Oleh: listiaji | 7 Juni 2010

TEMPAT WISATA MENARIK DI BATU, MALANG


Kota Wisata Batu “De Kleine Switzerland” 

Saat orang menyebut buah apel, udara sejuk, dan pesona alam nan indah pasti ingatannya akan tertuju pada Kota Wisata Batu. Ikon itu pula yang membedakan Kota Wisata Batu dengan kota lain di Indonesia. Secara geografis, kota di Provinsi Jawa Timur ini berada pada ketinggian antara 680-1700 meter di atas permukaan air laut dengan suhu udara berkisar antara 15-19 derajat celcius. Tepatnya di sebelah barat Kota Malang dengan jarak kurang lebih 19 km. Jika bertolak dari Kota Surabaya, perjalanan ke Kota Wisata Batu butuh waktu kurang lebih 2 jam. 

De Kleine Switzerland (Swiss Kecil di Pulau Jawa), begitu dulu orang Belanda menyebut kota nan elok itu. Mereka suka pergi ke Batu jika sedang kangen dengan kota terindah di dunia yakni Swiss. Menurut mereka, hanya satu yang tidak ada di Kota Batu dibandingkan dengan Swiss yakni salju !.

Banyak hal yang bisa Anda jumpai di kota yang berdiri di atas bukit ini. Jika ingin mengajak putra-putri anda rekreasi sambil belajar Anda bisa berkunjung ke Jatim Park dan menikmati aneka wahana pendidikan yang disediakan. Jangan hanya puas menikmati hiburan yang disediakan Jatim Park karena Anda bisa membawa anggota keluarga mengunjungi Taman Wisata Selecta. Di sini juga menyediakan arena bermain, berenang, sepeda air dan ekowisata berupa hutan pinus.

Puas menikmati aneka wahana di dua obyek wisata ini, ada baiknya istirahat sejenak untuk sekedar melepas lelah. Tak usah bingung, karena di Batu tersedia sarana penginapan yang nyaman mulai villa hingga hotel berbintang empat dengan tarif yang sangat terjangkau. Jangan lupa, malam harinya anda bisa kongkow bersama keluarga sambil menikmati kopi hangat dan jagung bakar khas Kota Batu di kawasan Payung. Atau sebelum ke Payung Anda bisa membawa keluarga menjelajahi wahana unik di Batu Night Spectacular (BNS). Di obyek wisata ini selain bisa menikmati aneka wahana unik seperti taman lampion dan aneka wahana permainan menantang, Anda juga bisa menikmati pemandangan suasana malam dari dataran tinggi.

Setelah puas berkeliling kota, Anda bisa menikmati hawa dingin pegunungan di berbagai obyek wisata yang tersebar di daerah pinggiran Kota Wisata Batu. Antara lain Pemandian Air Panas Songgoriti, Pemandian Air Panas Cangar, Air Terjun Coban Rais dan Coban Talun. Ada pula obyek wisata sejarah seperti Candi Renggo, Patung Ganesha, dan Junggo. Bagi yang menginginkan kegiatan ekstrim, bisa menikmati wisata pendakian di Gunung Panderman, Gunung Banyak dan Gunung Arjuno.

Anda juga bisa melihat peninggalan Jepang dengan mengunjungi Gua Jepang di Cangar dan Tlekung. Masing-masing menawarkan keekstremannya melalui kegiatan mountain hiking serta caving. Bagi pecinta olah raga yang menguji adrenalin, Kota Wisata Batu juga menyediakan olah raga rafting dan paralayang. Dengan pilihan yang begitu banyak, tentu tidak susah bagi anda untuk merencanakan kegiatan selama berlibur di Kota Wisata Batu.

Tidaklah sulit untuk mencapai Kota Wisata Batu. Kota ini bisa dicapai melalui darat maupun udara, dengan menggunakan kereta api, pesawat maupun kendaraan bermotor. Jika menggunakan transportasi umum, jalur utama berakhir di Terminal Arjosari, jalur selatan di Terminal Gadangm, dan jalur barat di Terminal Landungsari. Bila anda turun di terminal atau stasiun dan ingin langsung menuju Kota Wisata Batu, anda bisa naik mikrolet atau taksi. Semua mikrolet atau angkutan dalam wilayah Kota Malang dan Batu menggunakan inisial tujuan sebagai penanda jurusan. Sebagai contoh, AD untuk jurusan Arjosari-Dinoyo, GL untuk Gadang-Landungsari, AL untuk Arjosari-Landungsari, dan AG untuk Arjosari-Gadang.

Memang kalau berpergian dengan angkutan umum, anda harus berganti angkutan beberapa kali. Tapi jangan khawatir, jalur darat di Malang-Batu kualitasnya bagus. Jalannya beraspal mulus. Namun, perhatikan lalu lintas cukup padat terutama di hari-hari libur. Hati-hati juga, jalur menuju Kota Wisata Batu banyak dipenuhi tikungan. Dari terminal Arjosari maupun Terminal Gadang Anda mencari angkutan umum jurusan terminal Landungsari. Dari Terminal Landungsari Anda tinggal melanjutkan perjalanan dengan mikrolet jurusan Batu.

Untuk pengguna kereta api, Anda akan turun di Stasiun Kota Malang yang berada di tengah Kota. Dari stasiun itu Anda tinggal mencari mikrolet yang menuju Terminal Landungsari. Atau jika tidak ingin ribet, anda bisa naik taxi atau mencarter angkutan umum dengan tarif yang pasti terjangkau. Begitu juga dengan anda yang naik pesawat. Dari Bandara Lanud Abdulrahman Saleh Anda tinggal naik taxi yang tersedia dan langsung menuju Kota Wisata Batu. Sampai di Batu tidak perlu bingung mencari obyek wisata yang akan dituju karena peta lokasi semua obyek wisata terpampang di beberapa sudut kota. Anda tinggal memilih obyek wisata mana yang pertama kali akan dituju.

Air Terjun Coban Rais 

Satu lagi obyek wisata yang menjadi andalan Kota Wisata Batu. Sensasi air terjun Coban Talun dan Coban Rais yang tak hanya indah dilihat dari kejauhan. Wisata alam yang terletak di dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, ini juga lebih eksotis jika dilihat beberapa jengkal dari lokasi jatuhnya air dengan ketinggian sekitar 75 meter itu. Gemuruh suara benturan air dengan batu-batu cadas dibawahnya menambah sensasi semburan air terjun yang terasa seakan mengguyur sekujur tubuh. Berada di lokasi yang agak berjauhan dengan lokasi jatuhnya air pun akan tetap bisa merasakan sensasi ini. Bedanya, suara gemuruh itu hanya terdengar agak lirih.
Air Terjun Coban Talun Memang, untuk menikmati sensasi semburan air terjun Coban Talun maupun Coban Rais Anda harus bersabar menunggu beberapa saat hingga ada hembusan angin. Angin itu akan membawa butiran-butiran air terjun ke sekeliling lokasi air terjun yang berdiameter kurang lebih 15 meter. Jika anda amati dengan seksama pemandangan di sekitar lokasi air terjun ini akan bertambah elok karena selain bisa menikmati gemuruh deburan air terjun, anda juga bisa menyaksikan banyak pelangi. Pemandangan pelangi aneka warna itu akan bisa disaksikan di setiap sudut. 

Untuk mencapai kawasan ini memang tidak mudah. Selain dituntut kehati-hatian, juga diperlukan tenaga ekstra. Pengunjung harus melewati aliran sungai dan menembus perbukitan yang tajam dan berkelok. Jalan setapak menuju lokasi amat sempit, licin dan curam. Sementara di kiri kanan jalan setapak sepanjang 2 km itu dikelilingi jurang. Begitu melintasi kawasan ini sesekali anda harus berpegangan dahan dan rumput liar yang tumbuh.

Air Panas Cangar

Wisatawan benar-benar akan dibuat kerasan berlama-lama berada di wisata pemandian air panas Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo Cangar. Di obyek wisata yang terletak di Dusun Cangar, Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu, ini wisatawan bisa berendam hingga berjam-jam di kolam air hangat. Untuk masuk di kawasan wisata alam ini, anda cukup membayar Rp. 2.700 per orang. 

Berbekal tiket ini, Anda bisa menikmati semua potensi wisata di kawasan ini. Tidak hanya kolam air hangat, anda pun bisa menikmati suasana alam sekitar yang masih perawan. Anda tidak perlu kaget menyaksikan aneka satwa hutan seperti monyet yang masih bisa hidup bebas. Satwa-satwa ini bebas bergelantungan di beberapa dahan pohon. Aksi para monyet ini tentu menjadi hiburan pelengkap berwisata pemandian air panas Cangar.

Selain bisa menikmati sensasi Air Terjun Coban Talun, Coban Rais lalu berendam di air panas Cangar, Anda juga bisa menelusuri rimbunnya Tahura Raden Soeryo. Kawasan ini sangat cocok untuk berkemah (camping). Disini anda juga bisa melihat dari dekat sumber mata air Arboretum yang menjadi penghidupan masyarakat di 14 Kota/Kabupaten di Jawa Timur. Di Arboretum, Anda bisa melihat secara langsung koleksi aneka tanaman langka dan Padang Rumput Lalijiwo yang terhampar luas seakan tanpa batas.

Hash

Kota Wisata Batu juga memperkenalkan wisata jalan sehat hash dengan rute mengelilingi area perbukitan. Sebelum olahraga alam ini diperkenalkan secara resmi ke publik, banyak kelompok hash di Malang dan Jawa Timur yang memanfaatkan Kota Wisata Batu sebagai lokasi perjalanan hobi mereka. Di rute hash sepanjang kurang lebih 8 km itu para hasher bisa menikmati pemandangan alam yang indah sambil sesekali bertegur sapa dengan warga desa di sebagian jalur hash.
Selecta Ini adalah obyek wisata paling legendaris di Kota Wisata Batu. Tempat wisata yang didirikan oleh seorang warga negara Belanda Ruyter de Wildt, pada tahun 1930 ini menyuguhkan suasana yang menawan. Hamparan bunga-bunga, yang tertata apik, layaknya bunga-bunga di Belanda. Hawa pegunungan nan sejuk membikin pengunjung tak mau segera meninggalkan Selecta yang dalam bahasa Belanda Selective berarti pilihan. 

Terletak di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu, Selecta dikelilingi gunung-gunung. Ada gunung Arjuno, Welirang, dan Anjasmoro. Untuk menuju ke sana, dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari Kota Malang dan 3 jam dari Kota Surabaya. Ketinggian Selecta dari permukaan laut 1.150 m dpl, dengan suhu udara berkisar antara 15 – 25 derajat celcius dan kedinginan air berkisar 18 derajat celcius.

Area wisata ini sempat mengalami pembumi hangusan dan mengalami kerusakan pada jaman revolusi. Selanjutnya, pada tahun 1950 dibangun kembali oleh 47 tokoh masyarakat yang dikenal sebagai pendiri Selecta. Mereka adalah warga pribumi yang bergotong-royong untuk membangun Selecta.

Pada awal masa kemerdekaan, Selecta menjadi tempat wisata dan peristirahatan pilihan bagi semua lapisan masyarakat negeri ini. Mulai dari rakyat biasa hingga elite politik termasuk Bung Karno dan Bung Hatta.

Dari masa kemerdekaan hingga masa sekarang, Selecta tetap mempertahankan tatanan sebagai tempat wisata eksotis yang indah dan sejuk, sehingga tetap menjadi tujuan wisata pilihan bagi semua lapisan masyarakat negeri ini dan wisatawan mancanegara. Bahkan Selecta telah mengembangkan diri menjadi taman rekreasi dengan fasilitas yang lengkap tanpa mengurangi nilai sejarah dan keasriannya.

Sekarang, Selecta tidak hanya mempunyai kolam renang dengan air pegunungan yang segar dan jernih, tetapi juga dilengkapi taman bunga yang luas dan indah serta taman bermain anak dengan segala fasilitas bermain untuk anak, termasuk becak mini dan mobil mini. Kolam perahu dengan fasilitas perahu kano dan sepeda air, arena jogging seluas 6 hektar dan arena untuk berkuda serta tempat outbound yang ideal.

Ketika memasuki areal taman rekreasi Selecta, pengunjung dapat dengan mudah mendapatkan tempat parkir, karena luas tempat parkir mencapai 3 hektar dan sebuah masjid yang representatif di areal tersebut. Begitu turun dari kendaraan, pengunjung disuguhi aquarium dalam ukuran yang sangat besar dipenuhi berbagai macam ikan air tawar dan sebuah gua unik yang bernama gua singa.

