Oleh: listiaji | 28 November 2010

DIREKSI KEET, MOBILISASI DAN DEMOBILISASI


Lagi ngulik-ngulik RAB pembangunan Wisma Garuda 110, eh ada istilah Direksi Keet sama Mobilisasi dan Demobilisasi. Terus gw searching di internet apa tuh artinya istilah-istilah ajaib itu. Ternyata direksi keet itu udah jadi bagian dari mobilisasi dan demobilisasi. Nah definisinya sebagai berikut,

Direksi keet adalah tempat untuk melaksanakan pengawasan ,pengendalian pekerjaan, pekerjaan adminitrasi proyek, didalam direksi keet al terdapat gambar skedul proyek, gambar bestek. Dll

Direksi keet dapat berupa bangunan darurat yang terbuat darii tiang kaso, dinding papan susun ataupun bangunan permanent yang mana selanjutnya dapat digunakan sebagai tempat penjaga malam ( dlsb ), ataupun Bangunan yang terdapat disekitar proyek yang telah mendapat perseujuan pengguna jasa ( owner )sirih, lantai beton tembok, atap seng, loteng triplek dan penerangan secukupnya Ukuran direksi keet, ditentukan oleh skala proyek yang dikerjakan Penempatan nya tidak terlalu jauh dari lokasi bangunan yang di kerjakan .

Pekerjaan mobilisasi menyangkut persiapan pelaksanaan pekerjaan di lapangan seperrti pembuatan bangunan direksi keet dan kantor kontraktor, kemudian pagar pengaman, papan nama proyek dan perlengkapan serta mobilisasi peralatan yang di butuhkan di lapangan. Adapun rencana dari mobilisasi alat dapat dilihat pada dokumen penawaran. Lamanya mobilisasi ini akan disesuaikan dengan kebutuhan peralatan berat di lapangan sehingga tidak perlu menyediakan lapangan khusus untuk parkir alat berat di proyek. Untuk bangunan dan fasilitas penunjang akan dipersiapkan segera di proyek dan termasuk pada kegiatan mobilisasi yang paling awal. Pekerjaan demobilisasi akan dilaksanakan bertahap untuk peralatan dimana peralatan yang sudah tidak dibutuhkan akan dikembalikan ke pool. Untuk mobilisasi alat – alat berat kontraktor berkoordinasi dengan owner (Pemilik Proyek) dan aparat terkait.

(http://www.aspalthcurah.co.cc/2009/12/mobilisasi-dan-demobilisasi.html)

 

MOBILISASI DAN DEMOBILISASI

1.1 Pekerjaan ini meliputi pekerjaan persiapan untuk memulai dan mengakhiri pekerjaan konstruksi sesuai lingkup pekerjaan yang tertuang didalam kontrak

1.2 Pekerjaan ini mencakup mobilisasi untuk melaksanakan seluruh pelayanan jasa pemborongan yang meliputi, tenaga kerja, bahan, perlengkapan, peralatan, termasuk penyiapan jalan masuk sementara atau fasilitas lain yang diperlukan untuk melaksanakan seluruh pekerjaan yang memerlukan mobilisasi dan demobilisasi.

1. 2. MOBILISASI

2.1 Mobilisasi terdiri dari pekerjaan persiapan dan pelaksanaan, termasuk, tapi tidak terbatas pada kebutuhan-kebutuhan untuk mobilisasi personil, peralatan, pemasokan, dan suplemen lainnya yang diperlukan ke lokasi pekerjaan, untuk pembangunan kantor, gudang dan fasilitas lainnya yang diperlukan untuk bekerja di proyek, dan untuk seluruh pekerjaan dan operasi lainnya yang harus dilakukan atau biaya yang diperlukan sebelum mulainya berbagai item pekerjaan kontrak di lokasi pekerjaan.

2.2 Mobilisasi dianggap selesai bila Kontraktor dapat melaksanakan dan diterima oleh Konsultan mengenai pemenuhan masing-masing persyaratan yang terkait yang disebutkan dalam kontrak.

1. 3. DEMOBILISASI

3.1 Demobilisasi akan dianggap selesai jika seluruh peralatan, bahan, personil, atau lainnya milik kontraktor telah dikeluarkan dari lokasi pekerjan, dan persyaratan – persyaratan penyelesaian pekerjaan sebagaimana diatur dalam kontrak telah terpenuhi.

3.2 Demobilisasi mencakup penyiapan pengajuan yang diperlukan sebelum pengakhiran pekerjaan.

 

1. DIREKSI KEET

1.1 Pada awal sebelum dimulainya pekerjaan di lapangan kontraktor harus menyediakan kantor lapangan dan gudang untuk penyimpanan dan/atau penimbunan bahan ataupun peralatan yang diperlukan untuk kegiatan pekerjaan.

1.2 Kontraktor harus menyediakan tenaga pengamanan dan pengawasan untuk menjaga kantor lapangan dan gudang beserta isinya.

1.2 1.3 Kantor lapangan dan gudang (tertutup atau terbuka) dengan luasan yang mencukupi harus berlokasi sedekat mungkin dengan lokasi pekerjaan.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 85 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: