih dari 2 kali nilai normal, minimal lamanya 3 bulan

Gagal Ginjal Terminal (GGT)
• Suatu keadaan kadar kreatinin serum melebihi 4 kali nilai normal, minimal selama 2 bulan
• Keadaan penderita hidup tanpa tempat pengganti ginjal
• Gejala klinis: adanya riwayat penyakit ginjal, infeksi saluran kemih
• Gejala tidak spesifik: sakit kepala, lelah, letargi, gangguan pertumbuhan, anorexia, muntah, jumlah urin berkurang, edema
• Pada anak tampak pucat, lemah, gangguan kesadaran, Tekanan darah meningkat, nafas cepat, edema
• Dalam jangka panjang dapat terjadi gangguan pertumbuhan, gangguan perdarahan, dan gangguan jantung
• Kadar ureum dan kreatinin 2 x nilai normal
• Pada urin terjadi haematuria, proteinuria, leukosit +

Ureum dan Kreatinin

taken from : http://ekkyfajarfranasaputra.wordpress.com/

Muncul keinginan untuk posting berkaitan dengan ureum dan kreatinin karena terdapat seorang pasien saya di tempat praktek dengan kadar ureum dan kreatinin yang diatas normal, tetapi pada hasil pemeriksaan USG ginjal tidak tampak gangguan yang berarti. Awal pasien itu masuk adalah menderita Hipetensi, tapi setelah ,melihat hasil pemeriksaan laboratoriumnya yang memberikan nilai ureum dan kreatinin yang tinggi, muncul fikiran, apakah pasien ini menderita gangguan ginjal atau tidak.

1. PENGERTIAN

Beberapa pengertian tentang ureum dan kreatinin:

Ureum adalah hasil akhir metabolisme protein. Berasal dari asam amino yang telah dipindah amonianya di dalam hati dan mencapai ginjal, dan diekskresikan rata-rata 30 gram sehari. Kadar ureum darah yang normal adalah 20 mg – 40 mg setiap 100 ccm darah, tetapi hal ini tergantung dari jumlah normal protein yang di makan dan fungsi hati dalam pembentukan ureum. (http://kus-pratiknyo.blogspot.com/2009/10/sistema-urinaria.html)

Kreatinin merupakan produk sisa dari perombakan kreatin fosfat yang terjadi di otot. Kreatinin adalah zat racun dalam darah, terdapat pada seseorang yang ginjalnya sudah tidak berfungsi dengan normal. Kadar kreatinin pada pria max 1,6 kalau sudah melebihi 1,7 harus hati-hati. Jangan-jangan nanti memerlukan cuci darah

http://id.wikipedia.org/wiki/Kreatinin

Kreatinin: hasil katabolisme kreatin. Koefisien kreatinin adalah jumlah mg kreatinin yang diekskresikan dalam 24 jam/kg BB. Nilai normal pada laki-laki adl 20-26 mg/kg BB. Sedang pada wanita adl 14-22 mg/kg BB. Ekskresi kreatinin meningkat pada penyakit otot.

Kreatinin adalah produk sampingan dari hasil pemecahan fosfokreatin (kreatin) di otot yang dibuang melalui ginjal. Pada pria, normalnya 0,6 – 1,2 mg/dl. Di atas rentang itu salah satunya mengindikasikan adanya gangguan fungsi ginjal. Tetapi kami rasa angka 1,3 mg/dl masih tergolong normal, walaupun Anda sebaiknya mulai waspada.

http://mediasehat.com/tanyajawab499

2. BATAS NORMAL

Batas normal ureum : 20 – 40 mg/dl

Batas normal kreatinin : 0,5 – 1,5 mg/dl

http://tanyuri.wordpress.com/2008/12/09/cerita-dari-setetes-darah/

3. TUJUAN PEMERIKSAAN

Pemeriksaan kadar ureum dan kreatinin dalam darah dapat menjadi acuan untuk mengetahui adanya Gagal ginjal akut (GGA) yaitu suatu sindrom klinis yang ditandai dengan penurunan mendadak (dalam beberapa jam sampai beberapa hari) kecepatan penyaringan ginjal, disertai dengan penumpukan sisa metabolisme ginjal (ureum dan kreatinin).

http://www.klikdokter.com/illness/detail/151

Penyakit Gagal Ginjal: Penyebab dan Gejalanya

<!–murtaqicomunity–>

ginjal

Ginjal merupakan bagian dari tubuh yang memiliki fungsi fital bagi manusia. Gijal merupakan organ ekskresi yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Pada manusia normal, terdapat sepasang ginjal yang terletak dibelakang perut, atau abdomen. Ginjal tersebut terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa.

Pada orang dewasa, setiap ginjal memiliki ukuran 11 cm dan ketebalan 5 cm dengan berat sekitar 150 gram. Darah manusia melewati ginjal sebanyak 350 kali setiap hari dengan laju 1,2 liter per menit, menghasilkan 125 cc fitrat glomerular per menitnya. Laju glomerular inilah yang sering dipakai untuk melakukan tes terhdap fungsi ginjal.

Penyakit Gagal Ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urine.

Penyakit gagal ginjal ini dapat menyerang siapa saja yang menderita penyakit serius atau terluka dimana hal itu berdampak langsung pada ginjal itu sendiri. Penyakit gagal ginjal lebih sering dialamai mereka yang berusia dewasa, terlebih pada kaum lanjut usia.

Penyebab Gagal Ginjal

Terjadinya gagal ginjal disebabkan oleh beberapa penyakit serius yang di dedrita oleh tubuh yang mana secara perlahan-lahan berdampak pada kerusakan organ ginjal. Adapun beberapa penyakit yang sering kali berdampak kerusakan ginjal diantaranya :

  • Penyakit tekanan darah tinggi (Hypertension)
  • Penyakit Diabetes Mellitus (Diabetes Mellitus)
  • Adanya sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan/striktur)
  • Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik
  • Menderita penyakit kanker (cancer)
  • Kelainan ginjal, dimana terjadi perkembangan banyak kista pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney disease)
  • Rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi. Istilah kedokterannya disebut sebagai glomerulonephritis.

Adapun penyakit lainnya yang juga dapat menyebabkan kegagalan fungsi ginjal apabila tidak cepat ditangani antara lain adalah: Kehilangan carian banyak yang mendadak (muntaber, perdarahan, luka bakar), serta penyakit lainnya seperti penyakit Paru (TBC), Sifilis, Malaria, Hepatitis, Preeklampsia, Obat-obatan dan Amiloidosis.

Penyakit gagal ginjal berkembang secara perlahan kearah yang semakin buruk dimana ginjal sama sekali tidak lagi mampu bekerja sebagaimana funngsinya. Dalam dunia kedokteran dikenal dua macam jenis serangan gagal ginjal, akut dan kronik.

Tanda dan Gejala Penyakit Gagal Ginjal

Adapun tanda dan gejala terjadinya gagal ginjal yang dialami penderita secara akut antara lain: Bengkak mata, kaki, nyeri pinggang hebat (kolik), kencing sakit, demam, kencing sedikit, kencing merah/darah, sering kencing. Kelainan Urin: Protein, Darah/Eritrosit, Sel Darah Putih/Lekosit, Bakteri.

Sedangkan tanda dan gejala yang mungkin timbul oleh adanya gagal ginjal kronik antara lain: Lemas, tidak ada tenaga, nafsu makan kurang, mual, muntah, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pucat/anemi.
Segera priksakan diri ke dokter apabila menemui gejala-gejala yang mengarah pada kelainan fungsi ginjal. Penanganan yang cepat dan tepat adakn memperkecil resiko terkena penyakit ginjal tersebut.

(Dari berbagai sumber)

Responses

  1. ibu saya juga divonis sakit ginjal, tapi saya bingung mau cari pengobatan yg bagus t apa??? tanpa harus dengan obat2an kimia
    tolong bagi yg tau berbagi pengetahuannya
    trimakasih

  2. SElamat Siang,

    Mohon bantuannya ayah saya terkena fonis gagal ginja kronik (karena konsumsi obat darah tinggi atau Hypertensi) umur 61thn, creatinen 5.95 Urium 112 sdh 3 bulan ini terapi ke RSPAD Gatot Subroto dng Dr Joko Wibisono puji syukur dari hari ke hari saya lihat dan perhatikan setelah mendapati pengobatan makin membaik tp ada yg saya khawatirkan seumur hidup terapi obat obat dan saya takut ginjal makin bekerja keras tuk mencerna obat obat tersebut, mohon share ke saya tuk obat herbal apakah yg cocok untuk pengobatan ayah saya mohon share ke email saya di (sfransiskarini@gmail.com) atau WA saya di 081381662210

  3. Terimakasih atas informasi lengkap dan penting yang anda berikan, tentu akan sangat bermanfaat bagi mereka yang awam mengenai masalah tersebut. Penyakit gagal ginjal merupakan salah satu penyakit yang banyak ditakuti, apalagi kalau sampai harus cuci darah yang kita semua tau bahwa biayanya tidak murah. Menjaga kesehatan ginjal dan semua organ tubuh akan menjadi sangat penting dan sangat membantu untuk mencegah beragam penyakit, dengan pola hidup sehat dan konsumsi air putih secukupnya bisa membantu menjaga kesehatan tubuh :)

  4. bagi yg butuh ketosteril, saya jual murah, asli, tidak kadaluarsa. add pin bb: 75b2868e / telp 085780036446.

  5. Terima kasih buat teman teman yg sudah me whattsapps saya maupun telp/SMS langsung, ada beberapa kawan yg saya arahkan langsung ke dokternya, ada juga yg saya bantu konsulkan ke dokter ybs(yg luar kota), pada intinya saya hendak memberi satu keterangan seperti yg diberi tahu oleh dokter nya, begini…. Kreatin dan ureum tinggi itu hanya ekses dari suatu sistem tubuh yg tidak berjalan dengan normal, artinya kreatine dan ureum tinggi disebabkan oleh hal lain, misalnya yg sangat umum adalah hypertensi dan diabetics , ada juga hal hal lain seperti jatuh (memar ginjal), hepatitis atau bahkan kista dalam ginjal… Nahhh… Disinilah letak missing link nya teman teman , kreatine Anda tinggi, maka Anda harus tau penyebabnya, harus…!!!, itulah yg harus diobati terlebih dahulu, dalam kasus saya , saya menderita hypertensi dan selama ini berobat ke Internist, saya salah besar… Karena internist selalu memberi obat penurun hypertensi tanpa “menilik” lebih jauh saya menderita hypertensi yg seperti apa, dokter jantung pada akhirnya mengobservasi jantung saya dan menemukan penebalan di dinding sebelah kiri, kesimpulannya saya penderita hypertensi bawaan dari orangtua, maka obat obat an hypertensi pun diberhentikan….. Wahhhhh…!! Saya kaget, ketika dokter bilang minum obat tensi selama 8 tahun yg membuat ginjal saya babak belur, alhasil semua obat tensi distop, diganti dengan yg lebih soft tapi dibarengi dengan therapy hypertensi…., pola makan berubah total, pola tidur berubah, dan olahraga tertatur dengan trainer hypertensi ( saya di streching ) setiap hari , dua bulan kemudian tensi saya ada di 120 / 90, dokter mengurangi lagi dosis obat sampai 1/4 nya, setelah itu barulah saya diberi Prorenal (vitamin ginjal ), dan hasilnya kreatin membaik, Dalam sesi kontrol dokter berbicara bahwa rumah sakit hanya mengukur kreatine dan memvonis cuci darah, tanpa meng ekplorasi kenapa ginjal kita sakit, mereka ( dokter yg kita bayar mahal ) semestinya mati matian menyembuhkan sistem yg merusak ginjal kita…. Bukan memvonis mencuci darah…!!! Terima kasih semoga kita semua diberi berkat keaehatan

    • Mohon bantuan informasi lebihlanjut bu. Ureum kreatinin sy tinggi dan vonisnya cuci darah. Sy selama ini hyoertensi tp sdh sebulan ini cenderung normal. Tp ureum kreatinin msh tinggi. Mhn pencerahan. Tq

    • maaf sy mo tny.apakah itu dialami sdri dg anda??kadar kreatinin brp pd saat itu?mamah sy kreatinin 5,9 dktr sdh sarankan cuci darah.hb drop hingga 5.apakah ada saran obt herbal apa yg pernah anda konsumsi dan apakah saat ini kreatin anda kembali normal?trimakasih penjelasanny

    • Pak, anda berobat kemana, bisa kasih tau referensi dokter yg bagus pak untuk gagal ginjal? Trimakasih sblmnya..

    • Ke dokter mana y anda pergi mas? Boleh tau ga..mksh sblmnya y

  6. Permisi mau tnya untuk black seed oil and garlic nya itu yg di pakai brandnya yg siapa ya ? Soalnya saya ke apotik dan ada 3 brand . saya belum berani beli soalnya ada 3 brand . lalu untuk waktu minumnya itu bagaimana ? Setelah makan atau sebelum ?.mohon balasn nya segera . terima kasih

  7. Mohon penjelasan
    Saya sudah divonis oleh doktet sebagai penderita gagal ginjal dgn ureum dan kreatinin sangat tinggal saat ini harus cuci darah seminggu 2x :
    1. Apakah gagal ginjal kronik bisa disembuhkan ?
    2. Apa diet yg harus dipatuhi ?

  8. Umur : 26th
    Tinggi Badan : ±165
    Berat Badan : 55
    Jenis “L/P : laki”
    Golongan Darah. : O
    Domisili+No.Hp yg bs dihub: jakarta_timur, 083806066203
    Jwab pertanya dgn jujur _
    *1.Anda Perokok: sudah tidak meroko dan dlu juga ga terlalu banyak 1 hari cma bsa 2batang rokok
    2.Anda Alcoholic/minuman keras
    sejenis memabukkan: tidak
    3.Anda pernah konsumsi Narkoba /
    Sejenis: tidak
    4.Anda pernah menderita Penyakit
    Kelamin / Sejenis: tidak
    @Motivasi donor ginjal : untuk membahagiakan calon pasangan hidup saya dan membantu berobat bpk saya yg sudah sakit 7th dan untuk mebayar hutang” ibu sya
    @Kompensasi yg diInginkan : jaminan buat saya minta 500jt tpi saya nungu k’sangupan dri sodara tolong d kompir masih langsung k’nope 083806066203 tolong d kabarin secepet nya

  9. Sy br saja cek up, kadar ureum 42 ??? kreatin 2 ,, obat herbal aa ???? hrs sy konsumsi supaya kadar kreatin nya normal ? ??(*)(*)?h?k. ??(*)(*)
    Help me : pin BB 27E61105

  10. Saya ingin berbagi pengalaman saya tentang penyakit bapak saya 1.5 tahun yang lalu bapak saya harus menjalani operasi pemasangan ring di jantung karena efek dari komplikasi dri diabetes. Obat2an untuk jntung harus dikonsumsi tiap harinya dan anda tahu apa efek sampingnya. Bulan juni dokter memvonis bapak saya mengalami kerusakan ginjal yang di tandai semakin menurunnya fungsi ginjal bapak saya dari setelah operasi dan angkat tangan untuk menangani bapak saya. Ketika idul fitri kemarin saya baru mengetahui kejadian ini ketika bapak saya mengucapkan pamit kalo seandainya tahun depan tidak bisa bersama lagi. Otomatis saya syok saat itu,mendengar hal ini. Saya berusaha mencari cara bgaimana menyembuhkan bapak saya, melalui internet saya mencari informasi tentang tentang penelitian tentang ginjal, dan saya menemukan bnyk jurnal membahas hubungan antara renal(ginjal) dengan black seed oil dan garlic (bawang putih). Dimana fungsi keduanya kususnya black seed oil dapat melindungi gnjal yang mulai rusak dan sedikit demi sedikit memperbaiki fungsi ginjal kembali. Tentu saja saat itu saya gembira namun ada rasa was2 untuk memberikan black seed oil ke bapak saya, takut malah berefek sebaliknya. Akhirnya saya memberitahukan hal ini kebapak saya disertai rasa takut, namun bapak saya berkata ya sudah di coba saja toh kalo g di coba kita tahu manfaatnya. Ya akhrnya bapak saya mengkonsumsinya 3x sendok makan tiap hari. Sebulan kemudiaan kita test ke lab hasilnya alhamdulillah trjadi penurunan hasil di kretinin dri 2,6 ke 2,4 sebulan kemudian dicek lagi menuju ke 1,92 dan yang trakhir kemarin nilainya sudah turun je 1,74 dan ini disertai asam urat bapak saya sudah mulai hilang, kolestrol diangka normal,trygliseride mulai ke angka normal, gula darah sesudah makan trun ke nilai 300an dari sebelumnya berada dikisaran 500an. Alhamdulillah demikian pengalaman saya semoga ini dapat membantu anda skalian

    • black seed oil itu apakah yang biasa disebut jinten hitam / habatussauda itu ya pak?

      • black seed oil itu apakah yang biasa disebut jinten hitam / habatussauda itu ya pak?

    • Permisi mau tnya untuk black seed oil and garlic nya itu yg di pakai brandnya yg siapa ya ? Soalnya saya ke apotik dan ada 3 brand . saya belum berani beli soalnya ada 3 brand . lalu untuk waktu minumnya itu bagaimana ? Setelah makan atau sebelum ?.mohon balasn nya segera . terima kasih

  11. dok, paman saya sakit. kami bawa ke rs n usg. hasilnya pembengkakan hati dan linfa, ada pendarahan pada lambung n ginjal kasar. setelah tes darah, ureumnya 259 trus kreatinin 5,4. namun ciri2 pada pasien muka pucat kekuning-kuningan n masih bisa jalan. sebelum usg seluruh tubuh yaitu muka, jari tangan, jari kaki ada pembengkakan namun setelah dikasih dokter obat, bengkaknya berkurang. gimana itu dok? apa bisa hasil tes darah salah n hasil usg juga salah? padahal uda 2x usg n hasilnya sama yaitu pembengkakan hati n linfa. makasi

  12. Februari tahun lalu kadar ureum saya normal, tapi kreatine saya 2,1 saya nggak lolos uji MSTC untuk Scan penyumbatan pembuluh jantung, akhirnya saya harus chateterisasi untuk mengetahui tingkat penyumbatan jantung saya, walaupun tidak jadi pasang ring karena penyumbatan ya cuma 14 %, saya jadi kepikiran karena kreatine saya tinggi, Januari tahun 2013 saya cek lagi kreatine, hasilnya 2,3 saya makin stress, hingga bulan lalu saya cek rutin, angkanya 2,7….., akhirnya saya pindah ke dokter lain yg senior… Saya keluhkan mengenai angka kreatine saya, lalu saya cerita kalau saya menderita hipertensi, bawaan dari turunan orang tua, lalu dokter memberi saya obat untuk diminum 2 tablet tiap minum, tiga kali sehari….. Hari ini saya cek laboratorium lagi…. Kreatine saya 1,1……!!!!!! Jadi kawan kawan kalau disini tidak etis memberi nama dokter dan obatnya , silakan SMS atau Whattsapps saya di 08111114664, dan saya akan dengan senang hati berbagi info dokternya kepada Anda sekalian…. Semoga Tuhan memberkahi kesehatan kepada kita semua… Terima kasih

    • selamat pak kritianus ginting

      saya saangat menarik di tulisan bapak yang bapak alami, bisa saya dikasih info dokter dan obatnyaa pak email alhamdani67@yahoo.co.id ( saya ada di banten pak ), mks…

      • Selamat siang Pak Kritianus Ginting, saya tertarik dengan pengalaman bapak, saya ingin coba berobat dgn dokter Pak GINTING, saya sudah menjalakan cuci darah selama 2x seminggu, kadar creatinin saya di posisi 11-13, ureum di posisi 130 sd 150,
        saya mohon info dokter n obatnya tolong di email ke sandi.irawan257@gmail.com

  13. terimaksih banyak bt smuanya ..info2 di atas sangat bermanfaat sekali smoga Allah SWT membalaz kbaikan anda2 smua yg telah berbuat baik, amin.yg bener2 pingin share dn membantu berbagi pengalaman bagi kita2 yg punya masalah yg sama.

  14. Wah sgt membantu, trima kasih, ma2 sy adl pnderita hipertensi, wkt itu 274/120 mmHg dn bru cek lab dn hsilny sgt mngejutkan krn ureumny 80.5 dan kreatinin 4.65.. sy mo tanya, kira2 rebusan daun sukun dan sirsak aman gk buat hipertensiny? Krn kta dokter tknan darah sbaikny dibwh 150 untk mnjga ginjalny tdk brtmbah rusak.. trims.. info dr sdra2 akn sgt mmbantu..

  15. Untuk kadar kreatinin 0,5 untuk laki-laki itu artinya apa ya,

    • untuk kadar kreatinin normalnya 0,5 -1,5

  16. Yth Dokter
    Saya ingin tanya.saya pensiunan dan umur 59 th.menderita hipertensi cukup lama lebih dari 10th dan sudah secara rutin ke dokter spesialis jantung.sejak 1th terakhir kandungan kreatine darah 2,9 serta ureum 50-60.Saya saat ini sudah konsul dg dokter spesialis penyakit dalam ahli ginjal secara rutin dan diberi obat u hipertensi
    Zanidip,kolesterol,triglicerida,ketosteril dan lacbon,yang ingin saya tanyakan kepada dokter :
    1. Apakah dg kandungan kreatin pd darah 2,9-3,1 yg notebene fungsi ginjal sudah menurun tsb dapat disembuhkan.apa kiat makan atau pola hidup yg perlu diatur agar tdk bertambah parah.
    2.bersamaan dg kondisi saya diatas ,cenderung triglecerida saya dalam tinggi 300-600.Apakah ada pengaruh fungsi metabolisme gi jal ini terhadap triglecerida darah.
    Terima kasih dokter atas nasehatnya.

    Salam,
    A Haryanto

  17. ass,wr.wb
    saya mau tanya umur saya 34 th laki – laki. hasil cek up saya ureum saya 57 mg/dL, dan kreatinin 2.3 mg/dL. tolong minta dijelaskan apa ginjal saya baik – baik saja atau harus waspada. mohon dengan sangat yg bisa menjelaskan saya ucapkan banyak terima kasih. mudah-mudahan Allah SWt dapat membalasnya. amiin

  18. kadar creatine 1,1 mg/dl sedangkan ureum 26 mg/dl artinya apa ? masih normal kan ya bu?

    • menurut saya mbak Dini masih normal kok,tapi tidak ada salahnya pola makan tetap dijaga ,supaya tetap sehat.

  19. ass bu saya lukman. . .
    ayah saya trindikasi gagal ginjal. .
    kadar creatinin 13,77mg/dl uric acid 9,9mg/dl
    mw tanya untuk daun sukun kering, ,dikeringkan dengan matahari .atau alami kering yg jatuh dari pohon. . . . bu
    mhon cpt d blas. . . . . .

  20. Ass,bu retno ibu sy gagal ginjal terdiagnosa sekitar 2bln yg lalu dan sudah 4x HD,skrg kreatinin ny 8,7 bgaimana cara menurunkan kreatinin ny bu?trmksh info ny sangat bermanfaat

  21. Ibu saya masuk RS krn muntah dan BAB darah di periksa ternyata luka di lambung dan ibu memang penderita hipertensi yg sudah lama hasil lab tgl 4 okt ureum 235 kreatinin 3.90
    tgl 5 okt ureum 268 kreatinin 4.20 (dilakukan tranfusi darah krn hb 6.7)
    tgl 6 okt ureum 250 kreatinin 4.20
    tgl 7 okt ureum 246 kreatinin 4.30
    tgl 8 okt ureum 229 kreatinin 3.80
    dan saat ini dirawat dirumah dgn kondisi ibu saya yg seperti ini harus kah cuci darah dan harus makan sayur apa saja yg boleh dan ikan atau daging apa yg boleh kalau herbal bisa dibantu dengan ramuan apa terima kasih banyak atas perhatiannya

  22. untuk menurunkan kreatinin dan ureum bisa dengan daun sukun, kalau kering daun sukunnya cukup 15 grm digodok dari 2 gelas jd satu gelas, bisa juga dgn daun binahong 15 gram kering atau 7 lembar dari 2 gelas jd 1 gelas. terus hindari makanan yg bnyk menyebabkan asam urat tinggi sperti jeroan sapi,kambing, ayam, lemak2an. lebih baik makan ikan saja sprti ikan mas, gurame, jgn makan ikan salmon. kacang2an hindari. mudah2an yg menderita gagal/ rusak ginjal cepat sembuh

  23. pacar saya usia 29 tahun kata dokter mengalami infeksi ginjal dan kadar ureum lebih dari 250 dan kreatinin 13…sudah mengalami cuci darah 2 x dan harus dilakukan cuci darah lagi…HB nya pun rendah mencapai 3 koma….karena kekurangan uang, untuk melakukan HD dan transfusi harus mikir2 dulu dan kata orang kalau di HD bisa membuat organ2 di tubuh makin buruk.
    apa ada ramuan yang bisa membuat ureum+kreatinin turun menjadi normal dan HB naik??
    saya hampir frustasi karena sudah hampir 3 bulan dia tidak bisa kemana2 lantaran lemas dan saya tidak tega melihatnya.
    tolong bantu share

  24. saya juga bingung mohon info yg sejelas nya,, ,1 minggu lalu saya berikan untuk ibu saya air perasan buah bit, karena ibu saya juga mengalami hb yg rendah, setelah ambil hasil lab kemarin sore ini, yg menbuat bingung kadar ureum dan creatinin nya malah naik,, sedang asam urat nya memang drastis turun,, dari 11,7 menjadi 7,7 dalam jngka waktu 1 minggu,,,lalu bgmn dengan ureum dan creatinin nya,, ini yg menbuat saya bingung, dapat kan di teruskan dengan menmberikan air perasan buah bit ini??

    • Saya juga pernah mencoba blender bit karena hb saya 8 , tapi membuat kreatin dan ureum tinggi, jadi bingung dan dilema, ahirnya saya suntik Hamapo yg cukup mahal.
      Saya punya pengalaman yg cukup akurat, siapa tau berguna untuk pembaca. Saya pernah merasas mual2 dan muntah2 selama 3 hari berturut-turut.Ternyata kreatin saya 5,9 dan ureum 166. Ketika dikonsultasikan ke dokter saya divonis untuk cuci darah. Selama menunggu proses admintrasi cuci darah, ada kawan yg menyarankan meminum Cellfood> Sya coba beli dan memang mahal 1 botol kecil 450 ribu, bisa habis 2 botol per bulan. Saya minum dficampur air putin 100 cc, sebanyak 10-15 tetes. Langsung rasa mula dan muntah2 berhenti seketika. Takjub sekali. Setelah saya minum lebih dari 2 mg, saya coba ke lab dan ternyata kreatin turun 4,2 dan ureum 88. Sehingga vonis cuci darah di cansel, menunggu8 perkebangan selanjutnya. Begitu pengalaman saya, silahkan dicoba siapa tahu cocok untuk pembaqca membuat kreatin dan ureum turun.

      • cellfood apakah dijual bebas di apotik atau harus resep dokter? thx jawabannya

      • tolong kasih tau saya kalo ada obat untuk ibu saya ibu saya sakit gagal ginjal kronik.

      • Cellfood itu belinya dmna ya ?. Mohon bantuan infonya . yerima kasih

  25. Menarik blog ini. Saya termasuk penderita gangguan fungsi ginjal, kreatinin dan ureum diatas normal. Dg membaca berbagai pengalaman komentator sangat membantu saya untuk melakukan diet makanan, dpt meramu sendiri herbal dsb. Semoga bermanfaat.

  26. tanya dokter,
    hasil uji lab saya
    urea 28,2 mg/dl, BUN 13,2 mg/dl, kreatinin 1,59 mg/dl, protein +/- 10, apa artinya itu dokter? dan kl tidur telentang/duduk bersandar terasa punggung kiri terasa tdk nyaman/agak ngilu, artinya apa dokter ? bowo malang terima kasih

  27. ibu saya 50 thn,mengalami kelainan ginjal ,ada kista menempel di ginjal kanan kiri,sehingga kista telah mengambil alih fungsi ginjal,terakhir kencing darah.kata dokter kelebihan kreatin dalam darah ,krn ginjal tidak maksimal bekerjanya.mungkin kalo di kira2 kista nya dah besar ,terus petunjuk dari dokter cepat ato lambat harus cuci darah 2 ato 1 kali setiap mggu.ibu saya kalom minum obat2 sejenis pil dan lainnya gak mau minum .dulu pernah mangidap batu ginjal juga,asma. darah tinggi sekarang jg masih belum sembuh…semua gejala cocok semua dgn yang diartikelkan di layanan ini(gagal ginjal kronik)mungkin ada yg mau ksh masukan ?ini ada kontak saya 081240526982 ato -85640029204( bondan)

  28. Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai pencegahan dan pengobatan penyakit (Hampir semua kitab suci menulis tentang lebah, Q.S. An Nahl Ayat 68 & 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
    semoga bermanfaat
    Rahmah

  29. Assalamu alaikum…
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak atas artikel ini dan juga kpd rekan2 yg telah berbagi ilmu, semoga Alloh mencatat amal ibadahnya.Amin…
    Saat ini ibu kami disarankan untuk cuci darah (gagal ginjal) oleh dokter akibat diabetnya.
    Creatine dari 9 turun ke 7 dan terakhir 6.
    Terus terang artikel ini menambah semangat kami untuk berusaha memberikan yg terbaik buat ibu kami (tak terbayangkan jasa2 beliau bagi kami).,ternyata tidak ada penyakit yg tidak ada obatnya.
    Lewat forum ini kami mohon kiranya bisa berbagi informasi kepada kami, jenis herbal atau ramuan yg bisa menjadi solusi bagi kesehatan ibu kami dan orang2 yg membutuhkan.
    Dengan saya sertakan PIN BB: 274DED1E, no HP: 083856434212 dan Email: jantra_malewa@yahoo.co.id
    Jazakumulloh…

  30. Assalamu alaikum…
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak atas artikel ini dan juga kpd rekan2 yg telah berbagi ilmu, semoga Alloh mencatat amal ibadahnya.Amin…
    Saat ini ibu kami disarankan untuk cuci darah (gagal ginjal) oleh dokter akibat diabetnya.
    Creatine dari 9 turun ke 7 dan terakhir 6.
    Terus terang artikel ini menambah semangat kami untuk berusaha memberikan yg terbaik buat ibu kami (tak terbayangkan jasa2 beliau bagi kami).,ternyata tidak ada penyakit yg tidak ada obatnya.
    Lewat forum ini kami mohon kiranya bisa berbagi informasi kepada kami, jenis herbal atau ramuan yg bisa menjadi solusi bagi kesehatan ibu kami dan orang2 yg membutuhkan.
    Dengan saya sertakan PIN BB: 274DED1E, no HP: 08385643421 dan Email: jantra_malewa@yahoo.co.I’d
    Jazakumulloh…

  31. Bu retno, bs kah bantu saya dimana bs saya dapatkan daun sukun tsb? Saya sdh berusaha mencari tp blm menemukannya. Trimakasih bnyk bu, saya ingin mencoba utk ayah saya yg ureum nya naik menjadi 105 kreatinin 6.

  32. malem bu,saya mau tanya daun sukunnya yg mash basah apa kering?
    dan minumnya berapa kali sehari,apa aja pantangannya?!
    terima kash bu!!!!

  33. ureum tingkat tinggi bisakah disembuhkan.Bagaimana menentukan tingkat stadium seorang yg trkena gagal ginjal?

  34. ureum saya pernah mencapai 115 n creatinin 13.setelah pulang dr RS saya mencoba makan spt vegetarian.tapi ayam dan ikan masih dgn porsi kecil.secara berangsur-angsur selama 3 bulan ureum n creatin sy turun smp skrg creatin 1,2.obat dr dokter yg d berikan adalah bic nat n caco3.tp skrg sdh tdk d berikan lg.pengobatan herbal saya minum rebusan teh daun sukun yg sdh d keringkan.semoga bermanfaat.senang bisa kenal n berbagi dgn sesama.tetap semangat u/sembuh!!
    retno.surya@yahoo.com

    • salam kenal bu retno. mohon tanya minum air rebusan daun sukun itu ukurannya bagaimana. daun sukunnya berapa airnya berapa. diminum sehari berapa kali. terima kasih untuk infonya.

      • salam kenal jg pak herman.
        waktu itu saya minum rebusan daun sukun hanya 3hari sekali.terutama kalau sedang tidak makan sayur bayam, daun singkong(saran ahli gizipun menyarankan untuk tdk d konsumsi), daging merah(sy vegetarian jd tdk mkn daging).daun sukun d usahakan jgn d konsumsi berbarengan kl kt sdg makan daun bayam,singkong n daging merah.
        kl sy takarannya : daun sukun yg sdh d keringkan ambil 1 jumput, d seduh dgn air mendidih 1 gelas 200cc(gelas belimbing), d aduk selama kira2 5mnt, diamkan tggu hingga hangat n daun sukun tsb tenggelam d dasar gelas, saring air seduhan daun sukun tsb, d minum selagi hangat/suam2 kuku.
        kalau ureum n kreatinin bpk tinggi, harus makan dgn protein rendah(vegetarian). krn daging dan makanan yg berbumbu byk memperberat kerja ginjal.
        semoga bermanfaat dan semangat u/sembuh.

    • bu retno… kakak saya berumur 27 th,, kreatinnya 9, kakak saya sebelumnya mengidap diabets dari umur 8 th sampai sekarang… teh daun sukun nya itu meramu sendiri atau beli bu?? trus rasanya seperti ap??

      • saya meramu sendiri mbak.kebetulan d rmh kakak ipar sy ada.rasanya spt teh hijau, agak sepet2 sedikit.tp ga pait kok..

    • pagi bu retno, setelah membaca artikel ibu sangat bermanfaat sekali, karena ayah saya kena gangguan ginjal kronis hasil lab trakhir 2 mei 2012 kreatinin 6,28 dan ureum 117 umur 61 thn yang kami tanyakan bu retno tipe yg kronis (sudah berlangsung sejak lama) atau akut (tiba-tiba) untuk bitnac ayah saya menkonsumsi tetapi yang caco3 belum apakah obat tersebut ada istilah lainnya karena cari dibuku obat tidak ketemu, terima kasih

      • slmt siang pak abhi.sy tdk tau dan jg tdk mau tau sy sdh tergolong tipe apa?tp pd awalnya wkt umur 4thn sy t’kena nefrotik sindrom.caco3 nama lainnya osteocal.
        kl ada p’tanyaan lain kirim email aja ya..

      • Pak saya mau tanya, apakahayah bapak klo tidur bisa berbaring di te$pat tidur?
        Karena ibu saya akhir2 ini tidurnya sambil duduk, klo tiduran sesak nafas dan perutnya sakit.
        Keadaan ayahnya bapak gmn
        Tx infonya

    • selamat malam bu retno,saya mau menanyakan obat apa yang cocok untuk saudara saya.
      saudara saya ini skitar 3 mg yg lalu kreatinnya naik jadi 2.0 yang awal indikasinya diketahui saat ia diopname di RS karena tekanan darah tinggi 180 yang tidak kunjung turun. dari situlah baru kami mengetahui bahwa kreatin dia 2.0 dan kmaren ini selama seminggu dia mengikuti diet yang dianjurkan dokter,dan yang mengherankan malah naik menjadi 2.6 dan disarankan bila naik lagi untuk cuci darah.
      pengobatan apa yang harus dilakukan saudara saya itu untuk menurunkan kreatinnya??mungkin tidak bu strees jg mempengaruhi kreatinnya??

    • dear bu retno,
      mohon maaf sebelumnya, saya coba kirim email ke alamat yang ibu tuliskan (retno dot surya at yahoo dot com) tapi gagal terus, no such name. apakah salah ketik ya bu? saya ingin bertanya via japri kepada ibu, terimakasih.. :)

  35. Saya penderita gagal ginjal dan hrs cuci darah 2kali seminggu apakah masih ada ramuan atau herbal yang bisa menyembuhkan sakit saya

    • Salam kenal Pak Tunggul..perkenalkan saya Tommy..saya praktisi herbal dari China..mungkin untuk sembuh total butuh waktu lama..tapi saya ada beberapa ramuan yang bisa memperbaiki pak.. cuci darahnya bisa berkurang sampai sebulan sekali,, jika tertarik bisa hubungi saya 087877662155

      • Anda kalau mau menolong orang … kenapa mesti telp anda dulu… kenapa tidak anda jelas kan disini…semua yg disini orang yg butuh informasi penyembuhan … semua nya ingin sembuh.. kalau anda ingin menolong.silahkan kasih informasi nya… keceuali anda seorang penipu.. hanya memanfaatkan kesusahan orang lain….

      • sekedar mau sharing, bagusnya mencoba produk placenta spt suami sy.

      • Betul mbak Helen….untuk mas Tomy kalau mau berbagai pengalaman kenapoa tdk tulis saja disini supaya bisa dibaca semua orang yg sakit ggk, apa mas Tomy ada unsur bisnisnya ?

  36. Ayah saya kena gagal ginjal,habis opname 3mggu kreatinin dicek 10,89. Trus aq kasih ramuan herbal,stlah diknsumsi krg lbh 20hari turun jadi 7,7. Skrg masih jln trus minum ramuannya. Kalau berminat silahkan email saya di g_rindro@yahoo.com insyaallah sy bntu sbisa mgkin.

    • Obat herbal apa yang anda masdkan? Mohon diberikan resepnya. Terima kasih.

    • adik sy kena diabetis, kreatin 2,09, ureum 132. tlg kirim ramuan herbal untuk memperingan / menyembuhkan penyakit tsb. trim atas atensi dan balasannya.

    • kalau mau bantu kenapa mesti kirim email.. kenapa ga di jelaskan disini aja… kan semua bisa tertolong dgn informasi dan pengalaman orang tua anda

  37. 2 Minggu yang lalu saya menerapkan / menyarankan untuk konsumsi buah bit beserta airnya, 1 minggu kemudian kita cek laborat, hasilnya sangat mengagetkan ureum dan kreatin suami saya malahan naik lebih tinggi, padahal tadinya sudah menurun. Hb nya juga malah turun drastis. Dan dokter-dokter menyarankan suami saya untuk cuci darah.

  38. Assalamu’alaikum wr wb,

    bagus banget artikelnya. tp sy punya saran. gagal ginjal dietnya rendah kalium, maka sebaiknya dihindarkan konsumsi buah yg mengandung tinggi kalium, spt kurma dan pisang. pada penderita gagal ginjal yg mengalami penurunan kadar protein (hipoproteinemia), maka salah satu usaha untk meningkatkan kadar proteinnya secara alami dan aman bagi ginjal adalah dgn konsumsi ikan gabus, kira2 2-3 kali sehari @1-2 ekor.

    demikian, semoga bermanfat.

  39. bagaimana menurunkan kembali laju creatininin yg sdh mencapai 5,3 dan cenderung bertambah? Makasih

  40. bagus sekali artikelnya…..makasih ya, informasinya sangat bermanfaat sekali buat saya…

  41. terimakasih atas semua artikel yang bisa saya baca di atas, termasuk beberapa saran dari beberapa orang, kreatinin saya juga di atas normal, tp dengan membaca tulisan di atas jadi saya tidak terlalu cemas.

  42. saya ada kenal SINSE / herbalis & dia stay seputaran BANDUNG. mungkin anda bisa share & tanya_jawab silahkan hub : 085724413232

  43. saya ada kenal SINSE mungkin bisa buat anda share… silahkan hubungi : 085724413232

  44. bagus skali artikelnya aq suka,,,,
    dan ini mnambah pengetahuan saya,,,
    saya mau tanya knp jeruk nipis dan rumput laut bisa mncegah terjadinya batu ginjal?

    • itu jeruk nipis dan rumput laut sendiri mengandung asam sitrat yang berperan sebagai anti-batu (mencegah batu ginjal). asam sitrat mampu merontokkan mineral atau senyawa lain yang terdapat di dalam makanan pemicu batu ginjal dan mengeluarkannya melalui air seni.

  45. apakah masih ada ramuan herbal untuk ayah saya yang terkena gagal ginjal dengan ureum lebih dari 200 dan kreatinin 26 lebih?
    sedangkan ayah saya msh bertahan tanpa cuci darah,,,, kembali masah biaya,,,
    apa tman2 admin punya saran? apa penagalaman? untuk penyembuhan ayah saya? mungkin hanya dengan bantuan do’a dari teman2 smoga ayah saya sembuh amin.
    tolong shere ya,,,

    • Dengan creatinin 26 lebih dan ureum lebih dari 200, apakah ayah anda sudah mengalami pembengkakan? di daerah tubuh tertentu ?

  46. Suami saya gagal ginjal, kreatin 3,9 dan ureum 91, tapi belum cuci darah, masih berusaha dengan pengobatan2 macem2, serta diet protein 40 g,tapi belum berhasil menurunkan kreatin, masih tetap di angka 3,9. Sdh mencoba ke bogor berobat herbal yg berupa jamu digodoh, tapi malah kreatin bertambah naik, jadi berobat ke bogor saya stop. Sekarang kembali ke obat dokter saja, sambil penuh doa.

    Saya sedang berjuang utk supaya tidak bertambah naik kreatinya.

    • klauureum naik terus, saya ada sedikit tips, tapi ini harus dilakukan frontal supaya hasil maksimal, yaitu selama 2 minggu hentikan samasekali konsumsi DAGING (merah maupun putih), insyaallah hasilnya luar biasa, dan silahkan coba, karena ibu saya dari ureum 260 langsung turun di 40

      • maksudx daging putih? daging ap ya?

      • terima kasih atas sarannya..

      • ikut sharing aja….yg di maksud daging putih itu adalah daging ayam. smg jwbnnya ini benar dan dpt membantu

    • jangan minum obat herbal sembarangan ya buat semuanya..karna yg di takutkan malah memperberat kerja ginjal..semoga Allah memberi kesehatan kepada anda semua dan orang yg sedang sakit amiin,.. di samping minum obat coba doa syifa dan banyak sholat malam..karna yg menyembuhkan penyakit hanya Allah semata..

  47. Terima kasih atas artikel ini. Sungguh sangat membantu saya untuk mengetahui seperti apa penyakit gagal ginjal itu, karena mama saya sedang mengalami sakit gagal ginjal dan nyaris cuci darah. Thanks again for the article.

  48. Suami saya pasien gagal ginjal selama 6 bulan bahakan cuci darah 2X Seminggu dan hasil Lab terakhir ureum 90 dan kratinin 17, jika ada info lain ataupun yg punya pengalaman yg sama seputar gagal ginjal,,mohon berbagi mengenai pengobatan gagal ginjal, dengan saya di email: noviantidewiamd@yahoo.co.id Terimakasih….

  49. bila kreatining diatas 10 dan ureum diatas 100.
    Lakukan diet rendah protein.
    pagi dan malam minum susu non fat.
    pagi siang malam 3/4 gelas nasi dan setengah telur atau ikan mas
    sayur dipotong2 cuci, rendam air panas 2 jam, godog dan buang air nya.
    hindari buah dan sayur karea banyak kalium.
    jangan makan tahu tempe dan kacang2an.
    rebusan sayur labu air, kucay, lobak putih 1/2 gelas saja.
    mium segelas teh manis dg gula 2 sendok makan.
    semoga cepat sembuh.

  50. Kami ada ramuan alam yg dapat menyembuhkan segala macam penyakit seperti gagal ginjal,jantung,asam urat,kolesterol,cikungunya,stroke,penaykit menular seksual(PMS),mata minus,kista,miom,keputihan,asma,ambeyen,maag,kanker,kanker otak,kanker payudara,diabetes,hiper/hipo tensi,leukimia,thalasemia,lupus,paru paru,dsb secara alami tanpa operasi,tanpa bahan pengawet dan biaya yang menyesuaikan kemampuan,info lebih lanjut 08128448627 Kunjungi page kami di http://www.facebook.com/pages/Pengobatan-Tradisional-untuk-segala-penyakit/123308827749818?ref=hnav

  51. mengapa creatinin yang bersifat racun diserap lagi oleh ginjal padahal yang seharusnya diserap yaitu glukosa malah dikeluarkan di urin?
    mohon jawabannya y?
    thx.

  52. ibu saya pasien gagal ginjal. Hari ini jadwal beliau cuci darah yg ke2 kalinya. terkahir kadar ureum 200 dan kretinin 6.42.

    mohon kepada teman2 berbagi informasi mengenai pengobatan herbal untuk menaikkan kembali fungsi ginjal. karena sudah banyak juga penderita gagal ginjal yang sembuh dan tak perlu lagi cuci darah.

    sementara ini Ibu saya minum sari Buah Mengkudu. belum ada satu bulan konsumsi. menurut info, 3 bulan pertama konsumsi untuk detoksifikasi dan 3 bulan berikutnya untuk pemulihan kembali sel-sel yang rusak. Butuh waktu minimal 6 bulan untuk mengetahui perkembangannya. Butuh kesabaran..
    mungkin ada teman2 yang ingin mencoba herbal ini.. ada produk yang sudah siap konsumsi.

    jika ada info lain mengenai pengobatan gagal ginjal, mohon berbagi dengan saya di email: nuraini.sari@gmail.com atau 088813231333
    Demi kesembuhan orang yang kita cintai. Terima kasih.

    • Untuk jus mengkudunya ada takarannya? 1hr brp x dan setiap minum brp cc(takarannya).
      Apa manfaatnya bagus untuk ibunya sari?
      Skr keadaan ibu sari gmn.
      Minta info nya sis..
      Soalnya ibu sya juga urine udh 59, kreatin 8,93.
      Tx sebelumnya..

  53. ibu saya sudah beberapa x cuci darah bahakn 1 mgg 2x namun hasil lab msh aja Ureum 149,3 sedangkan Kreatinin 10,49 obat dri dokter slalu teratur minum air sedikit,, langkah apa yg hrs sya ambil biar brkurang jmlh Ureum & Kreatinin, makasih sebelumnya

  54. terima kasih banyak pak sharing informasinya,
    sangat bermanfaat,

  55. bagi yang mengalami gagal ginjal coba ramuan ini :
    rebus akar alang-alang & Kurma sampaikan mendidih,setelah mendidih dinginkan dengan angin yang alami,setelah dingin di minum 3 gelas kecil sehari.
    ingat 1 gelas s’kali minum.
    mundahan cepat sembuh.
    mau info lebih jelasnya hubungi aja di facebook q.
    alamat email nya mas.9912935563@gmaibagi yang mengalami gagal ginjal coba ramuan ini :rebus akar alang-alang & Kurma sampaikan mendidih,setelah mendidih dinginkan dengan angin yang alami,setelah dingin di minum 3 gelas kecil sehari.ingat 1 gelas s’kali minum.mundahan cepat sembuh.mau info lebih jelasnya hubungi aja di facebook q.alamat email nya mas.9912935563@gmail.com

    l.com

    • terima kasih atas infona, pak arif..

    • Selamat malam Pak Arif, info yang Bapak muat akan sangat membantu orang2 yang membutuhkan. Namun boleh saya minta keterangan lebih lanjut mengenai takaran alang2 dan kurmanya. Terima kasih.GBU.

  56. ibu saya sudah pernah cek labor,,kreatinin na 0,46..itu gmana ya??
    sebenarna ibu saya itu sakit nya RA (Rheumatid Arthritis)…berhubungan gak dengan riwayat sakit yang diderita na??jadi menurut anda ginjal ibu saya udah tidak bekrja secara normal lg??

  57. ibu saya pasien gagal ginjal, kreatinin sudah mencapai 16 dan ureum 80,,mohon share para ahli herbal ataupun yg punya pengalaman yg sama septar gagal ginjal,,mohon share ke saya…kontak saya :
    081394500842/ email : mufadandut@yahoo.com….mohon bantuannya,,,

  58. Saya mau tanya, adik saya sakit gejala pertama mual dan pusing setelah di periksa darahnya tinggi kemudian di obati sekarang darahnya sudah tidak tinggi lagi karena di kasih obat dari tinggi tapi kreatinnya terus meningkat sekarang kreatinnya 3.6 dan uriumnya 80 mohon sharenya dok ? apakah penyakit adik saya itu ? bagaimana cara pengobatannya karena kalau didiamkan saya takut adik saya bisa gagal ginjal mengingat kreatinnya naik terus…..(adik saya usia 21 tahun)
    terima kasih mohon bantuannya.

    • bu olive coba minum madu herbal assalamah madu herbal duo extrak manggis dan sirsak sebelum dan bangun tidur..insya allah kreatinin nya turun mudah mudahan bermanfaat ya bu dan cepet sehat amin

  59. ibu saya pasien gagal ginjal. creatinin diatas 10 & ureum diatas 200. mohon share dari pakar2… HERBALIS… atau para kenalan semua yg pernah punya pengalaman seputaran gagal ginjal… mohon share ke saya yaa… kontak saya : 081331939505 / email ; dedybelitung@gmail.com

    • bisa dicoba pakai daun sirsak,anak saya mengidap multikistik ginjal bawaan dari lahir setelah rutin mengkonsumsi rebusan daun sirsak kreatininnya normal dari sebelumnya 2.42 skg menjadi 0.5

      • terima kasih untuk sdr abet atas infona.. Saya pernah dengar khasiat dari sirsak (buah dan daunnya). ternyata bisa juga untuk menaikkan fungsi ginjal..

      • tolong tanya pak abet. berapa takaran daun sirsak dan airnya, sehari minum brapa kali. terima kasih

    • ortu saya dua duanya juga sakit gagal ginjal, kadar urem 120 dan kretarin diatas 5 tetapi setelah mengkonsumsi rebusan daun sukun dan rebusan daun sirsat (muris) alhamdulillah turun sekarang kreatin menjadi 4 tetapi sampai saat ini belum bisa normal ukuran normal kreatinnya

  60. kira2 …
    berapa bos nilai normal ureum didalam urine ..???
    mohon jawabannya ..
    hehehee

  61. Boleh nanya gak apa aza penyebap kreatinin dan kadar urium kadar meningkat…???
    Trus apakah hrs dioperasi utk bs menuruninya…?
    Makasih….

  62. saudara saya usia 50 tahun kadar kreatinin darah 4,5 mg/dL diperiksa tiap minggu selama 2 bulan hasilnya berkisar 4,3 – 4,5. Mohon info obat apa yang bisa menurunkan kreatinin.
    Terima kasih

    • bu ema coba minum rebusan air kulit manggis atau beli extrak kulit manggis d toko herbal resmi ..mudah mudahan cepet sehat ya bu saudaranya amiin

  63. Ass. Wr. Wb.

    Saya berumur 46 th, bbrp waktu lalu saya memeriksa darah ke lab. Hasilnya menunjukkan ureum 81 mg/ml dan creatinin 0,7 mg/ml. Apakah saya menujukkan penurunan fungsi ginjal dan apa yang harus sy lakukan. Saya mohon jawabannya terimaksih.

    Wass.

    NAdirsyah

  64. Makasi infonya,
    saya baru abis ceck up (darah), dan setelah baca tulisan ini saya agak lega ternyata hasil pemeriksaan darah saya normal semua

  65. saya periksa ke lab dan hasik kreatinin saya 1.2 tapi pada rujukan 0,5-0,9 lalu saya bagaimana ? mhn sran + minum apa?

  66. Mari bergabung dengan IKCC (Indonesia Kidney Care Club): http://www.ikcc.or.id atau di FB : INDONESIA KIDNEY CARE CLUB (IKCC) –> Group… untuk lebih lanjut mengetahui Penyakit Gagal Ginjal.

  67. Saya ingin menanyakan,

    bude saya di vonis oleh dokter mengalami gagal ginjal, dan diprediksi hanya bertahan selama 10 tahun.
    Dan untuk saat ini, bude saya menjalani cuci darah sebanyak 2 kali dalam seminggu.

    ada yang ingin saya tanyakan, untuk melakukan cek laboratorium, sebaiknya dilakukan 1 hari setelah proses cuci darah, atau dilakukan sebelum dilakukan cuci darah.

    • Mari bergabung dengan IKCC (Indonesia Kidney Care Club): http://www.ikcc.or.id atau di FB : INDONESIA KIDNEY CARE CLUB (IKCC) –> Group… untuk lebih lanjut mengetahui Penyakit Gagal Ginjal.

  68. ayah saya kalo kencing rasanya panas pada bagian kemaluan… sudah melakuan operasi batu pada saluran emih,,,dan 6 bula beikutnya kambuh lagi,,…bagaimana solusinya.

    • Pengalaman sy berikut mungkin berguna bagi ayah herly. Saya terkena penyakit batu ginjal sdh sejak lama. Saya merasakan serangan pertama thn 1996. Umur sy skarang 50 thn. Waktu itu, Pinggang terasa sakit sekali. Rasa sakit itu sampai 5 jam. Keesokan harinya, sy periksa ke dokter, Urin diperiksa lab. Ternyata di urin sy banyak kristalnya atau batu2 kristal oksalat. Kmd sama dokter sy dikasih 3 macam obat. Dan Alhamdulillah batu2 tsb bs keluar mll urin. Lima tahun kmd kambuh lagi. Tp sy diberi tahu saudara spy minum CALCUSOL, berbentuk capsul wrnanya merah putih. Calcusol ini Racikannya almarhum Dr. Sardjito, Jogyakarta. Setelah saya minum obat ini selang 1 -2 minggu batu2 tsb pada keluar melalui urin, ada yg berupa serbuk lembut (klo keluar terasa panas) & ada pula yg berbentuk batu kecil sebesar separo biji kacang kedelai. Sekarang sy sdh sembuh. Untuk maintenance, saya minum obat ini dua hari sekali 1 kapsul. Alhamdulillah sampai sekarang gak pernah kambuh lagi. Calcusol sdh ada di apotik. Memang tdk setiap apotik menjualnya. Gak ada salahnya ayah herly mencobanya. Smoga lks sembuh. Amiin.

    • Ada empat tipe batu ginjal.

      Batu yang isinya sebagian besar kalsium; (2) Batu asam urat; (3) Batu sistin dan (4) Batu struvit disebut juga batu infeksi

      Batu struvit (campuran dari magnesium, amonium dan fosfat) terbentuk di dalam air kemih yang terinfeksi.

      75% batu adalah jenis kalsium oksalat, sekitar 10% batu asam urat dan 10% lagi batu struvit. Batu sistin kurang dari 1% dan biasanya disebabkan oleh kelainan metabolisme oleh faktor keturunan.

      Namun seringkali, batu ginjal adalah kombinasi dari unsur-unsur tadi semua.

      Ukuran batu bervariasi, mulai dari yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang sampai yang sebesar bola pingpong.

      Untuk mencegah tergantung jenis batu yang dihadapi.

      Batu kalsium.

      Biasanya batu kalsium terbentuk ketika kalsium bercampur dengan oksalat.

      Oksalat adalah produk sampingan dari hasil metabolisme tubuh.

      Ada empat sumber oksalat yang terdapat di urin:

      Dari sumber protein.

      Terlalu banyak konsumsi vitamin C.

      Dari hasil metabolisme makanan secara umum.

      Makanan tertentu yang kaya oksalat seperti: cokelat, teh, kecang kedelai, kacang tanah, bayam, beet,dll.

      Batu asam urat.

      Asam urat adalah juga produk dari metabolisme yaitu purin, yang dapat ditemukan pada semua protein hewani dan makanan nabati tertentu seperti polongan dan lentil.

      Batu asam urat ini biasanya menyerang orang yang berusia lebih tua, 50 tahun keatas, karena fungsi ginjal yang sudah menurun.

      Batu sistin disebabkan faktor genetik yang sangat tidak umum, jika terjadi, harus ditangani oleh dokter yang spesialis (nephrologist/ endocrinologist).

      Batu struvit atau batu infeksi.

      Ini adalah yang paling sulit dan berbahaya karena dapat mengakibatkan komplikasi akibat infeksi oleh bakteri (proteus). Batu ini sering menyerang wanita yang mengalami infeksi saluran air kemih yang berulang-ulang.

      Kondisi / provokator yang mendukung timbulnya kristal batu.

      Pertama tentu adalah banyaknya kehadiran kalsium dan oksalat Perbandingan komposisi kalsium dan oksalat adalah sekita 10:1

      Kehadiran monosodium urate yang menjadi bibit terbentuknya batu kalsium.

      Disamping faktor pendukung, ada faktor penghambat timbulnya batu kalsium, yaitu Sitrat.

      Sitrat adalah faktor penghambat terbaik terbentuknya batu, semakin banyak sitrat dalam urin, semakin kecil kemungkinan timbulnya batu.

      Sitrat sebagian besar dibuat di ginjal sendiri, dan ginjal akan membuat lebih banyak sitrat bila kondisi PH urin bersifat alkalin. Sebaliknya PH urin yang bersifat asam akan menyebabkan semakin sedikit sitrat yang terbentuk.

      Menjaga PH urin agar alkalin juga sangat penting agar batu asam urat tidak terbentuk. Pada kondisi alkalin, asam urat akan dikonversi menjadi urate dan urate ini lebih mudah larut sehingga tidak membentuk kristal.

      Kemampuan melarutkan pada PH 7 adalah sebelas kali lebih tinggi dari pada urin pada PH 5.

  69. apa yang dirasakan bila creatin nya meningkat, demam? mual? nyeri? terimakasih

  70. Sekiranya ada yg butuh info ini.Cuci darah gratis dari tanggal 15-18 des 2010. Di RS. Dr Suyoto. Jl. RC Veteran NO 178. Bintaro pesanggrahan. Jaksel telp. 0217342012 atau 02173884000 ext 201. Atau hub dr. Ni putu 081380905395. Tolong sebar bagi yg membutuhkan..thanks

  71. klau ureum turun sampai 14 apakah itu masih batas normal?

    • Ureum saya 13 ml dan kreatinin 0.5 ml, apakah artinya saya juga mengalami sakit ginjal. Satu lagi, tekadang pinggang saya sering sakit, tapi jika setiap hari saa mengknsumsi air putih sebamyak 2 liter, pinggang tidak terasa sakit. Jka ada yang megerti, boleh dong share ke saya.
      Trims.

  72. Sy ingin menanyakan ttg
    “Gagal Ginjal Kronik (GGK)
    Terjadi penurunan fungsi ginjal sehingga kadar kreatinin serum lebih dari 2 kali nilai normal, minimal lamanya 3 bulan”
    Yg mjd pertanyaan sy..stlh 3 bln itu..apakah akan kmbli normal..atau bgmn?Lalu cara menurunkannya..apakah cukup dg mengurangi/diet makanan yg mngandung protein??Terima ksh..

  73. Saya pernah mendapatkan informasi dari salah satu mitra kerja yang pernah mengalami gagal ginjal dengan kondisi creatin sudah mencapai angka diatas 4,5. Beliau rajin mengkonsumsi air perasan dari buah Bit setiap hari selama 6 bulan berturut turut bisa sembuh total dan creatin dari angka 4.5 bisa berubah menjadi menjadi 0.3.
    Bagi yang menderita gagal ginjal cobalah dengan rutin mengkonsumsi air buah bit setiap hari dan minum air putih yang banyak.. Insa Allah sembuh….

    • Terimakasih atas informasi yang diberikan oleh P.Sudiastoro . Infpomasi ini sangat bermanfaat sekali bagi kami .

      Wassalam

    • maaf topi kok saya agak ragu ya, soalnya khan buat warna merahnya kuat sedangkan ginjal utk memproses yg aneh2 udah tdk berfungsi, wlpn warna alami tp khan merah banget…..tp itu benar2 diminum rutin tiap hari ya, coba dicek ulang lg dgn yg bersangkutan…soalnya klau memang yakin saya juga mo coba, soalnya SUSAH BANGET MENAIKKAN HB BAGI PASIEN GAGAL GINJAL, khan disuruh diet protein. tp makasih infonya , ditunggu nfo selanjutnya, soalnya nambah BH lewat tranfusi darah jg tdk gampang bagi pasien yg males ke RS dan tensi gampang naik.

    • Saya mau tanya manfaat air buah bit, karenah ayah saya skr ureum dan creatin sangat tinggi, creatin 3,6 dan ureum mencapai 90..mohom informasinya mengenai takaran air buah bit an berapa lama konsumsi tesebut…terimaa kasih

    • 2 minggu yang lalu saya menerapkan terapi konsumsi buah bit yang kaanay menurunkan kreatinin, tapi seminggu kemudian suamiku cek laborat, hasilnya begitu mencengangkan, ureum, kreatin nya malahan naik jadi lebih tinggi dari sebelumnya dan hemoglobinnya juga drop banget. Dan dokter-dokter menyarankan suami saya untuk cuci darah dan ini diharuskan.

      • Wah mbak,kalau saya bisa sharing,mbak harus coba produk sprt yg kami konsumsi.NAMAnya Dna placenta. bagus sekali.

      • saya jg mengkonsumsi perasan air bit. ureum kreatinn malah naik. membuat tenggorokan serak dan batuk akut.

  74. Bagus artikel yg satu ini.. Saya adalah pengurus dr Club Pasien Gagal Ginjal. Saya sbg Sie Humas, Promosi & Usaha, yg saat ini sedang berusaha meningkatkan kepedulian masyarakat thdp penyakit Gagal Ginjal. Kalau ada kesempatan, boleh dong kami ngisi talkshow seputar Gagal Ginjal… :)

    • /
      kalo boleh tau< no contact ibu brp

      • Wah terima kasih infonya,kbetulan bapak saya juga sedang menderita gagal ginjal,rutin cuci darah 2xseminggu. Cek kreatine msi tinggi 11,4 tadinya 14 ureum 60 sudah turun dari 250. Saya coba diet gandum. Tapi sekarang masalahnya kreatinnya yg blum turun dan malahan bapak saya gak mau diet lg,ga enak katanya hehhe.jadi karna sering hd jadi anemia sekarang malah harus transfusi darah.kira2 kadar kreatin segitu aman tidak klo berenti hd/cuci darah.mohon infonya

      • 085364118281,kirimkan jg no kontk mbak neni y,maaf y br d bls

      • 085364118281,maaf y mbak vivi br d bls

      • Setelah beberapa minggu bpk’ saya konsumsi gandum dan obat2 herbal alhamdulilah kreatinnya sudah turun jadi 6,7 lumayan lah pasien bisa jalan dan aktifitas. Klo ada yang mw sharing bisa ke 085220645715/ibu neni


Berikan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 87 pengikut lainnya.