BNS (Batu Night Spectacular) 

Menginap di Kota Wisata Batu saat ini dipastikan akan terasa beda. Malam hari anda bisa menikmati suguhan wisata paling spektakuler di Jawa Timur di Batu Night Spectacular (BNS). Obyek wisata yang berlokasi di Desa Oro-oro Ombo ini menyajikan aneka wahana yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga anda. Ada puluhan wahana yang tidak akan bisa Anda lupakan setelah menikmatinya seperti galeri hantu, slalom tes, sepeda udara tertinggi, lampion garden, dan trampoline. Di obyek wisata ini anda juga bisa menguji adrenalin dengan mencoba beberapa wahana seperti drag race, mouse coaster, dan beberapa permainan lain. Banyak juga wahana yang khusus disediakan untuk anak-anak seperti kids zone yang terdiri dari 25 macam. 

Selain berbagai wahana menarik, keunikan BNS juga didukung letaknya yang sangat strategis di dataran tinggi. Dari obyek wisata mala mini anda bisa menikmati pemandangan alam Kota Malang dan sekitarnya dengan lebih sempurna. Gemerlap lampu di kawasan Malang Raya malam hari akan mengiringi suasana kongkow anda di beberapa kafe yang tersedia. BNS juga menyiapkan beberapa wahana yang unik yang rugi kalau dilewatkan seperti lampion garden, galeri hantu, cinema empat dimensi, sirkuit go kart terpanjang, layar sepanjang 50 meter di area food court, dan air mancur menari.

Usai menikmati beragam wahana yang disediakan di areal seluas 3 ribu meter persegi ini, silahkan anda menuju night market. Arealnya tak hanya sekedar menjajakan beragam kebutuhan dan oleh-oleh khas. Tetapi, juga berbagai kebutuhan lainnya.

Di ujung night market, ada ratusan kursi berjajar yang disediakan bagi pengunjung di areal food court. Ada banyak pilihan menu minuman maupun makanan di area ini. Tinggal pilih minuman dingin atau panas. Begitu halnya makanan. Banyak menu yang bisa dipilih sesuai selera.

Kenikmatan di food court bukan hanya pada menu makanan atau minumannya. Tetapi juga sajian yang diberikan saat pengunjung menikmati makanan maupun minuman. Ditengah-tengah menikmati hidangan, manajemen BNS akan menyajikan show time. Ada panggung musik yang menghadirkan musik-musik terbaru.

Yang tak kalah menarik, saat show time ini adalah sajian dancing fountain (air mancur menari). Konsentrasi pengunjung pada makanan maupun minuman dijamin buyar. Tarian air mancur diiringi permainan lampu warna-warni itu mampu memaksa mata pengunjung tertuju ke liukan air. Air mancur itu terlihat cukup lihai menari mengikuti lantunan lagu. Dari lagu instrumental, pop rock, hingga dangdut koplo.

Puas menyaksikan tarian air mancur, pengunjung masih disuguhi dengan pertunjukan outer journey (keliling angkasa luar) lewat laser show di layar raksasa. Pertunjukan outer journey ini memberi sensasi tersendiri bagi pengunjung. Dengan layar 50 meter di atas kita, pengunjung serasa diajak keliling angkasa. Kadang pula, kita dikagetkan dengan helikopter animasi yang seakan berjalan di atas kita. Seru!

Jatim Park  

Wisata paling dikunjungi di Kota Wisata Batu saat ini adalah Jawa Timur Park (Jatim Park). Maklum obyek wisata yang berada di lereng Gunung Panderman ini adalah yang termodern dan terbaik di Kota Wisata Batu. Wahana permainannya banyak dan pemandangannya juga indah. Selain itu hawa yang sejuk menjadikan tempat wisata yang berada di ketinggian 850 dpl itu sangat cocok untuk orang-orang yang datang dari daerah panas. 

Konsep wisata yang menempati lahan 11 hektar itu memadukan secara serasi konsep pendidikan (education) dan konsep pariwisata (tourism) dalam satu ruang dan waktu. Obyek wisata terbesar di Batu ini mampu menjadi sarana penyebaran informasi tentang khazanah ilmu dan teknologi (iptek) yang dipresentasikan melalui hadirnya wahana seperti galeri belajar (seperti biologi, kimia, matematika, dan fisika). Di sana juga tersedia stadium galeri belajar yang mampu menampung 300 siswa.

Galeri belajar ini dilengkapi lembar panduan belajar siswa dan kelengkapan alat peraga ilmu terapan baik indoor maupun outdoor yang didukung oleh PLN, Telkom, Rimba Raya dan sejumlah universitas terkemuka negeri maupun swasta di Jawa Timur.

Untuk memperkaya khasanah kebudayaan bangsa, Jatim Park juga menyediakan galeri etnik nusantara dan anjungan Jawa Timur. Konsep galeri nusantara dan galeri Jawa Timur tersebut mirip dengan konsep Taman Mini Indonesia Indah (TMII) berskala kecil. Tidak hanya itu, di Jatim Park pula pengunjung bisa menyaksikan berbagai kekayaan flora dan fauna.

Dengan demikian, konsep wisata ini sangat cocok untuk wisata keluarga dan anak-anak sekolah. Mereka bisa belajar sepuasnya dengan sejumlah wahana pendidikan yang ada. Jatim Park juga sangat pas untuk anak-anak usia TK, karena di sana juga tersedia kolam renang yang luas dan jernih.

Bukan hanya itu, letaknya di ketinggian, panorama yang bisa disaksikan dari lokasi Jatim Park juga sangat menarik. Karena bisa memandang hamparan pemandangan indah Kota Wisata Batu dan Malang dari atas.

Pengunjung bisa sepuasnya menikmati segala permainan yang ada di dalamnya. Jika sudah lelah berjalan-jalan dan ingin menikmati makanan yang lezat pengunjung bisa makan sepuasnya di food court yang ada. Lokasinya yang luas dan bersih membikin pengunjung bisa nyaman beristirahat sambil makan-makan.

Tirta Nirwana Bagi anda yang biasa menghabiskan waktu dengan berenang sangat disayangkan jika tidak sempat mampir ke Tirta Nirwana Songgoriti. Di sini anda akan mendapat kepuasan yang beda. Obyek wisata yang merupakan satu kesatuan dengan obyek wisata Songgoriti ini menyediakan aneka wahana yang menarik. Begitu masuk obyek wisata ini anda tinggal pilih mau langsung berenang atau mencoba permainan menarik seperti sepeda air. Tetapi kalau ingin bersantai dulu untuk sekedar melepas lelah karena telah berkeliling obyek wisata di Kota Batu, anda tinggal melangkah lurus dari pintu masuk menuju kebun santai yang berada di samping kolam renang. Kebun ini dilengkapi tempat kongkow. Dari kebun ini anda juga bisa melihat panorama pegunungan sekitar dan menghirup udara sejuk. Kesejukan kebun ini semakin lengkap dengan kehadiran patung beberapa satwa langka di sejumlah titik. Anda bisa memanfaatkan patung-patung itu untuk berfoto bersama orang-orang tercinta. 

Jika anda pergi ke tempat ini dengan membawa anggota keluarga, anda bisa membagi waktu untuk menikmati semua wahana yang disediakan. Putra-putri anda bisa langsung berenang di kolam khusus bagi anak-anak. Tidak perlu khawatir, di kolam renang ini putra-putri anda akan aman. Anda cukup mengawasinya dari kejauhan. Kolam renang ini didesain sedemikian rupa sehingga sangat nyaman dan aman untuk anak-anak. Setelah puas bersantai ria anda bisa langsung menuju kolam renang dewasa yang letaknya bersebelahan langsung dengan kolam renang anak-anak. Jadi, anda juga bisa memantau langsung aktivitas putra-putri anda sambil berenang.

Setelah puas berenang dan menikmati wahana yang ada, anda tidak perlu cepat-cepat pulang. Di lokasi wisata ini tersedia berbagai macam aksesoris yang bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk mendapatkannya, anda tidak perlu berjalan jauh ke tempat lain. Di sana tersaji lengkap mulai hasil kerajinan sampai pasar bunga aneka jenis. Tentunya, anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harganya lebih murah dari Kota Wisata yang lain. Selain bisa menikmati semua wahana menarik di lokasi ini, anda juga bisa berlama-lama di sini untuk sekedar menikmati panorama pegunungan dan menghirup udara sejuk. Anda bisa menyaksikan pemandangan ini dengan sempurna dari semua titik. Eksotisme wisata ini sangat sayang untuk dilewati.

Mendaki Gunung Panderman

Gunung PandermanDi Kota Wisata Batu tidak hanya menyediakan wisata rekreasi, tetapi ada juga jalur wisata mendaki Gunung Panderman. Gunung ini sudah amat dikenal hingga ke Negeri Belanda. Maklum nama Panderman diambilkan dari nama orang Belanda Van Der Man yang mengagumi gunung tersebut. 

Untuk mendaki dengan berjalan cepat hingga ke puncak hanya butuh waktu sekitar dua jam. Bagi pemula mungkin antara tiga sampai empat jam. Meski banyak jalan menanjak tetapi jarak dari kaki gunung hingga ke puncak tidak terlalu jauh.

Jika sampai ke puncak gunung, pendaki bisa menikmati indahnya pemandangan Kota Wisata Batu dan Kota Malang secara lengkap. Jika sampai puncak malam hari, akan terlihat hamparan sinar lampu kerlap kerlip nan mempesona. Dijamin bagi yang sedang berada di puncak tak ingin segera turun.

Setiap malam minggu dan hari libur banyak sekali wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang camping di lereng-lereng gunung itu. Mereka membawa tenda-tenda kecil untuk pelindung saat tidur.

Untuk naik gunung ini dari Kota Malang bisa naik bus lalu minta diturunkan di pertigaan Desa Pesanggrahan. Lalu berjalan kira-kira dua kilometer ke arah barat, dari sana suasana pegunungan mulai terasa.

Kawasan pertama yang akan dilalui jika ingin mendaki adalah kawasan Latar Ombo. Di sini biasa digunakan untuk berkemah sejumlah pendaki. Di sini juga ada sumber air yang jernih yang bisa dipakai cuci muka, mandi kalau mau, dan area di sekitarnya, bisa digunakan untuk memasak bagi pendaki yang akan meneruskan perjalanan naik atau turun. Di pos ini suasananya semakin indah. Gemericik air gunung yang jernih mampu menenangkan hati yang gundah. Sementara, dari situ juga bisa melihat kerlap kerlip sebagian lampu di Kota Wisata Batu. Suara alamnya mampu menggeser bisikan-bisikan setan yang membuat hati gelisah.

Setelah Latar Ombo, ada pos kedua yang bisa dijadikan istirahat sejenak. Pos itu namanya Watu Gede. Di kawasan ini ada batu besar, dari sini pula bisa menikmati pemandangan di bawah dengan cukup lengkap. Meski belum sampai puncak, pos ini sangat menakjubkan.

Bagi pendaki yang ingin membawa oleh-oleh bunga Edelweis, bisa mencari di beberapa semak dan lereng. Meski saat ini semakin jarang, bagi yang beruntung masih mungkin mendapatkan bunga keabadian tersebut.

Outer Journey dari Gunung Banyak

Gunung Banyak tak hanya menjadi obyek wisata yang menarik karena keindahan alamnya. Letaknya di perbatasan wilayah Kota Wisata Batu dan Kabupaten Malang ini juga serasa bisa menjadi tempat untuk menikmati “outer journey”. Ratusan ribu titik lampu warna warni menjadi sajian utama Gunung Banyak di malam hari. Pijaran titik lampu yang berjajar membuat semacam garis tak beraturan seolah hanya tampak seperti cahaya lilin. Sebagian besar titik lampu seukuran terlur puyuh tampak seakan diam. Sebagian lagi bergerak. 

Itulah pemandangan yang disajikan Gunung Banyak pada malam hari. Gunung ini terletak di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu, dan berbatasan langsung dengan Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Tinggi gunung kurang lebih 1.300 meter diatas permukaan laut (dpl). Keindahan pemandangan di daratan itu tak selalu tampak. Untuk menikmatinya juga terkadang harus menunggu beberapa saat. Karena, tidak jarang di tengah menikmati keindahan, tiba-tiba kabut turun menyelimuti kawasan ini. Jika sudah begini, semuanya kembali menjadi putih, dan sesekali juga gelap.

Paralayang

Kota Wisata Batu tak hanya menjanjikan keindahan pemandangan alam tetapi juga menjadi salah satu jujugan para paraglider atau pecinta olah raga paragliding (paralayang). Para pecinta olah raga yang cukup memompa adrenalin itu memulai kegiatannya dari atas Gunung Banyak. Kawasan Gunung Banyak sebenarnya sudah cukup lama dikenal sebagai kawasan yang indah untuk olahraga dirgantara ini. Namun, secara resmi penggunaan kawasan tersebut sebagai kawasan paralayang pada 20 juni 2000 lalu. Saat itulah kawasan Gunung Banyak ini diresmikan menjadi wanawisata dirgantara. Peresmiannya bertepatan dengan pelaksanaan PON VI Jatim ditandai dengan pembuatan prasasti yang ditandatangani Ketua Umum Federasi Aero Sport Indonesia Marsekal TNI Hanafi Asnan. 

Kawasan ini sengaja dipilih karena cocok sebagai pusat olahraga Paralayang, para atlet bisa terbang berkeliling sambil mengintip pemandangan alam dari udara. Setelah berputar-putar di udara, mereka mendarat di kawasan Songgoriti, Kota Wisata Batu. Lokasi ini tidak hanya dimanfaatkan para pecinta paralayang di Malang Raya bahkan atlet nasional tetapi juga wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Bahkan, di kawasan ini juga kerap dijadikan even paralayang mulai tingkat regional, nasional, hingga internasional.

Biasanya, kawasan ini baru ramai dikunjungi para pecinta paralayang pada bulan Juni hingga Oktober. Rencananya, di kawasan ini juga akan digelar atraksi penerbangan paralayang di malam hari. Tentunya, kegiatan ini akan menjadi kemasan wisata yang menarik dan unik. Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan atraksi para atlet paralayang baik dari lokasi pendaratan di kawasan Songgoriti maupun dari lokasi pemberangkatan di atas Gunung Banyak tidak perlu khawatir. Di lokasi ini juga tersedia banyak fasilitas pendukung mulai gardu pandang, warung makanan, hingga tempat singgah yang layak.

Downhill

Selain Gunung Banyak, di Batu ada satu lagi gunung yang digunakan sebagai medan olahraga ekstrim. Gunung itu adalah Gunung Klemuk. Lokasinya di Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kota Wisata Batu. Sejak 2004, gunung ini dijadikan lintasan olahraga bernyali yaitu sirkuit balap sepeda turun bukit (downhill). Lintasan yang memiliki panjang 1,2 kilometer di gunung ini memang cukup menantang bagi seorang pembalap. 

Lintasan yang terus menurun menelusuri bukit memang cocok bagi pembalap yang ingin mengadu nyali. Karena itu, jika tak lihai menaiki sepeda Mountain Bike (MTB), jangan coba-coba melewati trek ini agar tidak celaka. Karena di lintasan yang cukup curam itu di sisi kanan-kirinya terdapat jurang yang cukup dalam dan membahayakan sang pembalap jika tidak benar-benar hati-hati. Namun jangan khawatir, para pembalap pemula yang ingin mencoba lintasan ini disediakan lintasan khusus tepatnya 500 meter sebelum finish. Melewati lintasan yang khusus disiapkan untuk pemula ini lebih aman karena lokasinya relatif agak jauh dari jurang.

Arung Jerang (Rafting)

Kota Wisata Batu tidak hanya menyajikan wisata ekstrim paralayang dan downhill. Ada tujuan wisata yang tak kalah menantang, yakni rafting atau arung jeram. Namanya Kaliwatu Rafting yang menyusuri aliran Sungai Brantas di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu. 

Arung jeram di aliran sungai ini terhitung cukup menarik dan menantang. Selain aliran sungainya yang deras, juga banyak ditemui bebatuan dalam ukuran besar di sepanjang aliran sungai ini. Mengikuti rafting di aliran sungai Brantas ini memang bisa membuat jantung berdenyut keras. Bukan saja karena benturan dengan bebatuan sungai, tapi juga efek terjun mengikuti arus sungai yang deras. Sensasi yang ditimbulkan pun beragam. Kadang meliuk seperti ular, kadang pula bergoyang.

Untuk mencapai lokasi rafting ini tidaklah sulit. Kaliwatu rafting yang dikelola dengan konsep pemberdayaan masyarakat itu terletak di tengah perkotaan. Dari alun-alun Kota Wisata Batu hanya berjarak sekitar 2 kim. Dari jalan raya Desa Pandanrejo, hanya berjarak sekitar 500 meter. Untuk mencapai kawasan ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki melewati pematang sawah.

Wisata Agro Di Kota Wisata Batu anda juga bisa menikmati wisata agro. Mulai petik apel, petik strawberry, jeruk dan sayur-mayur. Wisatawan juga bisa memilih aneka bunga. Wisata petik apel langsung dari pohon dapat ditemui di wilayah Desa Punten, Desa Bumiaji, Sidomulyo dan sekitarnya. Atau, kalau ingin yang dekat dengan hotel bisa di kawasan wisata Kusuma Agro. 

Memetik apel langsung dari pohonnya memiliki kenangan sendiri yang tak terlupakan, karena memetik apel tidak sembarangan memetik. Bukan hanya acara memetik, pengunjung juga akan diterangkan tentang ciri-ciri apel yang sudah tua dan masih muda. Karena bentuk besar bukan berarti tua. Dengan memetik apel itulah pengetahuan tentang apel akan bertambah. Dan ingat, wisata memetik apel di Indonesia hanya ada di Batu jadi sangat disayangkan jika datang ke Batu tanpa mencoba sensasi petik apelnya.

Puas memetik apel, anda bisa berpindah untuk berbelanja bunga. Di Kecamatan Bumiaji, mulai dari Desa Punten, dan Pandanrejo banyak ditemukan penjual bunga. Termasuk di Desa Gunungsari Kecamatan Batu, banyak lahan bunga yang dikelola petani.

Karena kawasan ini terkenal pusat budidaya bunga, sampai-sampai ada jalan yang khusus dinamakan Jl Bukit Berbunga. Begitu masuk jalan tersebut wisatawan akan langsung disambut oleh warna-warni bunga yang berjajar rapi di kanan-kiri jalan. Jika anda tergesa-gesa bisa turun di pinggir jalan sejenak dan memilih bunga, lalu pergi lagi. Tetapi jika ada waktu luang, lebih baik menelusuri kampung-kampung di sana yang dipenuhi dengan bunga-bunga nan mempesona…

Lalu, beristirahatlah di Pasar Bunga di Desa Sidomulyo. Di sana anda tidak hanya bisa memilih bunga sepuas-puasnya tetapi juga bisa menikmati pemandangan nan indah. Hamparan bunga dengan latar gunung-gunung.

Selain bisa melakukan petik apel dan bunga dari pohonnya langsung, ada satu lagi wisata yang dijamin akan membuat anda terkesan yakni perah susu. Dengan potensi sapi perah yang luar biasa, Kota Wisata Batu menjadi salah satu kota pemasok susu segar ke beberapa perusahaan susu instan di Indonesia seperti Nestle. Ada beberapa daerah di Kota Wisata Batu yang menjadi pusat peternakan sapi perah antara lain Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, dan Desa Oro-oro Ombo.

Di pusat peternakan sapi perah ini anda tidak hanya bisa menyaksikan bagaimana para peternak memerah susu, anda pun bisa praktek langsung cara memerah susu dengan bimbingan para peternak setempat. Tentunya, hal ini akan menjadi pengalaman tersendiri yang akan terus berkesan dalam hidup anda.

WIsata Kuliner 

Saat anda capek keliling Kota Wisata Batu menelusuri keelokan wisatanya, anda tidak perlu susah payah mencari pusat kuliner untuk mengisi perut yang kosong. Banyak lokasi kuliner yang siap menanti kedatangan anda. Bahkan, suasana di pusat-pusat kuliner di Kota Wisata Batu tidak hanya pas untuk mengisi perut yang kosong tetapi juga sangat cocok untuk melepas lelah. Salah satunya, di Warung Bambu yang berlokasi di Jl Raya Selecta, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji. Di warung lesehan ini rasa lelah anda akan benar-benar hilang. Selain menyediakan menu spesial, datang ke warung seakan menemukan kesejukan baru. 

Sambil menyantap gurami bakar yang menjadi menu spesial, di sini anda akan dimanja dengan ikan-ikan koi yang siap memijat kaki anda. Maklum, di warung ini memang dikelilingi kolam ikan yang berisi ribuan koi besar dan kecil.

Untuk bermain dengan ikan-ikan itu anda tinggal membeli pakan ikan yang disediakan pemilik warung dalam bungkus plastik kecil seharga Rp. 1.000 per bungkus. Dengan menaburkan beberapa pakan ke kolam, ikan-ikan itu akan bergegas menghampiri anda. Saat ikan-ikan itu mulai berdatangan, segera julurkan kaki anda ke kolam. Begitu ikan menghampiri pakan yang anda sebarkan, anda akan merasakan kaki seakan dipijat refleksi oleh gerakan ikan yang berebut pakan.

Suasana ini memang sangat pas untuk melepas lelah dan mengisi perut kosong. Gemericik sumber mata air yang sangat jernih dan alami menambah kepuasan menikmati gurami bakar yang menjadi menu spesial lesehan ini. Menikmati gurami bakar di lesehan ini akan terasa beda dengan di tempat lain. Ini bukan semata-mata karena suasananya yang sangat mendukung tetapi karena ikan yang dimasak benar-benar masih segar.

Pusat kuliner lain yang juga sangat terkenal di Kota Wisata Batu adalah Payung. Kawasan ini menjadi tempat favorit para muda-mudi yang sekedar ingin melepas penat. Di sepanjang jalan di Payung terdapat ratusan kafe yang menyediakan makanan khas, jagung bakar, roti bakar dan mie. Meski banyak juga yang menyediakan nasi.

Lokasinya berada di pinggir jalan utama Batu-Pujon sekitar tiga kilometer sebelah barat Kota Wisata Batu. Kafe-kafe di kawasan ini dibikin lesehan yang dikotak-kotak sehingga tempat antara para pengunjung di sekatan kotak itu tidak saling mengetahui. Tempat itulah yang paling favorit dikunjungi pasangan muda-mudi.

Sambil beristirahat di kafe-kafe itu anda juga bisa menikmati pemandangan Kota Wisata Batu dari atas. Hawa dingin dan berkabut membuat suasana di Payung menjadikan kesan tersendiri bagi pengunjung. Sambil makan jagung bakar ditemani kopi atau susu hangat dijamin anda akan betah menghabiskan waktu di kafe-kafe di Payung tersebut.

Selain dua lokasi kuliner diatas, banyak restoran di Kota Wisata Batu yang siap menyambut wisatawan dengan aneka masakan khas seperti Warung Sate Kelinci di Jl Raya Beji Kota Wisata Batu. Di sepanjang Jl Raya Beji ini juga terdapat restoran lain yang juga menyajikan aneka masakan khas seperti Rest Ba-Be. Di beberapa sudut kota juga bertebaran warung dan restoran antara lain Rumah Makan Khas Jawa, Batu Suki, dan Grand Pallem. Puluhan pusat kuliner yang tersebar di beberapa sudut Kota Wisata Batu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, khususnya pada hari-hari libur.

Aneka Kerajinan Khas Batu 

Kota Wisata Batu juga terkenal sebagai kota sentra kerajinan di Jawa Timur. Di kota wisata ini berkembang aneka kerajinan khas seperti batik di Desa Sisir Kecamatan Batu. Di Batu terdapat tiga sanggar batik yakni Sanggar Butik Olive Batik, Raden Wijaya dan Semar. Batik asli Kota Wisata Batu sangat khas karena menonjolkan kreasi unik sesuai potensi yang ada seperti apel, sayur-sayuran, bunga dan mata uang. 

Kota Wisata Batu juga mempunyai sentra kerajinan cobek yang terbuat dari batu di Dusun Rejoso, Desa Junrejo Kecamatan Junrejo. Tidak sulit bagi masyarakat luar Kota Wisata Batu untuk menemukan Dusun Rejoso, karena dusun ini sejak zaman kemerdekaan sudah menjadi salah satu pusat kerajinan cobek dari batu.

Ada juga kerajinan batu onyx di Jl Mertojoyo 130 Dadaprejo-Junrejo Batu. Kerajinan Onix ini juga sudah merambah ke Luar Negeri. Selain itu, hasil kerajinan ini juga sering diikutkan di berbagai ajang pameran di Indonesia. Anda dapat membeli berbagai bentuk kerajinan onix dengan berbagai kreasi seperti tempat buah, pajangan rumah, patung, dll.

Di Kota Wisata Batu juga terdapat berbagai sentra kerajinan gerabah, antara lain gerabah antik dan gerabah patung. Produk kerajinan ini paling banyak dipasarkan di Bali, Malaysia, dan Malang Raya. Di Bali hasil kerajinan ini banyak digunakan pada upacara adat.

Kota Wisata Batu juga memiliki pusat kerajinan gong ini di Desa Junrejo. Tepatnya di rumah salah seorang warga bernama Munaji. Meski umurnya sudah 81 tahun, Munaji masih mampu membikin alat musik khas Jawa itu. Karyanya tidak hanya dipakai untuk pelengkap musik tradisional Jawa di tanah air, tetapi juga sampai diekspor ke mancanegara.

Sejarahnya, kerajinan gong ini didirikan Munaji sejak 1945. Awalnya, dia mengaku hanya ikut pande (pembuat peralatan sawah). Lama-lama berkembang menjadi perajin gong hingga terkenal ke daratan Eropa. Gong yang diproduksi home industry ini berhasil menyelaraskan nada yang merupakan bagian paling sulit dalam proses pembuatan gong sehingga gong yang diproduksi home industry milik Munaji ini lebih unik dari gong yang ada di tempat lain. Selain memproduksi gong, home industri milik Munaji ini juga lihai membuat gendang kendang, sebagai perlengkapan gamelan.

Di kota nan sejuk ini ada seorang ahli membikin biola, namanya Moestafidz Chaeroni. Tak tanggung-tanggung kualitas biola bikinannya bisa disejajarkan dengan biola produk eropa. Moestafidz, sejak tahun 1982 lalu menekuni usaha membikin biola yang berkualitas. Lalu pada tahun 1982, dia diajak oleh teman berkebangsaan Italia, Alviano pergi ke Jakarta untuk menekuni musik. Sejak saat itu, dia berjuang keras mempelajari berbagai alat musik seperti piano, gitar, biola, dan alat gesek lain. Setelah sekian lama belajar membuat biola, Moestafidz akhirnya mampu memproduksi biola yang bisa menghasilkan bunyi lebih empuk. Pesananpun mengalir. Kini sudah ratusan biola dia hasilkan. Soal harga bervariasi, tergantung kualitasnya, mulai seharga Rp 1 juta hingga Rp 3 juta.

HOTEL/PENGINAPAN DI BATU

http://listiaji.wordpress.com/2010/06/06/hotel-dan-restoran-di-batu-malang-0341/

HOTELS IN BATU CITY HOTEL MELATI
Purnama Hotel
Raya Selecta street, 1–15 Batu
Phone. ( 0341 ) 592700 / Fax. 592710 

Kartika Wijaya Hotel
Panglima Sudirman street, 127 Batu
Phone. ( 0341 ) 592600 / Fax. 591004

Flower Club
Kartika Batu street
Phone. ( 0341 ) 594777

Kusuma Agrowisata Hotel
Abdul Ghani street, Batu
Phone. ( 0341 ) 593333 / Fax. 593196

Asida Hotel
Panglima Sudirman street, 99 Batu
Phone. ( 0341 ) 592988, 591519 / Fax. 591259

New Victory Hotel
Raya Junggo street, 107 Batu
Phone. ( 0341 ) 593011

Palem Sari Hotel
Raya Punten street, 2 Batu
Phone. ( 0341 ) 591219 / Fax. 597972

Metropole Hotel
Panglima Sudirman street, 93 Batu
Phone. ( 0341 ) 591759

Aster Hotel
Trunojoyo street, Batu
Phone. ( 0341 ) 591323, 593377

Perdana Hotel
Panglima Sudirman street, 101 Batu
Phone. ( 0341 ) 590114 / Fax. 59172 

Arumdalu Hotel
Songgoriti street, 4 Batu
Phone. ( 0341 ) 599764

Selecta Hotel
Raya Selecta street, Batu
Phone. ( 0341 ) 592369

Grand Palem Hotel
Trunojoyo street, 32 Batu
Phone. ( 0341 ) 591977 / Fax. 597196

Songgoriti Air Panas Hotel
Raya Songgoriti street, 51 Batu
Phone. ( 0341 ) 593555, 593511 / Fax. 596407

Wijaya Inn Hotel
Raya Selecta street, Batu
Phone/Fax. ( 0341 ) 592694, 592223

Santoso Hotel
Raya Selecta street, Batu
Phone. ( 0341 ) 591006

Imam Bonjol Hotel
Imam Bonjol street, 3 Batu
Phone. ( 0341 ) 593628
Songgoriti Hotel

Raya Songgoriti street, Batu
Phone. ( 0341 ) 596407

RESTORAN DI BATU
• Seulawah Resort & Caffee
Mawar street, 8 Batu
Phone. ( 0341 ) 594955 

• Batu Resto
Raya Beji street, 110 B Batu
Phone. ( 0341 ) 594100

• Warung Bethania
Diponegoro street, 103 Batu
Phone. ( 0341 ) 591158

• Depot Jeddah
Diponegoro street, 44 Batu
Phone. ( 0341 ) 591370

• Ayam Goreng Pak Kasan
Moch. Sahar street, 2 Batu
Phone. ( 0341 ) 597697

• Depot Asa Enambelas
KH. Agus Salim street, 16 Batu
Phone. ( 0341 ) 597962

• Warung Bebek Kuali
Raya Patimura street, Batu
Telp.

• Resto Rilaxs Srikaton
Pandanrejo street, 2 Batu
Phone. ( 0341 ) 512799

• Warung Watu Lontar
Gajah Mada street, 1 Batu
Phone. ( 0341 ) 593032

• Sate Kelinci
Patimura street, 106 Batu
Phone. ( 0341 ) 597275 

• LA Caffee
Imam Bonjol street, 35 Batu
Phone. ( 0341 ) 512058

• Hotplate
Patimura street, 40 Batu
Phone. ( 0341 ) 592270

• Amsterdam Restaurant
Diponegoro street, 6 Batu
Phone. ( 0341 ) 591555

• Rumah Makan Mesir
Diponegoro street, 32/34 Batu
Phone. ( 0341 ) 591214

• Rumah Makan Mojorejo II
Raya Mojorejo street, 57 Batu
Phone. ( 0341 ) 597416

• Ayam Goreng Pemuda
Diponegoro street, 20 Batu
Phone. ( 0341 ) 591227

• Rumah Makan Al-Madinah
Diponegoro street, 18 Batu
Phone. ( 0341 ) 591297

• Pondok Bambu
Imam Bonjol Atas street
Phone. ( 0341 ) 592024

About these ads

Responses

  1. a good post…
    i like it :D
    Mau menikmati liburan dengan paket wisata unik dari Sumatera Barat, kunjungi kami di TOURS MINANGKABAU
    Terima kasih

  2. a good post..
    like this yo, info yg sangat berguna dan bermanfaat :D
    Mau menikmati liburan dengan paket wisata unik dari Sumatera Barat, kunjungi kami di TOURS MINANGKABAU
    Terima kasih

  3. Kalau boleh tau nih masnya….
    Harga Tiket masuk di masing-masing tempat wisatanya berapa ya….?

    Itu saja.
    terima kasih
    Wassalamualaikum.

