Oleh: listiaji | 29 Januari 2011

TEMPAT WISATA MENARIK DI UNGARAN, SEMARANG


TEMPAT WISATA MENARIK DI UNGARAN, SEMARANG

 

Tempat Wisata Keterangan
PENGGARON Taman Wisata Penggaron terletak sekitar 2 kilometer dari kota Ungaran atau sekitar 15 kilometer dari kota Semarang. Tempat ini memiliki berbagai daya tarik antara lain wisata alam dengan hawa pegunungan yang sejuk dan juga pemandian air panas, area perkemahan serta lapangan golf serta tempat bermain anak.
SIWARAK

(TIRTO ARGO)

Terletak di Desa Siwarak, Ungaran yang berjarak sekitar 2 kilometer dari kota Ungaran atau sekitar 23 kilometer dari kota Semarang. Siwarak menyediakan fasilitas kolam renang dengan mata air alami, pemandangan yang indah dan juga kolam pemancingan. Di kawasan ini juga didukung dengan adanya Hotel Indrakilla.
AIR TERJUN SEMIRANG Air terjun yang berada di kawasan sejuk serta memiliki pemandangan alam bernuansa pedesaan, terletak di Desa Gogik, Ungaran yang berjarak sekitar 5 kilometer dari kota Ungaran atau sekitar 25 kilometer dari kota Semarang.
PALAGAN AMBARAWA Palagan Ambarawa merupakan tempat wisata bernuansakan sejarah kemerdekaan Indonesia ini terletak di pusat kota Ambarawa. Tempat ini berjarak sekitar 15 kilometer dari kota Ungaran atau sekitar 35 kilometer dari kota Semarang. Palagan Ambarawa adalah sebuah monumen sejarah Bangsa Indonesia yang dilengkapi dengan museum yang mempunyai koleksi persenjataan kuno peninggalan penjajah. Lokasinya pun mudah dijangkau, karena berada dipinggir jalan utama Semarang Jogja serta dekat dengan wisata musium kereta api karena letaknya di kota Ambarawa.
BANDUNGAN Tempat wisata Bandungan terletak sekitar 7 kilometer dari Ambarawa atau 12 kilometer dari kota Ungaran atau sekitar 23 kilometer dari kota Semarang. Berbagai fasilitas wisata alam seperti jogging track, kolam renang mata air dan lapangan tennis, dilengkapi dengan pemandangan pegunungan indah. Tak lupa tempat ini menyediakan pasar bunga, sayur dan buah segar bagi para pengunjung. Bandungan juga menyediakan tempat konferensi, perkemahan serta tempat peristirahatan baik hotel berbintang maupun hotel melati.

Merupakan tempat peristirahatan dengan kesegaran udara dalam suasana alam pegunungan penuh pesona lengkap dengan fasilitas tempat rekreasi.terdapat pula Pasar tradisional yang menyediakan sayur mayur khas Bandungan, Taman bermain anak-anak dan taman bagi orang dewasa serta kolam renang dengan kelengkapan berbagai fasilitasnya

AGRO WISATA TLOGO Kebon Tlogo berada di desa Tlogo, Kecamatan Tuntang berjarak 1 km dari jalan raya Semarang Solo. Selain kita bisa menikmati perkebunan kopi yang ada, Kebun Tlogo juga memiliki pemandangan alam yang indah yang dilengkapi pula dengan home stay, area pancing, dan rumah makan.
GEDONG SONGO Sebuah komplek candi yang berada di kaki Gunung Ungaran, tepatnya di Desa Candi, Kecamatan Ambarawa yang berjarak 14 km dari kota Ambarawa dan 19 km dari kota Ungaran serta 16 ilometer dari kota Semarang. Ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804 Candi Gedongsongo termasuk salah satu peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Sanjaya pada abad IX (tahun 921 M).Juga merupakan wisata alam dengan hawa yang sejuk dan pemandangan alamnya yang indah juga dilengkapi pula dengan pemandian air panas, area perkemahan, wisata berkuda, Wahana panjat tebing alam dan buatan. Disekitar lokasi juga terdapat Penginapan dan hotel.

CANDI Gedong Songo memang tidak sepopuler Candi Borobudur dan Prambanan. Namun, candi yang berada di ketinggian Gunung Ungaran ini menampilkan pesona alam yang luar biasa.

Lokasi kompleks Candi Gedong Songo dapat ditempuh dengan mudah melalui Kota Ambarawa ke arah utara berjarak sekitar 12 km. Berbeda dengan situs bersejarah lain, Candi Gedong Songo terletak pada ketinggian 1.800 meter di atas permukaan air laut. Uniknya, area kompleks yang ditemukan pertama kali tahun 1740 ini terdapat pemandian air panas yang terletak di antara candi ke-3 dan 4.

Menilik kembali asal kata Candi Gedong Songo, dapat dipisah jadi gedong (rumah) dan songo(sembilan) yang berarti sembilan rumah. Bisa juga diartikan sembilan candi dengan lokasi yang paling tinggi adalah candi dengan angka paling besar.

Perjalanan menuju lokasi cukup terjal. Di beberapa ruas jalan ada yang mencapai kemiringan 45-50 derajat. Kendati demikian, jalur yang ditempuh relatif lancar dengan jalan aspal mulus. Begitu pula dengan transportasi yang tersedia. Perjalanan mencapai candi tergolong mudah, baik menggunakan angkutan umum, angkutan pribadi, mobil sedan, maupun minibus.

Memasuki jalan yang berkelok-kelok, mulai terasa udara sejuk dengan angin khas pegunungan yang mendayu-dayu. Pantas saja karena suhu pegunungan rata-rata berkisar antara 19 derajat hingga 27 derajat Celsius. Hamparan hijau sawah dan suara ringkikan kuda menambah kekhasan suasana pedesaan.

Tiba di pelataran candi, pengunjung akan disambut shelter yang cukup luas untuk memuat puluhan mobil. Pintu masuk candi yang hanya beberapa meter dari lokasi parkir semakin mempermudah para pengunjung untuk mencapai lokasi ini.

Sebelum menikmati keindahan candi pengunjung harus membayar retribusi. Bagi wisatawan lokal diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 dan bebas mengitari lokasi candi sepuas-puasnya. Harga berbeda diterapkan di akhir pekan, pengunjung harus membayar lebih sebesar Rp6.000. Adapun wisatawan asing harus merogoh kocek lebih dalam sebesar Rp25.000.

Setiap bulan, Candi Gedong Songo didatangi sekitar 6.000 pengunjung. “Bisa lebih banyak jumlahnya saat diadakan upacara ritual. Sementara untuk bulan diadakan ritual tidak bisa ditentukan,” ungkap petugas dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Semarang Amin Musafa. Kuda digunakan sebagai salah satu transportasi guna menapaki candi-candi berikutnya yang semakin tinggi sesuai dengan urutannya.

Berdasarkan data yang diperoleh, jarak dari pintu masuk ke candi satu sekitar 200 meter. Untuk mencapai candi kedua, pengunjung harus berjalan kaki atau naik kuda kurang lebih 482 m. Dari candi kedua menuju candi ketiga harus berjalan kaki atau naik kuda sekitar 148 m. Kemudian, dari kompleks candi ketiga menuju candi keempat 446 m. Kalau cuaca sedang cerah berturut-turut bisa dilihat dari sisi selatan candi, yaitu Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Gunung Andong, dan Gunung Merapi.

Candi yang nama pendirinya belum diketahui karena terbatasnya prasasti memang sangat unik. Tahun 1804, Raffles menyebutnya sebagai “Gedong Pitoe” karena saat itu hanya ditemukan tujuh kelompok bangunan. Namun, kemudian ditemukan dua candi lagi walaupun dalam keadaan tidak utuh dan selanjutnya disebut Candi Gedong Songo.

Dari kesembilan kelompok bangunan tersebut, lima kelompok bangunan dapat dikatakan masih utuh dan empat lainnya hanya berupa fondasi dan reruntuhan bangunan. Namun, mitos lain yang berkembang. Sebenarnya, candi ini memang berjumlah sembilan. Hanya orang-orang tertentu dan malam tertentu yang mampu melihat. Untuk kebenarannya dan memuaskan rasa penasaran, silakan Anda buktikan saja sendiri?

BENTENG WILLEM II Benteng Willem II terletak di kota Ambarawa, berjarak sekitar 35 kilometer dari kota Semarang, merupakan peninggalan penjajahan Belanda.
BUKIT CINTA Terletak di Ds. Kebundowo, Desa Rowopening, Kecamatan Banyubiru dengan panorama Rawa Pening yang mempunyai hamparan air membiru serta pesona hijaunya bukit Brawijaya dan dapat dimanfaatkan sebagai obyek wisata, tempat untuk menikmati pemandangan telaga dan pangkalan perahu-perahu wisata yang mengelilingi telaga, dilengkapi tempat parkir dan gardu pandang dan taman bermain anak. Secara umum, berpotensi sebagai kawasan pusat olah raga perairan bagi Rawa Pening seperti dayung, ski air, para sailing dsb.
TAMAN PEMANCINGAN BLATER Taman pemancingan Blater berada dikaki Gunung Ungaran tepatnya di desa Jimbaran, Kecamatan Bawen 15 km dari kota Ungaran. Selain tempat pemancingan ikan dan rumah makan siap saji disekitar lokasi juga terdapat kebun sayur dan buah-buahan. Nuansa alam yang indah serta hawa sejuknya menjadikan Blater semakin potensial untuk dikunjungi.
MUSEUM KERETA API Museum ini terletak di pusat kota Ambarawa yang berjarak 15 kilometer dari kota Ungaran dan 35 kilometer dari kota Semarang. Satu-satunya museum peninggalan berteknologi kuno di Indonesia yang digunakan sebagai alat transportasi Bangsa Indonesia sebelum kemerdekaan sampai dengan tahun tahun 1964 Nilai historis dari alat transportasi berupa ketel uap yang merupakan implikasi penemuan mesin uap oleh James Watt. Menyediakan paket wisata menumpang kereta api tenaga uap melalui rel bergerigi.
RAWA PENING
  • Terletak di lereng gunung Merbabu, Telomoyo, Ungaran dan Kendali Sodo. Berada diwilayah kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang dan Banyubiru.
  • Jarak tempuh :
  • Daya Tarik :
    • Rawa Pening – Kota Ungaran : 15 km
    • Rawa Pening – Kota Semarang : 45 km
    • Rawa Pening – Kota Salatiga : 5 km
    • Wisata Tirta: dengan perahu tradisional
    • area pemancingan alam
    • Penghasil enceng gondok sebagai bahan kerajinan
    • Sumber mata pencaharian nelayan dan petani ikan.
    • sebagai sarana pembangkit listrik
  • Daya Dukung Wisata : Tempat bermain anak-anak, Hawa sejuk

 

About these ads

Responses

  1. […] Tempat wisata menarik di ungaran, semarang | catatan bayu […]

  2. kash petanya yg dilalui pak,saya dr arah purwodadi,grobogan
    kalo mau ke bandungan melewati mana saja ya?

    • Ke arah Semarang, masuk tol Gayamsari terus exit toll Ungaran, ke solo/Yogya, sampai di daerah Lemah Abang, ada petunjuk menuju ke Bandungan. Nyampe deh.

  3. Menarik sekali,,
    Mari Hijaukan Bumi Kita

    Kami suplier Rumput Gajah Mini, Rumput Jepang dan tanaman lain untuk kebutuhan taman anda seperti aneka palem, pule, soka india, aneka kamboja, dll.
    Kami juga melayani jasa pembuatan taman untuk wilayah Jawa Tengah

    Hubungi kami klik http://rumputjepang-gajahminimurah.blogspot.com/

    Arya Flower
    0813 1030 7553

  4. .pak, kalo yg dket dgn daerah keji-ungaran mana ya? kbetulan bru KKN dsni, pngn jaln2 tp mash ”buta” ungaran. makash ;)

  5. btw kalo mau ke bukit cinta dari terminal terboyo naik bus apa ya biar sampai sana…?????
    terima kasih.

  6. mantab informasinya pak.. izin share ya..

  7. d.ungaran sampai salatiga brapa km??
    d.sana tempat wisata.nya apa lagi…??

    • Ungaran – Salatiga sekitar 17 kilometer, yah mungkin sekitar 1/2 jam lah pake mobil.

  8. pak,,bisa minta info penginapan yg paling dekat dgn candi gedong songo?
    klo bsa ya ssekalian tarif..
    ada perbedaan tarif kah untuk liburan?
    ^_^ makasih..

    • Di Gedongsongo belum terdapat penginapan. Penginapan terdapat di kwasan Bandungan yang terletak sangat dekat dengan Candi Gedong Songo. Tarifnya relatif murah, tapi untuk detailnya silahkan hubungi langsung ke penginapan dibawah ini,
      KELAS BINTANG SATU

      1.NUGRAHA WISATA, Desa Kenteng, Bandungan,Telp : 0298-711501/150, fax.499

      2.UNGARAN CANTIK, Jl. Diponegoro 253, Ungaran,Telp : 024-921400/334, fax.334

      KELAS BINTANG DUA

      1.BANDUNGAN HOMTEL INDAH, Jl. Lemah Abang, Bandungan,Telp :0298-711201/203, fax.090

      2.AMANDA, Jl. Nusa Indah Bandungan,Telp : 0298-711245/246, fax.145

      KELAS MELATI SATU

      1.ARJUNA SARI, Jl. Lemah Abang –Bandungan Km.5,Telp : 0298-526120

      2.ABIMANYU, Jl. Raya Lemahbang-Bandungan Km.3,Telp : 0298-7136122

      3.ASRI, Jl. Kendalisodo No.30-Bandungan

      4.ASYA INN, Jl. Lemah Abang-Bandungan Km.5,Telp : 0298-526158

      5.BAGUS JAYA,Jl. Alternatif Bawen-Ambarawa

      6.BARU, Jl. Jend. Sudirman 80 Ambarawa,Telp : 0298-591315

      7.BERGAS INDAH, Jl. Lemah Abang-Bandungan Km.3,Telp : 0298-526272

      8.BROMO INDAH, Jl. Lemah Abang Km.3

      9.CAHYA INDAH, Jl. Gedongsongo, Candi, Bandungan

      10.CLEOPATRA, Jl. Alternatif Bawen-Ambarawa ,Telp : 0298-7100162

      11.COM INN, Jl. Sukorini, Bandungan, Telp : 0298-712270

      12.DEWI KAYANGAN, Jl. Palagan 9, Bawen, Telp : 0298-522044

      13.DEWI RATIH, Jl. Kendalisodo No.37 Bandungan,Telp : 0298-711212

      14.DEWI SAFITRI, Jl. Mawar Bandungan,Telp : 085640476288

      15.DIAN, Duren Jl. Lemah Abang Bandungan,Telp : 0818294804

      16.DINAR, Gintungan 16 Bandungan,Telp : 024-8314640

      17.DUA PUTRA, Raya Lemah Abang-Bergas

      18.DWI PUTRA, Kendalisodo 4 Bandungan,Telp : 0298-711011

      19.FRIEDA, Jl. Lemah Abang-Bandungan Km.2,5, Telp : 0298-7101228

      20.GARUDA BARU, Raya Lemah Abang Bergas, Telp : 0298-711915

      21.GEDONG SONGO INDAH, Jl. Gedongsongo, Candi, Bandungan

      22.GEMAWANG ASRI, Raya Lemah Abang, Bergas ,Telp : 0298-522858

      23.GIRI MULYO, Gintungan 79A Bandungan,Telp : 0298-711175

      24.GRIYA PESONA, Jl. Lemah Abang Jimbaran

      25.GREEN OCEAN, Jl. Lemah Abang Bandungan

      26. KARTIKA, Jl. Lemah Abang Bandungan

      27.KAYANGAN, Kalinyamat, Bandungan,Telp : 0298-711568

      28. KENDALISODO, Kendalisodo 36 Bandungan,Telp : 0298-711593

      29.KRISNA 1, Jl. Alternatif Bandungan

      30.KRISNA 2, Jl. Kendalisodo

      31.KUSUMA DEWI, Jl. Lemah Abang Bandungan Km.3,Telp : 08122926892

      32.LARASATI, Kendalisodo 9 Bandungan

      33.LESTARI, Widosari 35 Bandungan

      34.LIESNA, Kendalisodo 10 Bandungan,Telp : 0298-711187

      35. MADISON TOUR-K, Jl. Lemah Abang-Bandungan

      36. MATAHARI, Jl. Lemah Abang-Bandungan Km.3

      37. MATARAM, Jl. Kendalisodo Bandungan

      38. MAWAR SARI, Kendalisodo Bandungan

      39. MEKAR SARI, Kaumansari Bandungan,Telp : 0298-711144

      40. MERRISA, Jl. Lemah Abang Bandungan, Bergas,Telp : 0298-526130

      41. MERRISA RAYA,Jl. Lemah Abang Bandungan Km.3, Telp : 024-70266701

      42. MURIA UTAMA, Gatot Subroto GG Muria II/10 Ungaran,Telp : 024-6923066

      43. MUSTIKA 1, Kendalisodo Bandungan,Telp : 0298-711668

      44. MUSTIKA 2, Kendalisodo Bandungan

      45. MUTIARA INDAH, Jl. Raya Jimbaran Bandungan

      46. NAKULA SADEWA 1, Jl. Raya Lemah Abang Bandungan Km.5

      47. NAKULA SADEWA 2, Jl. Raya Lemah Abang Bandungan Km.5

      48. PANORAMA, Jl. Lemah Abang Bandungan Km.4

      49. PANORAMA II, Jl. Lemah Abang Bandungan Km.5

      50. PATA, Tirtomoyo, Bandungan,Telp : 0298-711373

      51. PERMATA, Jl. Raya Lemah Abang-Bandungan

      52. PRASOJO, Gatot Subroto GG Muria II Ungaran,Telp : 024-6923647

      53. POJOK SARI PUTRA, Jl. Gedongsongo, Candi, Bandungan

      54.PUSPOSARI, Kendalisodo Bandungan

      55.RAHAYU (Ungaran), Jl. Gatot Subroto 80 Ungaran,Telp : 024-6929056

      56.RAMAYANA, Jl. Kendalisodo No.3A,Jimbaran, Bandungan,Telp : 0298-711890

      57. REZA AGATHA, Jl. Lemah Abang Bandungan Km.5, Telp : 0298-526271

      58. RIANA BARU, Jl. Kalinyamat Rt.06 Rw.IV Bandungan,Telp : 0298-711902

      59.RIANA BARU 2, Dusun Junggul, Bandungan,Telp : 08161875120

      60. RIANA BARU 3, Dusun Junggul Bandungan,Telp : 0298-711902

      61. RINO SARI 1, Kalinyamat Bandungan,Telp : 0298-711477

      62. SANTIKA, Jl. Alternatif Bandungan,Telp : 0298-712219

      63. SARI, Jl. Jend. Sudirman No.65 Ambarawa,Telp : 0298-592465

      64. SARI INDAH 1, Jl. Kaumansari No.52 Bandungan,Telp : 0298-711213

      65. SARI INDAH 2, Jl. Tirtomoyo No.52 Bandungan,Telp : 0298-711213

      66. SARI INDAH 3, Jl. Tirtomoyo No.45 Bandungan,Telp : 0298-711213

      67. SEBLEDER INDAH, Jl. Raya Bandungan Lemah Abang Km.1,5,Telp : 0298-7181390

      68. SEDERHANA, Jl. Pemuda 37 Ambarawa

      69. SERBA DUA,Jl. Diponegoro Ungaran,Telp : 024-6921044

      70. SHINTA,Kendalisodo, Duren

      71. SINAR BAHAGIA, Jl. Lemah Abang Bandungan Km.5, Telp : 0298-7101254

      72. SRI TANJUNG, Jl. Lemah Abang Bandungan,Telp : 081325016966

      73.STAR PRIMA, Jl. Lemah Abang Bandungan,Telp : 024-70201022

      74. SUKO SARI, Jl. Alternatif Bandungan, Telp : 0298-712216

      75. SURYA SARI, Jl. Lemah Abang Bandungan Km.2, Telp : 081325595986

      76. TAMAN SARI, Jl. Lemah Abang Bandungan Km.4,Telp : 0298-7101997

      77. TANJUNG SARI, Jl. Lemah Abang-Bandungan Km.3

      78. TENANG, Tirtomoyo 53 Bandungan, Telp : 0298-711141

      79. TENTERAM, Sugiyopranoto 181 Ambarawa,Telp : 0298-591369

      80. TIGA DARA, Dusun Junggul Bandungan, Telp : 0298-712194

      81. TRI KUSUMA, Jl. Kendalisodo No.22 Bandungan, Telp : 0298-711839

      82. TRI SUKA MAJU, Widosari 12 Bandungan, Telp : 0298-711511

      83. UTOMO 1, Kendalisodo 33 Bandungan, Telp : 0298-711510

      84. WAHYU SARI, Jl. Lemah Abang Bandungan Km.3

      85. WAHYU, Kalinyamat Bandungan

      86. YONANDA, Jl. Lemah Abang Bandungan Km.4, Telp : 08882415677

      KELAS MELATI DUA

      1. AMAN, Pemuda 13 B Ambarawa, Telp : 0298-591791

      2. ANDA, Widosari Bandungan, Telp : 0298-711454

      3. ANGGUN, Kendalisodo Bandungan, Telp : 0298-7101112

      4. BASUKI, Widosari 12 Bandungan, Telp : 0298-711511

      5. BAWEN INDAH, Jl. Gatot Subroto No.22 Bawen, Telp : 0298-593358

      6. CITRA DEWI, Citra No.1 Bandungan, Telp : 0298-711276/909

      7.DHARMA NIRMALA, Desa Kenteng bandungan, Telp : 0298-711140

      8. ERNAWATI, Kendalisodo 35 Bandungan, Telp : 0298-711174

      9. KALINYAMAT GRAHA, Kalinyamat No.3-5 Bandungan, Telp : 0298-711491

      10. MAYA, Widosari No.51 Bandungan, Telp : 0298-711715

      11. MUKTIASARI, Kalinyamat 151 Bandungan, Telp : 0298-711251

      12. PARAHITA 1, Kendalisodo 16 Bandungan, Telp : 0298-711017

      13. PERMATA BIRU, Gintungan Selatan 4 Bandungan, Telp : 0298-711487

      14.POJOK SARI 1, Sukorini 12 Bandungan, Telp : 0298-711481

      15. PURA MANDIRI KARYA, Jl. Widosari, Bandungan, Telp : 0298-711454/021

      16. SRIKANDI, Kendalisodo 3 Bandungan, Telp : 0298-711502

      17.TRI BUANA 1, Kendalisodo 36 Bandungan, Telp : 0298-711449

      18 TRI BUANA 2, Widosari 52 Bandungan, Telp : 711504

      19 TRI BUANA 3, Jl. Widosari 18 Bandungan, Telp : 0298-711173

      20. UTOMO 2, Kendalisodo 38 Bandungan,Telp : 0298-711356

      21. WINA WISATA, Gintungan Selatan 5 Bandungan,Telp : 0298-711120

      22. WISMA GAYA 1-5 , Gintungan 6 Bandungan, Telp : 0298-711118/508, fax.681

      23. WISMA SINAR, Gintungan Bandungan, Telp : 0298-711200

      KELAS MELATI TIGA

      1. AGRO TLOGO, Jl. Tuntang-Bringin Km.3, Telp : 0298-340111

      2. AZAYA, Jl. Sukorini Bandungan, Telp : 0298-711295/445, fax.542

      3. ARGO PUTRO, Jl. Sipeten, Gowongan, Ungaran, Telp : 024-6922735

      4. BANDUNGAN INDAH, Bandungan, Telp : 0298-711090

      5. CITRA DEWI 3, Gintungan, Bandungan, Telp : 0298-712122/122

      6. CITRA DEWI INN, Jl. Kalinyamat, Bandungan, Telp : 0298-712122/123

      7. HILLS JOGLO VILLA, Desa Keji Ungaran, Telp : 024-6927597

      8. KEDIRI, Jl. Lemah Abang-Bandungan Km.2,Telp : 0298-711525/521, fax.686

      9. KENCANA, Gintungan No.21 Bandungan, Telp : 0298-711474/274

      10. KUSUMA MADYA, Jl. Sukorini, Bandungan, Telp : 0298-711307/308/136

      11. NATALIA, Gintungan Bandungan, Telp : 0298-711492

      12. PURI INDRAKILA, Yos Sudarso 42 Ungaran, Telp : 024-6922213, fax.2241

      13. RAWA PENING 1, Jl. Sukorini Bandungan, Telp : 0298-711134

      14. SARIMARIN INDAH, Widosari Bandungan, Telp : 0298-711485.

  9. apakah saya bisa memperoleh info tentang tempat wisata umbul sidomukti ? bagaimana angkot ke sana dari jalan raya? berapa harga homestay per malam disana? apa fasilitas homstay (adakah kama mandi dalam?)

    • Untuk Umbul Sidomukti terdapat banyak tempat penginapan di Bandungan. Mengenai tarif relatif, tapi untuk Jateng terbilang murah mulai Rp. 50K s.d Rp. 200K per malam. Tempat penginapan relatif baik.

  10. makasih….
    untuk wisata kuliner nya dimana ya.. harus ke kota semarang lagi ya?
    ada Villa atau penginapan alam di sekitar candi kah ?

  11. info penginapannya bos…

    • Hotel C3 Jl. Dipponegoro 223 Ungaran, Ungaran, Central Java, 024 6926677.
      Hotel Ungaran Cantik Jl. Diponegoro Ungaran Phone: (024) 921400 Fax : (024) 921334
      Hills Joglo Villa Desa Keji Ungaran Telpon : 024-6927597
      Puri Indrakila Jl Yos Sudarso No. 42 Ungaran Telpon : 024-6922213

  12. Kaya’nya msh ada yg kurang P’ untuk t4 wisata…umbul sido mukti blum ada y??

  13. SERU tuh pak…kalau dari jakarta ke gedong songo naik bis kemana dulu yaahhh…setelah itu enaknya kemana lagi tempat wisatanya ?

    • Kalau naik bis dari Jakarta bisa ambil rute ke Jogja/Solo via Semarang, nanti setelah Semarang ada sebuah kota kecil bernama Ungaran. Sekitar 6 kilometer dari Ungaran turun di pinggir jalan propinsi, disitu sudah ada petunjuk daerah wisata Bandungan dan Candi Gedongsongo. Dari situ banyak semacam angkot menuju Bandungan, kota kecamatan yang lumayan dingin, semacam Puncak di Bogor. Dari situ barulah melanjutkan perjalanan ke Caandi Gedongsongo. Untuk penginapan, banyak terdapat di kawasan Bandungan.

      http://listiaji.wordpress.com/2010/10/15/candi-gedongsongo-%E2%80%93-bandungan/

  14. Kapan2 kalau jalan2 ke Semarang, bisa mampir ke tempat2 wisata tersebut Pak. Terima kasih atas artikelnya. Salam sukses


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 87 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: