Oleh: listiaji | 15 Juli 2010

MAHALNYA PASANG BARU PLN DI UNGARAN


Seiring dengan pembangunan rumah baru kami di Ungaran, Semarang, kemarin gw nelpon PLN UPJ Ungaran buat tanya info pemasangan listrik baru dengan daya 2.200VA. Si penerima telepon dengan rumitnya menjelaskan berbagai istilah teknis yang gw sendiri nggak tahu apa yang dia omongin. Setelah penjelasan yang bla .. bla .. bla .. akhirnya gw nanya apa sih persyaratan intinya, yang ternyata cuma copy KTP plus rekening tetangga terdekat. “Lalu biayanya berapa pak?”, beliau kembali menjawab kanan kiri atas bawah. “OK deh Pak, jadi biaya keseluruhan pemasangan jaringan listrik 2.200 VA itu berapa sih?”. Beliau menjawab, “ya sekitar 4 jutaan lah mas”. Dalam hati gw ngomong “Waks .. glek .. glek .. mahal banget, di Jakarta aja cuma 1,3 juta perak”. “Ya iyalah Pak, makasih buat infonya”. Seakan nggak percaya dengan angka yang disodorkan si petugas itu, selang 2 menit kemudian gw nelpon balik, “Halo Pak, saya tadi yang menelepon, saya cuma konfirmasi biaya pasang baru yang tadi pak, untuk 2.200VA, berapa ya Pak?”. Beliau menjawab, “ooo .. buat pemasangan baru untuk 2.200VA itu 3,7 juta mas”. Walah berubah lagi nih, langsung turun 300 ribu dalam 2 menit. “Iya deh makasih ya Pak, dengan siapa saya bicara?”. Beliau menjawab “Saya Y***”

Nggak puas dengan jawaban PLN UPJ Ungaran, karena apa setinggi itu biaya pasang baru di daerah dibanding Jakarta yang cuma 1,3 juta (itu juga udah termasuk uang rokok lho), akhirnya gw nelpon ke Call Centre PLN Distribusi Jateng dan DIY di 024-123. Oleh Mbak Novi, dijawab biayanya Rp. 1.878.200 yang rinciannya pemasangan instalasi Rp. 1.650.000, Uang Jaminan Langganan Rp. 222.200, plus meterai Rp. 6.000.

Ternyata harga berubah gak terjadi di PLN Ungaran saja, sehari kemudian di Call Centre 123 kata Mbak Uthe biayanya juga berubah, tapi kalo di Ungaran turun harga sedikit, disini naik tipis jadi total Rp. 1.9 juta perak.

Waduh .. waduh .. harga kok fluktuatif amat kayak harga saham di bursa …

Responses

  1. wah orang PLN itu kerjanya cuman malakin pelanggan aja, masak mahal amat…

  2. begitulah adanya gan blm juga penurunan tegangan gan ampe 160 volt parah fgak tuh

  3. mah….itu msh dikit nmnya coba loq di lombok lo gk ada 10juta dya gk mw paasng loq mw nuggu sampe 7 tahun ru di pasngain,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,kkkkkkkkkkkkkwwwla


Berikan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 86 pengikut lainnya.