  4. sayang banget kalo sah libura kelur negeri tapi di negeri sendiri ada tampat wisata yang bagus dan pantas untuk di kunjungi,,

  5. mau nanya rute dari surabaya ke hotel victory tulungrejo, batu? naik apa ya. mksh

  6. sewa mobil + sopir di malang call 03417719717

  7. Teman-teman yang mau mampir jalan-jalan ke kota Malang setelah dari Batu. Saya ada rekomendasi tempat menginap nih, namanya hotel Kartika Graha. Tempatnya di dekat pusat kota Malang, kalo mau ke mana-mana dekat n transport gampang. Pengalaman saya liburan ke Malang tempo hari ke Sendangbiru, pihak hotel kasih info yang oke banget. Check this out for more info http://www.kartikagrahahotel.com ! Semoga membantu yang butuh penginapan =]

  8. gan, saya mw nyari villa atau penginapan bwt bsok.kira kira yg plg murah brapa ya? n dmana?

    thankz

  9. Sepertinya alsi batu ya mas :)

    Detail banget,tpi makasih sangat membantu :)

  10. Luar biasa.thanks atas infonya.Gbu

  11. Jika butuh penginapan,hotel, villa murah bisa kontak kami..

    Trim ulasan wisatanya, lengkap sekali. Kayaknya Asli orang Batu malang nih… :D

    • saya perlu penginapan /villa untuk besok di info 08568898032

  12. wah…super lengkap banget infonya
    Makasih mas listiaji… ;)

  13. ADA GAK SIH WISATA KAMPOENG KIDS D BATU MALANG???

    • Ada alamat nya di desa pandanrejo kec. Bumiaji untuk info bisa hubungi wayan di no 085755685673. trimakasih

  14. trims mas, infonya sangat kompli dan bermanfaat sekali :)

  15. SELAMAT DATANG di KOTA WISATA BATU…..

  16. Mohon info alamat bapak Moestafidz Chaerono pembuat biola…. Terima kasih

  17. mau nanya,di kota batu ada kampung kids ya???yg pasti letaknya didaerah mana??
    untuk ketentuannya apa aja,termasuk biaya yg dibutuhkan brp /person??makasih infonya.

    • ya di batu ada kampoeng kidz…tempatnya menarik sekali loh untuk pembelajaran adek2…paket andalan nya kampoeng kidz itu ada paket entrepreneurship package dengan fasilitas :
      1. program ( voucher kursus, buku aset, kartu entrepreneurship,
      buku tabungan)
      2. fasilitator/ tour guide
      3. meal
      4.fun games/art

      dan juga terdapat banyak wahana mulai dari pertanian, peternakan, art galery, pertambangan, resto.dll. di kampoeng kidz adek@ akan di ajak untuk menjadi pengusaha cilik.
      untuk info bisa hubungi: wayan ; 087794065593 atau 08113608800

  18. Saya bersama keluarga berencana ke Jatim Park. Disebutkan bahwa bisa naik KA turun di Stasiun Malang. Nah, dari stasiun kalau ke tempat wisata Jatim Park kira-kira bisa ditempuh dengan taksi?
    Ada gak penginapan di Jatim Park karena kami berencana mau menginap di dekat sana dan apa nama penginapannya?
    Terima kasih.

    • @ Iwan:
      Kawasan Batu, Malang, bisa ditempuh dengan taksi dari Sta KA MAlang. Waktu tempuhnya saya lupa. Ada berbagai penginapan di Batu antara lain Hotel Asida Batu
      – Hotel Kartika Wijaya Batu
      – Hotel Kusuma Agro Wisata Batu
      – Pondok Alamanda Batu
      – Hotel Purnama Batu
      – Hotel Aster Batu
      – Hotel Seulawah Batu
      – Hotel Klub Bunga Batu
      – Hotel Metropole Batu
      – Hotel Royal Orchid Batu
      – Hotel Surya Indah Batu
      Yang terletak dekat dengan Jatim Park adalah Hotel Surya Indah Batu. Info selanjutnya click http://www.hotelsuryaindah.com/fasumum.html
      Untuk daftar hotel dan resto di Malang click artikel di http://listiaji.wordpress.com/2010/06/06/hotel-dan-restoran-di-batu-malang-0341/

  19. Di alinea ke-6 tertulis : Tidaklah sulit untuk mencapai Kota Wisata Batu. Kota ini bisa dicapai melalui darat maupun udara, dengan menggunakan kereta api, pesawat…..

    Apa gak salah tuh Mas…setahu saya Kota Batu tidak memiliki stasiun kereta api dan lapangan udara! Kalau Kota Malang memang memiliki keduanya.

    • @Wahyu: untuk daerah wisata yang biasa dikunjungi dari berbagai daerah/negara lain, Stasiun di Kota Malang dan bandara untuk ukuran 1-2 jam masih saya bilang dalam satu wilayah. Malah Bandara Abdurahman Saleh terletak di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, bukan di kota Malang. Seperti kita sebut Bandara Denpasar, ternyata letaknya juga di Kabupaten Badung, demikian juga Cengkareng yang terletak di Kabupaten Tangerang, tidak di Jakarta. Tapi pada intinya dengan bandara yang relatif dekat, saya boleh menyebut demikian. Thanks buat tanggapannya.

  20. boleh tanya dong alamat bapak Moestafidz Chaerono pembuat biola…. Ma kasih sebelumnya

  21. Numpang ngiklan dagangan ortu ya gan

    Jangan lupa kalau ke Batu Malang, mampir di rumah makan Rosa Corner yang terletak Jl. Panglima Sudirman No. 7

    terima kasih

    • ngiklan sih boleh aja .. tapi yang lengkap dong dengan menu dan syukur ada range harganya …

  22. Wah, menarik nih kliatanya, liburan depan jadi pingin maen ke jawa timur nih..
    Thanx infonya ya.. ^_^

    • Thanks juga buat mampir di blog saya.

      • okelah kalo begitu

  23. thanks infomya, jadi pengen kesana


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 87 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: