Oleh: listiaji | 14 Juni 2011

BOEING BUSINESS JET 2: CALON PESAWAT KEPRESIDENAN RI-1



Lama tak disebut, dan terus menjadi kontroversi di kalangan masyarakat Indonesia, akan perlunya pesawat kepresidenan semacam Air Force One milik Amerika Serikat, Mensesneg Sudi Silalahi akhirnya mengumumkan pembelian pesawat kepresidenan RI senilai 58 juta dollar Amerika Serikat tersebut. Pesawat yang menjadi pilihan pemerintahan SBY adalah pesawat keluaran pabrikan pesawat asal Amerika Serikat, Boeing. Pesawat type Boeing 737-800 Boeing Business Jet 2/BBJ2 diperkirakan sudah dapat dipergunakan pada akhir tahun 2013 mendatang.

Seperti apa sih pesawat Boeing 737-800 BBJ2 ini?

 

Potongan Gambar BBJ2

 Boeing Business Jet adalah produk gabungan dari Boeing dan General Electric dalam membuat pesawat  yang memiliki performa tinggi. BBJ pertama membuat kejutan bagi para pelanggan dan pabrikan dengan penjualan yang melebihi harapan. Diperkenalkan pertama kalinya pada tahun 2001, BBJ2 ultra panjang memiliki ruangan interior 25 persen lebih luas dan ruang bagasi 2 kali lebih lebar.  Karena itu, dinamakan The Next Generation 737-800, Boeing Business Jet 2 lebih panjang 19,2 kali daripada seri 737 yang lebih dahulu sukses.

BBJ2 memiliki daya yang besar. Ia diperkuat oleh 2 buah mesin General Electric/Snecma (CFMI) CFM56-7. Jet ini memungkinkan perjalanan sejauh 5.750 mil pada kecepatan Mach 0,82.

 

Interior Cockpit BBJ2

Kokpit BBJ2 dilengkapi dengan sistem aviasi digital  Honeywell dengan 3 IRS dan komputer data udara digital ganda. Panelnya terletak di tengah enam layar lebar tampilan EFIS LCD. BBJ2 menggunakan kokpit teknologi maju termasuk FMS ganda, Rockwell Collins Seri 900 VHF Comm/nav ganda dengan DME, HF comms, ADF, GPS, MLS dan WXR-700X radar cuaca. Model terbaru juga memberikan Flight Dynamics HGS 2000 HUD.

Desain BBJ2 hampir menyerupai B737: sayap melebar yang rendah, mesin dibawah sayap, sirip vertical dan roda pendaratan roda tiga yang dapat dilipat. Untuk perusahaan, dapat digunakan untuk kepentingan jarak jauh, BBJ2 dilengkapi dengan 9 tangki bahan bakar.

Panjang kabin BBJ2 mencapai 98,3 kaki, lebar 11,7 kaki dan tinggi 7,1 kaki. Untuk membayangkan betapa besar sesungguhnya kabin BBJ2, BBJ2 dapat memuat 60 penumpang dengan konfigurasi tempat duduk yang sangat lebar. Namun, BBJ2 juga dapat dioptimalkan untuk 8 penumpang, memberikan banyak ruang extra. Ruang duduk dengan interior mewah, area konferensi yang berbeda, kamar mandi besar dengan shower, dan tempat tidur yang nyaman. Misi jarak jauh dilengkapi ruang kru yang terpisah. Dengan total volume kabin yang mencapai 1.004 kaki kubik, pesawat ini memberikan suasana apartemen berjalan.

Interior Kabin BBJ2

Tidak hanya satu tapi dua pesawat jet yang sukses, B737 dan BBJ, Boeing Business Jet 2 menawarkan  ruang yang kompetitif, kecepatan dan sistem operasi dalam sebuah paket. Pesawat jet perusahaan yang ultra panjang ini sangat ideal untuk kepentingan bisnis yang sering melakukan perjalanan namun produktif, menawarkan peralatan dan ruang untuk bekerja dalam perjalanan. Namun itu hanya cocok untuk individu-individu yang melakukan perjalanan besar.

Nah itulah sekilas tentang pesawat kepresidenan RI yang akan segera dimiliki oleh Indonesia untuk dinaiki oleh sang presiden.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 86 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: